Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Kerja Sales Door To Door atau Canvasing

Pengalaman Kerja Sales Door To Door atau Canvasing
Door to Door atau Canvasing
Tahun 2014 saya pernah bekerja sebagai Sales door to door di perusahaan MNC SKY VISION. Perusahaan di bidang TV Digital berbayar memasarkan 3 produknya, Indovision, Okevision, dan Top TV. Saya memulai pekerjaan ini sesuai domisili tempat saya tinggal, Bekasi. Kantor cabang nya ini di Ruko Suncity Square Kota Bekasi.

Pekerjaan menjadi Sales door to door, yang artinya pintu ke pintu atau bisa disebut canvasing, bekerja di lapangan bukan yang dipintu-pintu mall. Dari artinya saja door to door di lapangan, pastinya akan terus berdiri, berjalan dari rumah ke rumah dan langsung bertemu orang dengan menikmati cuaca panas dan hujan. Untuk Bekerja di lapangan ini memang sangat diperlukan banyak stamina, fisik yang kuat dan mental tinggi.

Untung nya jika ada orang yang langsung ingin berlangganan, sales door to door ini bisa langsung pasang ke rumah calon pelanggan. Pada waktu itu di kantor MNC Sky Vision bekasi ada 3 produk dan 3 tim, 1 tim indovision, 1 tim okevision, dan 1 tim top tv. Saya di tim Okevision, dengan slogan "bioskop masuk rumah". Ingin cek paket lengkapnya silahkan ke website resminya mnc vision.

Setiap produk pastinya ada keunggulannya dan ada kekurangannya. Saya akan jelaskan keunggulan parabola ini, untuk kekurangannya, silahkan kalian cari di google atau yang sudah pernah berlangganan.


Keunggulan Produk

1. Tahan Cuaca, menggunakan frekuesi S-Band melalui satelit Indostar 2 milik sendiri. Frekuensi S-Band ini tahan dengan cuaca tinggi dan angin kencang, jadi siaran televisi kamu akan tetap jernih tidak buram.
2. Channel Edukasi Premium, channel yang berpendidikan dan film favorit berkualita untuk keluarga.
3. Fitur LOCK CHANNEL, pelanggan bisa mengunci chanel-chanel pilihannya, sehinggan anak yang dibawah umjut ini tidak bisa membuka chanel yang sudah dikunci.
4. Pilihan Chanel Anak terlengkap, kamu sayang anak, berikan tontonan yang mendidik dan menghibur. Channel ini nonstop 24 jam.
5. Memiliki Channel Exclusif, tayangan yang berkualitas yang tidak dimiliki dari tv berbayar lainnya. Saya lebih suka mengandalkan HBO dan Cinemax, channel ini menayangkan bioskop-bioskop premier.
6. Channel Exclusif Lokal, produk tv berbayar dari MNC SKY VISION INI mempunyai tayangan-tayangan lokal channel sendiri, sebagian besar merupakan channel produksi MNC.

Fasilitas:
1. Parabola
2. Dekoder
3. Kabel
4. Remote
5. Buku panduan
Alat nya ini dipinjam. Jadi jika kamu berhenti berlangganan, alat fasilitas ini akan diambil kembali oleh pihak MNC SKY VISION, orang teknisi yang akan datang ke rumah kamu.

PENGALAMAN KERJA SALES DOOR TO DOOR ATAU CANVASING

Pada saat saya bekerja menjadi Sales, awal bekerja saja dalam sebulan belum mencapai target. Lalu jangan pernah menyerah jika belum mencoba hasilnya. Jangan pernah bicara capek jadi sales door to door. Lakukan pekerjaan dengan hati yang gembira.

Cara Kerja

1. PENTING! Sebelum bekerja, diwajibkan berdoa.

2. Sales door to door ini bekerja di lapangan artinya kita bisa memilih tempat untuk berjualan. Kamu bisa cari tempat yang dimana tempat tersebut banyak dilewati orang dan sekeliling rumah pendapatannya menengah keatas.

Jika tempat tersebut tidak ada respon dari orang, baiknya kamu berpindah lokasi. INGAT ! jangan ke lokasi yang banyak pedagang kaki lima, karena jika kamu berjualan disana, kamu akan dimintai pajak berjualannya.

3. Jangan diam ditempat saja. Sales DTD ini bekerja dilapangan, Alangkah baiknya kamu berjalan dari rumah ke rumah. Jika rumahnya tertutup atau sepi, jangan di datangi. Datangi rumah yang terlihat ada orangnya.

4. Pintar membagi waktu. buatkan jadwal kamu untuk berjualan. Dari jam 8 pagi sampai jam 9 kamu keliling rumah. Jam 9 sampai jam 11 kamu di lokasi tempat berjualan. Jam 1 sampai jam 3 kamu keliling rumah kembali. Dan jam 3 sampai malam, ini adalah jam prime time, dimana orang-orang sudah pulang bekerja. Posisi kamu harus di tempat berjualan saja, karena banyak orang yang melintasi tempat kamu berjualan.

5. Pintar Berbicara. Jika ada orang yang datang menghampiri kamu yang sedang berjualan, ini adalah kesempatan untuk closing. Biasanya orang yang paling pertama ditanyakan adalah "HARGANYA". Langsung saja kamu beritahu harganya, dan informasikan apa saja yang akan didapatkan calon pelanggan tersebut.

