Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Director Radio Non Berita

Program Director Radio Non Berita
Catatansibray.com - Program director bisa dibilang pengarah acara program, atau bisa disebut sutradara. Profesi ini disandang oleh seorang yang bertanggung jawab sepenuhnya secara profesional dalam melaksanakan suatu proses produksi penyiaran dengan kemampuan wawasan yang luas, kreatif, imaginative, interpretive, dan inovative dalam berkarya juga bermanfaat bagi orang lain maupun dirinya sendiri.

Kemampuan seorang sutradara adalah hasil pengalaman dan bakat yang tidak mungkin diuraikan. Sutradara juga orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab dalam masalah artistik dan teknis. Seperti artikel Saya di Proses Kerja Tugas Sutradara Film. Apapun kesimpulannya, program director ini orang yang bertanggung jawab pada hasil karya berupa pertunjukkan atau audio visual yang mengandung visi dan misi disampaikan secara teknik atau artistik melalui media yang dianggap bermanfaat secara positif bagi penonton juga pendengar.

Beberapa pengertian yang menjelaskan tugas-tugas dan tanggung jawab seorang sutradara atau program director harus mempunya ilmu pengetahuan yang luas dan pengalaman dalam kreativitas. Namun dasar ilmu yang sudah dipelajari dari pembelajaran komunikasi, dan mencoba berkarya melalui media radio, tetap harus berusaha memberikan karya yang menarik untuk didengar.

Bray akan menjelaskan pekerjaan program director dari pra, produksi, dan sampai pasca untuk radio non berita, dengan program yang saya pilih yaitu "Heal Youre Music". Begini kerjanya program director.

Tugas dan Tanggung Jawab
  1. Bertanggung jawab pada seluruh proses produksi program, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi.
  2. Sebagai pengarah crew dan pemain.
  3. Memahami jenis dan isi naskah dengan mengetahui program apa yang ingin disampaikan dari topik tersebut sesuai rundown yang sudah ditentukan.
  4. Memahami dan meresapi suasana hati, jiwa atau mood dengan topik program yang terdapat didalam naskah lalu akan dibuat improvisasinya.
  5. Berusaha untuk menentukan gaya tutur bahasa yang tepat.
  6. Menempatkan posisi program director sebagai penulis naskah dan orang yang mendengar program radio ini. Dengan kata lain, posisi sebagai audiens.


Pra Produksi

Dalam pembuatan program radio non berita dengan nama "Heal Youre Music" sistem yang dipilh adalah triangle system. Sistem ini menggunakan mekanisme tiga posisi utama yang menjadi penentu dalam pembentukan konsep radio non berita. Kunjungi artikel Saya di Panduan Dispro Radio Non Berita. Ketiga posisi itu adalah produser, program director, dan penulis naskah atau skenario.

Pada awalnya, keputusan pemilihan program dilakukan oleh tim secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk membuat seluruh anggota tim, membangun dan berkarya dalam program radio "Heal Youre Music".

Produksi

Tahap produksi dalam program radio non berita "Heal Youre Music" diarahkan oleh program director untuk mengambil musik pilihan dan sudah ditentukan dari rundown. Jangan lupa artikelnya ada di Contoh Membuat Rundown Radio. Waktu produksi karya program ini menghabiskan empat hari dimana pembagian hari ditentukan berdasarkan lokasi studio dan jadwal dari produser.

Peran program director dalam proses produksi:
1. Sebagai pemimpin pengarah acara
Dalam hal ini program director dituntut untuk menjadi bijak, bukan otoriter maupun semena-mena terhadap crew dan pemain. Guna terciptanya suasana yang baik sehingga menghasilkan yang maksimal dalam proses produksi.

2. Menempatkan crew sesuai dengan bidang kerjanya
Proses produksi program radio adalah hasil team work. Setiap divisi mempunyai keterikatan satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini program director harus bisa menempatkan posisi setiap crew agar masing-masing divisi dapat terisi guna menjalankan tugas dan tanggung jawab dari setiap divisi.

3. Mengelola mood crew
Pengaturan jadwal on air sangat mempengaruhi mood dari crew. Hal ini disebabkan jadwal yang terus menerus atau padat dapat membuat jenuh atau keletihan sehingga berpengaruh pada mood seseorang. Oleh karena itu program director bersama produser harus bisa menentukan jadwal yang tidak terlalu dekat antar harinya dan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk semua crew. Selain jadwal yang padat, program director juga harus bisa membawa suasana enjoy saat on air.

