Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berjualan Dengan Fitur WhatsApp Business

Cara Berjualan Dengan Fitur WhatsApp Business
Apa Itu WhatsApp Business ?
Siapa yang tidak mengenal whatsapp business, aplikasi yang memudahkan untuk kita berjualan dan lebih mendekat dengan pelanggan. Setelah whatsapp messenger, Facebook menghadirkan aplikasi berbasis bisnis secara gratis dan mudah untuk dipakainya.

Jika kamu sedang menjalankan bisnis usaha berjualan, dan berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan WA messenger, saya sarankan untuk berpindah ke WA Business.

Cara chatnya ini sama dengan messenger, lalu yang membedakannya adalah fitur. Fitur whatsapp bisa memperkenalkan produk yang dijualkan, dilihat dari akun profil, disini bisa dijelaskan nama tokonya, deskripsi penjualannya dan alamat toko kamu. Lalu ada katalog, disini kamu bisa perlihatkan atau upload foto barang jualan kamu agar pelanggan bisa tahu barang-barang yang terupdate atau masih tersedia.


Masih ragu dengan fiturnya ? Saya jelaskan bagian setelan bisnis, siapa tahu kamu dapat ide.

1. Profil Bisnis

Menu setelan ini menunjukkan nama toko kamu atau nama branded baju distro seperti "Bray Cloth". jika jualan makanan seperti  "Food Bray". Hanya sekedar contoh saja. Jangan lupa pilih kategori bisnis kamu, jika makanan pilihnya "Makanan & Bahan Pangan" atau kamu sudah ada bisnis restoran, pilih kategori "Restoran".

Berikan alamatnya juga jika ada pelanggan yang ingin berkunjung ke tempat jualan kamu. Disini ada map google tinggal di cari alamat jalannya saja, atau jika tidak ada alamat jalan di map google, setidaknya ada alamat yang searah dengan toko kamu. Menu ini juga menyediakan alamat email dan alamat website. Siapa tahu bisnis kamu sudah ada websitenya dan cantumkan di menu ini terlihat semakin keren dan dipercaya.

2. Katalog atau Manajer Katalog

Bisa dibilang menu ini dapat memperlihatkan barang yang kita jual. Upload foto gambarnya, satu per satu agar tidak ribet untuk memberikan deskripsinya. Deskripsinya ini seperti nama barangnya, contoh "Baju Anak". Harga yang dipasang adalah "Rp 50.000". Kamu jelaskan kualitas dan ukuran bajunya di kotak deskripsi, yang penting keunggulannya ya, buat semenarik mungkin.

Jika barang kamu ada di foto website, berikan alamat linknya di kotak tautan. Lalu jika barang kamu ada nomor kode produk seperti "Baju Anak No.002". Jadi untuk posting foto barang produk jangan langsung 5 gambar. Posting dahulu 1 barang, lalu sekitar 3 jam, upload lagi foto produknya, terlihat kita sangat aktif berjualannya.

3. Statistik

Dari kata statistik saja dalam benak kita adalah trafik atau statistik dalam jumlah perhitungan persentase. Untuk di WA business ini, statistik berfungsi melihat pesan atau chat yang sudah direspon atau belum. Pastinya yang akan kita cek adalah pesan yang dibaca dan pesan yang diterima, artinya bahwa pelanggan mana yang sudah menerima pesan dan sudah dibalas pesannya dari kita.

4. Tautan Pendek

Dalam menu ini terdapat link yang bisa di share ke sosial media. Link ini seperti https://wa.me/(nomor telepon). Memudahkan kita untuk promosikan produk bisnis ke jaringan sosial media atau bisa tempatkan di website sendiri.

Lalu jika pelanggan klik link tersebut, akan langsung menuju ke chat WA nya. Sangat mudah, gampang dan praktis mempercepat komunikasi dan mencari calon pelanggan dengan share link ini.