Orang yang menanyakan produk kamu ini, pastinya akan mendengarkan kamu berbicara. Jangan terlalu cepat berbicara, intonasi suara harus enak didengar, dan berikan kepercayaan pelanggan bahwa produk kamu ini berkualitas sesuai harga.

6. Follow up kembali. Kamu sudah mempunyai nomor telepon calon pelanggan, segera hubunginya kembali untuk memastikan orang ini berlangganan. Jangan terlalu sering menghubunginya, atau di waktu saat sedang bekerja, nanti nya orang ini akan berubah pikiran.

Apabila kamu sudah mendapatkan pelanggan dan sedang berlangganan produk kamu, jangan malu untuk menanyakan ke pelanggan tersebut, apakah produk ini menyenangkan dan nyaman dipakai.

Jika pelanggan kamu senang dengan produknya, tanyakan apakah ada teman atau kerabat lain. Siapa tahu pelanggan kamu mempunyai referensi ke temannya, jadi kamu mempunyai calon pelanggan lagi.

Teruslah menanyakan kualitas produk kepada pelanggan kamu, dan jika pelanggan kamu mengalami kesulitan, kamu juga harus bisa menanganinya atau bantuan call centre. Pelayanan terbaik, kualitas akan naik, closing selesai.

7. Think Smart. Berpikirlah cerdas, mengetahui minat pelanggan dan kebutuhan nya. Jangan hanya memikirkan target dan target, itu akan jadi tekanan pikiran kamu. Berpikirlah cara strategi untuk bekerja dengan baik, tepatnya bersikap profesional.

Kendala dan Solusi

1. Bekerja di luar, merasakan panasnya matahari dan hujan. Profesi ini mencari pelanggan, jadi jelas bisa bebas bekerja dimana saja. Pastinya kita harus bersyukur dengan cuaca yang saat ini terjadi. Walaupun panas dan hujan, harus tetap berjualan.

Jika terjadi hujan, pastinya berteduh dan apakah masih bsia berjualan? iya. karena keunggulan produknya adalah tahan cuaca, kalimat ini yang menjadi unggulan, bisa kamu tanyakan ke calon pelanggan, "layar tv nya rusak karena hujan pak? coba pakai produk saya".

2. Ditolak pada saat kita menghampiri calon pelanggan. Disini kita menjual dan langsung bertemu dengan orang. Jadi harus berlapang dada jika ditolak orang, namanya berusaha belum kita coba hasilnya seperti apa, siapa tahu orang tersebut ingin membeli produk kita. Pastikan cara bicara atau probing kamu bisa membuat orang mendengarnya, ini yang dinamakan prospek.

3. Ditekan target oleh atasan. Ini sudah biasa, jelas kerjanya berjualan, jika tidak jualan, makan gaji buta dong. Kamu sering dimarahi atau ditekan jika tidak ada berjualan atau closing. Jangan memberikan alasan yang negatif, contoh "ya mau bagaimana lagi, saya sudah berusaha."

Jawaban ini yang membuat atasan tidak menyukainya. Kamu mengeluh ke atasan, kamu akan di cap jelek. Atasan membutuhkan strategi dan solusi, contoh "baik pak, saya pastikan hari ini akan closing, kemarin sudah ada calon pelanggan yang masih bertanya, dan saat ini saya ingin pastikan kembali ke orang tersebut".

4. Masalah gaji. Tidak berjualan? dapat gaji pokok, jika berjualan? dapat insentif. Pastinya mau gaji yang besarkan? oleh karena itu semangat berjualan.

5. Pulang kerja tidak tepat waktu. Alasannya adalah belum closing, jadi harus lembur. Jam lembur juga tidak ada bayarannya, jadi mau tidak mau bekerja 12 jam di luar. Intinya bekerja itu jangan terlalu banyak bertele-tele, artinya kebanyakan santai. Jika kamu ingin cepat pulang, harus closing sesuai target.

Jika hari ini belum closing, kamu bilang ke atasan "hari ini sudah ada orang yang memesan, besok tinggal memasangnya saja, karena orangnya hari ini sedang tidak ada di rumah". Jadi kamu harus bertanggung jawab dengan apa yang kamu ucapkan.

Kesimpulan

Bekerja menjadi sales door to door atau canvasing adalah pekerjaan yang membutuhkan stamina, energik, cerdas berjualan, pintar bekerja, dan pantang menyerah. Jika passion kamu adalah berjualan, pilihlah menjadi sales, kenapa? kamu sudah berpengalaman, punya keahlian, dan mempunyai banyak kenalan. Sales itu tidak pernah puas dengan gaji pokok, mereka ingin yang lebih.

Saya punya referensi film untuk kamu yang bekerja menjadi sales door to door, bisa kamu buka di youtube atau search google dengan judul "nonton BILL PORTER". Ingat! kesabaran dan kegigihan. Jangan pernah merasa malu. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting
6 Ide Konten Blog Menghasilkan Uang
Cara Berjualan Dengan Fitur WhatsApp Business

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Pengalaman Kerja Sales Door To Door atau Canvasing"

Berlangganan via Email