Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting
Curriculum Vitae
CV kepanjangan dari curriculum vitae artinya daftar riwayat hidup lebih dominan dipanggil resume biar gaul. Lembaran CV ini memberikan informasi mengenai data-data pribadi dan pengenalan diri sampai pengalaman pekerjaan juga pendidikan. Pada saat melamar pekerjaan sangat dibutuhkan CV untuk lebih mengenal kelebihan apa yang kita miliki sampai sekarang ini, dari sekolah mana, bekerja dimana, dan sudah berapa lama kita bekerja ditempat sebelumnya.

Mungkin bagi fresh graduate masih bingung untuk membuat CV atau cara desain yang bagus dan menarik agar HRD tertarik dengan gambar tampilannya, biar dikata WOW! Memperbanyak lembaran halaman agar telihat rajin menulis atau ingin seperti lembaran buku yang tebal. Menulis dengan gaya font yang berbeda, ukurannya juga berbeda-beda ditambah ada gambarnya, biar dikata anak desainer gitu? atau ingin sekali tampil beda CVnya dengan yang lain dengan diberikan warna warni gitu. Hey bray, HRD itu butuh poin penting loh.

Tahukan HRD itu juga manusia? kepanjangan dari human resources departement artinya divisi sumber daya manusia yang tugasnya mengelola data karyawan di perusahaan. Seandainya dari divisi marketing membutuhkan 1 orang karyawan, lalu HRD tersebut akan mencari dan seleksi karyawan yang akan dipanggil, kemudian CV kamu akan di cek, sesuai dengan kriteria atau tidak sama sekali.

Berapa lama HRD akan menyimpan berkas CV kita? bisa 1-3 bulan, lalu setelah itu CVnya dimana? i dont know. Sudah banyak print CV, banyak jadwal interview namun hasilnya nihil, tidak ada panggilan selanjutnya. Positif thinking bray! lihat apa kekurangan kamu, cari referensi dari yang berpengalaman, sekarang ada google coba cari artikel yang menurut kamu bisa diambil.

Mungkin dari tampilan CV, terlalu banyak lembaran, atau ada gambar desain yang rumit di dalam CV. HRD itu manusia, tidak mau dibuat pusing lagi, hanya seleksi karyawan, cuma butuh kriteria yang sesuai. Disini saya akan informasikan poin-poin penting dalam membuat CV agar HRD tidak pusing.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting
Poin 1


Personal Details

Cantumkan nama kamu dengan lengkap jika ada gelar diploma atau sarjana, tuliskan saja, Pas foto saya sarankan background warnah merah, dan pasang fotonya yang terbaru, jangan yang lama, HRD akan ragu melihat tampang kamu. Berikan alamat rumah kamu sesuai dengan KTP, tanggal lahir. status, dan agama. Cantumkan tinggi dan berat kamu, HRD akan melihat postur badan kamu yang formal, siapa tahu masuk ke kriteria. Infokan alamat email kamu, baiknya menggunakan gmail. Dan juga beritahu nomor HP kamu yang aktif, siapa tahu HRD akan memanggil kamu kembali.

Personal Summary

Artinya ringkasan pribadi, dimana kamu harus menceritakan diri kamu secara singkat. Intinya, kemampuan yang kamu miliki, ingin peluang bekerja seperti apa. Contoh:
Komunikasi yang cerdas dan kreatif. Memiliki kemampuan menggunakan peralatan penyiaran dan menghibur audiens. Sekarang tertarik pada penyiaran, dan hubungan pelayanan publik. Saat ini mencari peluang public relations yang cocok dengan perusahaan yang mapan, inovatif dan berkembang.