5. Akun Tertaut

Halaman ini untuk menautkan ke akun FB kamu, dimana setiap kamu memposting di status WA business, akan masuk ke facebook di bagian cerita kamu, namun harus memilih "bagikan ke facebook". Jadi teman-teman kamu yang di FB akan melihat postingan terbaru dari produk bisnis kamu.

Bagaimana cara chat ke pelanggan ? Mari kita bahas fitur perpesanan.

1. Pesan diluar Jam Kerja

Saat kamu sedang tidak bekerja, beristirahat atau tidak melayani pelanggan dahulu, kamu bisa aktifkan menu ini dengan geser tombol ke kanan sampai berwana hijau. Pesan ini akan otomatis membalasnya jika internet masih dinyalakan atau aktif.

Buat pesan ke pelanggan kamu seperti mengucapkan "Terimakasih atas pesan Anda. Kami akan membalas chat pada jam kerja saja, senin - jumat jam 8 pagi - 5 sore. Terima Kasih." Atur jadwal pesan ini dari jam 5 sore sampai jam 8 pagi esok harinya. Ingat, harus ada koneksi internetnya.

2. Salam

Dari kata salam pasti sudah tahu, ini adalah pesan chat pertama yang akan muncul ketika pelanggan chat kamu. Geser tombo ke kanan dengan berwarna hijau menandakan aktif, lalu edit deskripsi pesannya, seperti "Halo, terima kasih telah menghubungi catatasibray.com. Mohon untuk tidak mengulang chat, agar pesan yang masuk tetap pada urutannya, karena admin akan membalas pesan chat yang masuk dari bawah. Terima kasih."

Pelanggan kamu akan menunggu balasan chatnya, dan jangan sampai keesokan harinya kamu membalas pesan tersebut harus di hari itu juga. Pesan salam ini akan muncul jika pelanggan yang baru pertama chat kamu atau sudah 14 hari tidak chat dengan kamu. Berikan salam dengan kalimat yang baik dan jangan terlalu panjang juga, nanti pelanggan kamu jadi males bacanya.

3. Balas Cepat

Menu ini yang mempermudahkan kamu dengan pelanggan untuk berkomunikasi. Tidak perlu mengeik pesan lagi, jadi disini kamu hanya memberikan kata kuninya seperti /terima kasih. Hanya dengan menggunakan tanda slash (/) lalu kata kunci, akan muncul sebuah kalimat, sama seperti template, jadi pesannya ini sudah tersedia.

Buat kalimatnya ini yang biasa sering ditanyakan pelanggan. Contohnya pelanggan menanyakan "hai apakah saya boleh tahu tokonya dimana?" Lalu kamu balas dengan mengetik /alamat, dan akan muncul kalimatnya seperti ini "Alamat toko kami di Jl. xxxxx No. 001 Kota Jakarta." Kamu bisa menambahkan pesan otomatis ini dengan memilih tombol hijau dibawah dengan gambar tanda plus atau tambah.

Kesimpulan

Untuk di menu-menu lainnya seperti chat, notifikasi, data dan penyimpanan sama setelannya dengan WA messenger, yang membedakannya adalah fitur yang membantu kita untuk berjualan. Manfaatkan aplikasi gratis ini dengan mengunduh di play store. Jika kamu masih membutuhkan pertanyaan tentang whatsapp business, bisa langsung ke link halamannya Aplikasi Bisnis WhatsApp.

Kapan lagi kita punya aplikasi bisnis yang gratis untuk mempermudahkan komunikasi langsung dengan pelanggan. Semakin semangat kamu berjualan, semakin tahu cara bisnisnya. Semakin banyak promosi, semakin banyak orang tahu produknya, Berani berjualan, pemasukan akan terus berjalan. Semoga cara berjualan dengan fitur WhatsApp business ini bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
6 Ide Konten Blog Menghasilkan Uang
Tips Cara Kerja Dropshipper Dari Template Blogger
Tips Cara Kerja Reseller Dari Pengalaman

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Cara Berjualan Dengan Fitur WhatsApp Business"

Berlangganan via Email