Penulis Naskah Radio Non Berita

Penulis Naskah Radio Non Berita
Dispro Penulis Naskah Radio Non Berita
Teknik siaran menggunakan script yang dibuat sendiri atau dibuat oleh penulis naskah (scriptwriter) untuk dibaca selama siaran berlangsung. Tujuannya adalah untuk membantu penyiar lebih mudah dalam menyampaikan siarannya. Biasanya jika siaran tanpa naskah, penyiar suka bingung atau habis topik pembicaraannya dalam mengolah kata yang akan disampaikan.

Dengan adanya naskah radio, seorang penyiar tinggal membacanya saja, sehingga tidak akan sampai terjadi kekosongan waktu dan kehabisan kata untuk para pendengar. Penyiar juga dituntut untuk lebih bisa improvisasi dan mengembangkan kreasi, agar informasi yang dibacakan lebih menarik, jelas dan dapat ditangkap dengan mudah oleh para pendengar.

Jadi secara umum, naskah radio dapat diartikan sebagai bentuk penulisan pesan atau informasi yang akan disajikan dalam program penyiaran dengan tujuan untuk mempermudah penyiar dalam menyampaikan, juga agar tidak terjadi over lapping dari informasi yang disampaikan antara pendengar satu dan yang lainnya.

Sesuai dengan pengertian penulis naskah yaitu menciptakan dan meletakkan dasar acuan bagi pembuatan program radio non berita dalam bentuk ide cerita dan juga dalam eksekusi suara ditahap produksi nanti. Setelah menulis naskah program secara lengkap, pastinya harus mempunyai tugas dan tanggung jawab.

Tugas dan Tanggung Jawab
1. Menulis naskah dan rundown secara lengkap atas dasar ide cerita dari program director atau tim yang sudah disepakati bersama.
2. Penulisan skenario harus jelas, bersifat umum, dan dapat dipertanggung jawabkan keasliannya. Jika mendapatkan informasi dari website, sebutkan sumbernya darimana.
3. Menyelesaikan script sesuai yang telah ditentukan waktunya agar tidak deadline.
4. Bersedia untuk merubah atau revisi script yang tidak disetujui dari program director demi kebutuhan produksi radio.


Pra Produksi

Menjadi tahap awal suatu penciptaan karya kreatif dalam proses pra produksi, mengikuti ide dari program director lalu menyempurnakan bahasanya untuk script. Ide program tersebut yang akan menjadi garis besar skenario terhadap proses pembuatan produksi dan menjadi batasan dalam suatu karya agar tetap fokus pada tujuan awal menulis.

Gagasan sebuah cerita yang nantinya akan dituangkan menjadi skenario. Setelah melakukan briefing dengan tim tentang penentuan ide cerita, harus ada survey dengan program radio lainnya. Riset sangat penting untuk membedakan dengan program radio yang sudah ada berdasarkan alur pembawaannya.

Sebelum menuliskan script, skenario harus diawali dengan ide pokok. Ide pokok akan mengarahkan pada jawaban mengenai pertanyaan mendasar sebuah program radio non berita, yaitu apa yang akan dibicarakan dalam siaran nanti. Ide merupakan titik awal tentang apa yang akan disampaikan kepada pendengar.

Produksi

Memasuki tahap produksi tidak menutup kemungkinan seorang penulis naskah ikut membantu mendampingi director, produser dan editor dalam memvisualisasikan sebuah naskah menjadi suara yang menarik untuk didengar. Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, sebagai seorang penulis naskah harus berlapang dada serta siap menerima hasil akhir setelah naskah program diproduksi dan divisualisasikan menjadi sebuah program radio.

Pasca Produksi

Sebagai penulis naskah berusaha untuk menjaga ide cerita dari kesepakatan bersama antara tim. Terutama tetap berkomunikasi dengan produser, director dan editor apabila terjadi perubahan ide cerita.

Konsep Penciptaan Karya

Konsep Kreatif

Penulis naskah mengangkat program radio non berita bagi kalangan dewasa sebagai acara yang akan populer nantinya. Bersama director berdiskusi untuk menentukan topik apa yang akan dibuat skenarionya. Setelah berdiskusi dengan tim, akhirnya sepakat untuk mengangkat program radio yang bernama "Heal Youre Music".

Konsep Produksi

Adanya beberapa perubahan pada naskah setelah berada di studio, ataupun penambahan script dan improvisasi dialog oleh penyiar kepada narasumber yang memungkinkan acara terlihat lebih menarik.

Konsep Teknis

Bersama program director, mengembangkan ide cerita menjadi sebuah naskah lengkap yang akan dijadikan oleh tim sebagai acuan untuk tahap produksi karya.

Kendala dan Solusi

1. Pada saat produksi sering ada beberapa revisi naskah karena kurang teliti dalam penulisannya. Solusinya adalah harus siap dan cepat mengembangkan ide-ide dan merangkai kata yang dibuat saat di studio.

2. Deadline penulisan naskah pada saat itu terlalu singkat sehingga kesulitan untuk mencari sumber referensi. Solusinya mencoba lebih fokus dan meluangkan waktu untuk pengerjaan naskah.

Lembar Kerja Penulis Naskah

Konsep Penulisan Naskah

Seorang penulis naskah juga harus ikut membayangkan hasil audio tersebut bila menjadi pendengar radio. Sehingga penulis naskah memerlukan pengetahuan dramaturgi serta kepekaan terhadap audiens nantinya yang akan dihasilkan.

Walaupun sangat kurang referensi, namun penulis naskah menganggap ini sebagai suatu pembelajaran menjadi seorang kreatif dengan menggunakan penalaran dalam sebuah pembuatan naskah yang mudah dimengerti oleh tim dan setiap orang yang membaca script tersebut.

Rundown Program

PENULIS NASKAH RADIO NON BERITA
Contoh Rundown Program

Full Script

PENULIS NASKAH RADIO NON BERITA
Contoh Full Script

Penutup

Artikel ini dibuat untuk kalangan mahasiswa komunikasi jurusan broadcasting, khusus yang sedang mengerjakan tugas kampus radio non berita. Setiap tugas pembentukan kelompok pastinya akan ada bagian-bagian yang harus ditentukan, seperti sebagai penulis naskah radio.

Penjelasan tugas dan tanggung jawab sebagai scriptwritter, dari pra produksi, produksi dan pasca produksi, untuk kamu yang sedang membuat program radio atau radio kampus. Postingan ini dari pengalaman penulis jurusan broadcasting dan berkarya desain produksi radio non berita. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
Program Dokumenter Televisi Tugas Penulis Naskah
Proses Kerja Tugas Penulis Naskah Film
Contoh Membuat Rundown Radio

Bray
Bray Catatansibray.com adalah sebuah situs web berbasis blog sharing dari pengalaman penulis membahas ilmu komunikasi.

No comments for "Penulis Naskah Radio Non Berita"

Berlangganan via Email