Work Experience

Pengalaman pekerjaan dari perusahaan sebelumnya kamu bekerja. Tuliskan dari bulan dan tahun berapa sampai waktu selesai. Dibawahnya jelaskan deskripsi pekerjaan. Contoh, "Penyiar Radio" deskripsi:
Menyajikan musik dan komentar di acara kalangan kaum muda. Up to date dengan peristiwa terkini atau informasi populer, seperti masalah sosial, masalah remaja, dan olahraga. Host program radio reguler yang disebut "Zona 8"
Setelah itu, jelaskan tugas pekerjaan penyiar radio. Contoh:
1. Mengoperasikan konsol radio, rekaman, dan peralatan penyiaran lainnya.
2. Hibur pendengar selama waktu tertentu.
3. Presentasikan musik, berita, waktu, dan iklan.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting
Poin 2

Skill

Informasikan kemampuan yang kamu kuasai, keahlian apa saja yang sudah kamu punya dari pekerjaan sebelumnya. Tuliskan saja sebanyak-banyaknya karena memang itu keahlian kamu, siapa tahu ada beberapa kemampuan kamu yang diminati HRD tersebut. Contoh:
Microsoft Office skill.
Photoraphy (Fashion, Journal, Potrait, Street, Macro, Landscape).
Customer service/Handling customer.
Fast respond via email.
Jangan malu dengan keahlian atau kemampuan yang kamu miliki, siapa tahu dalam seleksi karyawan, skill kamu berbeda dan HRD dapat mempertimbangkannya.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting
Poin 3

Education

Dari tahun berapa sampai tahun selesainya. Nama sekolah kamu. Jurusan apa yang kamu ambil, seperti IPA atau IPS, jika pernah kuliah jurusan teknik informatika atau administrasi. Gelar yang kamu miliki seperti diploma atau sarjana. Siapa tahu HRD nya pernah 1 sekolah sama kamu, atau teman SD kamu, bisa jadi.

Certifications

Sertifikat ini penting, karena kamu adalah orang yang mudah bergaul atau ada rasa ingin tahu, seperti sertifikat organisasi atau pernah mengikuti seminar, bisa juga sertifikat tempat kamu pelatihan les bahasa inggris atau matematika. Lebih bagus sertifikat atas prestasi kamu. Beritahu tahun berapa kamu mendapatkan sertifikat tersebut.

Art Works

Artinya karya seni. Maksudnya karya apa yang sudah kamu hasilkan dari pengalaman bekerja atau semasa kuliah. Seperti kamu sudah membuat film indie atau film pendek, lalu sudah kamu publikasikan di youtube. Cantumkan judul filmnya, link youtube, dan tahun berapa kamu berkarya. Link tersebut sebagai nilai tambah, bahwa kamu benar memiliki karya ini.

Activities / Interest

Menjelaskan kegiatan kamu yang lain, seperti bermain futsal atau jogging. Jika kamu ada kegiatan organisasi seperti karang taruna, bisa kamu cantumkan jabatannya dari tahun berapa sampai selesai. Beritahu hobi apa lagi yang kamu jalankan saat ini, jika kamu penulis mungkin ada blog website, ini menjadi nilai tambah lagi. Tuliskan nama websitenya agar terlihat keren.

Kesimpulan

Saran saya untuk font pilih Times New Roman dengan ukuran 12 saja. Untuk bahasa yang dipakai harus kata baku sesuai KBBI (kamus besar bahasa Indonesia). Jika kamu ingin melamar kerja di perusahaan start up atau ada orang asing, gunakan CV berbahasa inggris. Jangan translet karena kalimatnya nanti akan berantakan.

Cari teman kamu yang jago bahasa inggris untuk menerjemahkan. Membuat CV itu tidak perlu banyak kalimat seperti bercerita, atau menggunakan kata yang terbelit-belit. Cukup poin intinya saja, dimana poin tersebut sangatlah penting dan menjadikan harga yang mahal dari hasil pencapaian kamu saat ini.

Anggaplah kamu adalah sebuah produk yang berharga dan mempunyai nilai tinggi, lalu jelaskan mengapa produk ini sangat mahal? apa keunggulannya? Kamu pasti bisa menjawabnya. Semoga cara membuat cv lamaran kerja ini bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
Pengalaman Kerja Sales Door To Door atau Canvasing
6 Ide Konten Blog Menghasilkan Uang
7 Faktor Kegagalan Bisnis Bagi Pemula Sudah Biasa

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaik Poin Penting"

Berlangganan via Email