Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Editor Radio Non Berita

Editor Radio Non Berita
Dispro Editor Radio Non Berita
Editor adalah orang terakhir dari seluruh pekerja produksi. Pekerjaannya adalah mengolaborasikan berbagai unsur kreatif sehingga bisa memberikan sentuhan seni pada hasil akhir karya. Definisi editor menurut Kongres X Karyawan Film dan Televisi (KFT) Indonesia (2003:75) adalah "karyawan film yang dalam televisi profesional bertindak sebagai penyunting dan pemandu gambar atau suara untuk menjadi rangkaian penuturan sinematik."

Penyunting berarti orang yang menyusun atau mengatur visualisasi baik dari segi gambar atau suara. Maka editor audio harus didampingi program director, mengikuti arahan sesuai rencana program, menyusun audio yang ditetapkan dari rundown, dan menganalisa hasil akhir perekaman.

Tugas yang terakhir dari sebuah produksi dan hasil finishing karya ditentukan oleh seorang editor. Punya ide kreatif untuk mengolah suara manusia dengan audio visual untuk dijadikan perekaman yang benar-benar seperti acara radio. Harus mempunyai dasar keahlian atau pernah menggunakan software adobe audition, ableton live, logic pro X, dan audacity.

Software tersebut berfungsi untuk mixing audio hasil rekaman kamu, dan dilihat dari kapasitas software ini tidak terlalu besar cocok untuk laptop dengan ram 4GB. Format yang dihasilkan dari audio ini semua sama, bisa mp3, mp4, WAF, dan sebagainya. Editor juga harus teliti untuk mendengar suara bising atau noise yang tidak enak didengar, biasanya dari perekaman suara penyiar.

Oleh karena itu dipastikan untuk merekam suara penyiar dibutuhkan microphone yang bagus seperti mikrofon shure KSM27, Rode Classic 2, M-Audio Nova. Mungkin biasanya para broadcaster kampus menggunakan tipe Rode NTK atau Rode NT3. Hindari menggunakan microphone headset, karena suara angin atau sedikit gesekan saja bisa menimbulkan suara, ini menambah kerjaan editor.

Peran dan Tanggung Jawab
Seorang editor bertanggung jawab dalam menentukan sistem kerja yang akan ditetapkan selama proses pasca produksi berlangsung. Menentukan susunan audio yang akan digunakan dengan mendiskusikan kepada program director. Seorang editor juga bertanggung jawab penuh atas penyelesaian hasil akhir suatu karya radio.


Pra Produksi

Tahap pra produksi merupakan awal atau perencanaan untuk proses pembuatan suatu karya produksi. Namun pada tahap ini, seorang editor diharapkan sudah ambil bagian guna memberi masukkan kepada director dalam pengemasan karya yang akan dibuat dan untuk perencanaan tahapan produksi nantinya.

Produksi

Sebagai seorang editor mengingatkan director dalam proses pemilihan suara apabila ada beberapa audio yang terlewatkan, selain itu menetapkan musik serta jingle. Editor juga memastikan alat yang digunakan untuk merekam suara, apakah hasilnya bagus atau ada terdapat suara yang tidak terekam.

Dipastikan kembali suara penyiar tidak keras atau kecil, agar editor mudah memotong bagian yang harus dihilangkan atau tambahan backsound. Sebelum masuk ke tahap pasca produksi, seorang editor melangkah ketahap persiapan editing, yaitu mempersiapkan berbagai bahan maupun alat atau media editing yang mendukung proses pasca produksi nanti.

Pasca Produksi

Proses editing merupakan tahap akhir dalam pembuatan suatu karya audio visual yang dilakukan jika materi dasar berupa suara rekaman dan unsur musik pendukung lalu dijadikan media radio. Persiapan yang telah dilakukan sebelumnya, editor mempersiapkan sound effect dan musik pilihan. Lalu CD-R atau DVD-R kosong yang nantinya digunakan untuk mentransfer hasil karya audio yang telah melewati proses editing.

Proses Penciptaan Karya

Konsep Kreatif

Pada produksi radio non berita ini, editor lebih menonjolkan kepada unsur audio dan backsound yang sesuai dengan program karya ini, sehingga suara yang dihasilkan nantinya akan memiliki audio yang menarik untuk didengar. Hal ini dimaksudkan agar isi dari program tidak terkesan membosankan.

Konsep Teknis

Untuk menunjang hasil karya radio diperlukan peralatan dan perlengkapan teknis yang bagus dan mendukung. Editor menggunakan seperangkat komputer dan beberapa software untuk menghasilkan karya yang maksimal. Perangkat software yang sudah tersedia didalam adobe audition dan adobe premier pro, memperhalus audio yang dapat dijadikan kombinasi suara visual.

Banyak audio yang dipergunakan untuk mengisi jingle pada produksi ini, maka editor memakai perangkat audio mixing yang telah ada di dalam software editing dan untuk mempermudah editor dalam proses mixing.

Kendala dan Solusi

1. Ketidaktepatan jadwal produksi dan mengakibatkan proses produksi menjadi tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jadwal kerja yang mengulur-ulur waktu sehingga jadwal on air yang deadline, serta tambahan waktu.

2. Ada beberapa announcing yang kurang mendukung akibat keterbatasan waktu semakin padat dan ada beberapa suara narasumber yang suaranya sangat pelan atau kecil. Sehingga membuat editor bekerja untuk menyesuaikan atau menaikkan kembali audio didalam rekamannya.

Lembar Kerja Editor

Spesifikasi Editing

EDITOR RADIO NON BERITA
Contoh Spesifikasi Editing

Spesifikasi Peralatan Audio

EDITOR RADIO NON BERITA
Contoh Spesifikasi Peralatan Audio

Blocking Audio

EDITOR RADIO NON BERITA
Contoh Blocking Audio
Keterangan:
1. Microphone
2. Audio Mixer
3. Set Komputer
4. Audio Monitor

Penutup

Artikel ini dibuat untuk kalangan mahasiswa komunikasi jurusan broadcasting, khusus yang sedang mengerjakan tugas kampus radio non berita. Setiap tugas pembentukan kelompok pastinya akan ada bagian-bagian yang harus ditentukan, seperti sebagai editor radio non berita.

Penjelasan tugas dan tanggung jawab sebagai editor audio, dari pra produksi, produksi dan pasca produksi, untuk kamu yang sedang membuat program radio atau radio kampus. Postingan ini dari pengalaman penulis jurusan broadcasting dan berkarya desain produksi radio non berita. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
Program Dokumenter Televisi Tugas Editor
Proses Kerja Tugas Editor Film
Cara Menjadi Penyiar Radio Tips Dan Tugasnya

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Editor Radio Non Berita"

Berlangganan via Email