Pasca Produksi

Tahap dimana tim melakukan kerja kreatif saat terakhir untuk mewujudkan program ini, dengan melakukan editing dan sound mixing untuk menyempurnakan unsur suara pada program radio. Artikel mengenai Audioman bisa dilihat Tugas Audioman atau Penata Suara Film Pendek. Pasca proses on air, meninggalkan beberapa hutang suara penyiar dan tentu saja menjadi pikiran pada saat pasca produksi. Satu-satunya cara adalah dengan memaksimalkan proses editing dan mixing suara.

Berdasarkan hasil on air yang didapatkan, kerja editor harus lebih ekstra ketat bekerja. Program director harus berpikir keras untuk membantu editor dalam mengatur dan mengkomposisikan musik dan sound effect yang sesuai dengan konsep.

Perihal audio yang didapat juga sangat memberatkan kerja editor, bersama dengan program director bekerja sama mengatasi audio yang terdengar noise atau tidak enak didengar. Proses editing pada waktu itu sangat intens, melakukan editing ditempat editor selama beberapa hari.

Proses Penciptaan Karya

Konsep Kreatif

Penentuan tema dan ide cerita karya program radio non berita merupakan sebuah inovasi baru dalam sebuah program tayangan radio saat ini. Selain itu demi memenuhi kebutuhan para pendengar radio, menyajikan hiburan yang berbeda dan fresh.

Dalam karya program radio non berita "Heal Youre Music" memasukkan nilai-nilai sejarah musik yang belakangan ini mulai marak di kalangan generasi muda. Tak lupa nilai-nilai moral tentang arti sebuah band yang menciptakan sebuah musik bergenre modern.

Konsep Teknis

Secara teknis pembuatan karya radio "Heal Youre Music" program director beserta tim sepakat menggunakan mic headset yang telah sesuaikan dengan kebutuhan pengambilan suara. Serta penambahan sound effect yang menyatu dengan program untuk memainkan emosi para pendengar, seakan-akan ikut menikmati acara radio.

Konsep Produksi

Untuk mewujudkan karya radio, program director tidak bekerja sendirian. Pada saat proses produksi bekerja sama dengan seluruh tim berusaha untuk menciptakan sebuah hasil yang baik dengan satu visi misi. Memberikan arahan editor untuk mengambil suara sesuai dengan direct treatment yang telah dibuat.

Kendala dan Solusi

1. Kendala pertimbangan dalam menentukan lokasi studio, yang pada akhirnya sepakat dilakukan didaerah Jakarta.

2. Jadwal yang sudah ditentukan tidak on time pada waktunya, sehingga setiap tim harus saling mengingatkan satu sama lain, menginformasikan waktu dimana untuk briefing, penulisan naskah, produksi, dan editor.

3. Peralatan alat untuk perekam suara tidak maksimal, artinya masih ada suara bising atau noise. Program director bersama editor mengoptimalkan backsound sesuai suara penyiar untuk menghilangkan suara yang menggangu pada saat perekaman.

Lembar Kerja Program Director

Konsep Penyutradaraan

Heal Youre Music (HYM) adalah kategori program hiburan dalam format musik. HYM akan membahas sejarah-sejarah dari musik Punk, Hardcore, Pop hingga Metal. Para pendengar juga bisa request musik ataupun band-band yang mereka sukai, dengan cara mention twitter di @bsi_fm.

Director Treatment

PROGRAM DIRECTOR RADIO NON BERITA
Contoh Director Treatment

Script Breakdown Sheet

PROGRAM DIRECTOR RADIO NON BERITA
Contoh Script Breakdown Sheet

Penutup

Artikel ini dibuat untuk kalangan mahasiswa komunikasi jurusan broadcasting, khusus yang sedang mengerjakan tugas kampus radio non berita. Setiap tugas pembentukan kelompok pastinya akan ada bagian-bagian yang harus ditentukan, seperti sebagai program director.

Penjelasan tugas dan tanggung jawab sebagai director radio, dari pra produksi, produksi dan pasca produksi, untuk kamu yang sedang membuat program radio atau radio kampus. Postingan ini dari pengalaman penulis jurusan broadcasting dan berkarya desain produksi radio non berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Program Director Radio Non Berita"

Berlangganan Gratis !