Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Media Sosial Untuk Share Konten Blog

5 Media Sosial Untuk Share Konten Blog
Catatansibray.com - Sebuah situs website ingin dikenal lebih banyak orang, baik melalui media online atau media massa. Website yang memberikan banyak konten bermanfaat, pastinya memerlukan sebuah ikon sosial media agar pembaca mengikuti postingan yang dipublikasikan. Website profesional sangatlah diperlukan akun media sosial untuk lebih populer dan juga harus up to date agar pengunjung mendapatkan informasinya.

Fungsinya adalah setiap kita posting konten dari sosial media, pastinya akan ada yang ingin membacanya. Kemudian akan di share kembali ke jejaring sosial lainnya. Inilah manfaat ikon media sosial di situs website tujuannya untuk populer.

Banyak pengunjung situs web, banyak follower di media sosial. Tombol akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, dan lainnya merupakan aplikasi populer untuk di share dan berbagi ke jaringan lain.

Hanya dengan akun media lalu share posting, website kamu bisa lebih populer jika konten kamu disukai pembaca. Daripada pengunjung web sepi, lebih baik dibagikan ke jejaring sosial. Lumayankan dapat pengunjung yang membaca, siapa tahu akan di share kontennya.


Sharethis.com

Jika kamu masih belum punya tombol share, saya sarankan untuk menggunakan tools dari sharethis.com. Ini dapat membantu pengunjung web kamu menyebarkan konten. Toolsnya gratis gampang banget cara daftar. Bisa juga memperindah website kamu dengan banyak tampilan sosial media. Cara daftarnya:
  1. Buka sharethis.com atau bisa langsung ke link https://platform.sharethis.com/login.
  2. Jika belum pernah login, pilih sign up.
  3. Masukkan email dan password yang ingin didaftarkan.
  4. Ceklis "i have read and agree to the Term of use and Privacy Notice".
  5. Klik sign up.
  6. Lalu masukkan nama web domain dan email kamu.
  7. Domain tidak perlu cantumkan seperti ini https://namadomainkamu.blogspot.com/ langsung cantumkan namadomainkamu.blogspot.com.
  8. Klik confirm.
  9. Pilih Apps directory.

Bagusnya konten web di share kemana Bray?

Twitter

Memang sosial media yang cepat membuat topik menjadi trending ya disini. Karena banyak akun-akun yang tidak jelas identitasnya dan juga reputasinya, dia disebut buzzer. Seperti akun yang menjadi relawan untuk mendukung aktivis, kemudian dibayar.

Perhatikan saja setiap konten yang dishare twitter dibagian like, retweet, dan komentar. Dengan memberikan hashtag atau tanda pagar, topik tersebut akan menjadi trending.

Disini kamu bisa share konten web dengan mengikuti trending hastag, kontennya juga harus sesuai dengan hastagnya ya. Lalu kamu bisa cek analiytics di bagian postingan yang gambarnya 3 garis lurus. Lihat total jumlah impressions atau tayangan postingan kamu jika menggunakan hashtag. Bandingkan jika kamu share tanpa menggunakan hashtag, apakah sama jumlahnya?

Jika yang kamu posting itu dengan kalimat menarik apalagi dengan konten yang sesuai hashtagnya, akan ada yang retweets kemudian klik link. Lumayankan ada pengunjung yang datang ke blog kamu. Siapa tahu bermanfaat seperti situs web berita-berita online.

Facebook

Dibandingkan dengan twitter, buzzer yang ada disini tidak terlalu banyaklah. Apalagi sekarang daftar FB menggunakan verifikasi yang rumit, berbeda dengan yang dulu cara daftarnya gampang banget. Cara promosikan konten kamu dengan copy link websitenya, lalu buat postingan di akun kamu.

Nanti link webnya ini akan muncul otomatis karena google sudah meng-crawl blog kamu. Jika kamu postingnya ini di akun pribadi, tidak bisa melihat analitiknya atau jumlah tayangannya seperti di twitter tadi.

Saya sarankan untuk membuat halaman di facebook. Pernah melihat postingan yang berpromosi? Mereka menggunakan halaman FB yang berbayar, bisa menjangkau 3ribu akun aktif di FB. Saat ini Bray lihat pembayarannya menggunakan kartu kredit, sama seperti twitter juga. Bray belum menemukan yang pembayarannya cash. Membuat halaman di facebook seperti membuat profile baru. Buat deskripsinya yang jelas dan menarik, bersangkutan dengan konten website kamu.

Cara sharenya ini juga sama dengan posting di akun pribadi, namun yang membedakannya ini, kamu bisa lihat orang yang dijangkau dan jumlah interaksi dengan akun lain atau teman kamu. Bisa juga dilihat dibagian insight sama seperti analytic, mengukur peningkatan populer halaman kamu. Jangan lupa juga, halaman kamu membutuhkan "like" orang, supaya lebih terkenal. 

LinkedIn

Kebanyakan orang bilang ini tempat komunitas para pekerja, karena isinya postingan yang menyangkut dengan pekerjaan, bisa itu info lowongan, tips dan triknya, ada juga promosi penjualan, dan masih banyak lagi ilmu yang lain.

Bisa dibilang akun-akunnya kelas menengah keataslah, karena jika kita cek profilenya satu-persatu, banyak yang menyandang posisi tertinggi di perusahaan, seperti manager, level senior, HRD, dan masih banyak lagi.

Disini tempatnya berbagi ilmu pekerjaan, sharing, bertukar pikiran, meminta saran dan pendapat juga. Kamu bisa manfaatkan media sosial ini dengan share link konten kamu. Copy link website kamu, lalu paste di bagian "buat posting", secara otomatis link atau tautan kamu akan muncul disana.

Jika sudah muncul, hapus linknya dan buat kalimat yang menyangkut dengan konten kamu, jangan lupa untuk diberikan hashtag dibawahnya. Bisa juga kamu membuat artikel disini, dibawah posting ada yang namanya "tulis artikel". Share konten kamu di bagian ini, akan memudahkan dipencarian google.

Pinterest

Media sosial ini lebih ke poster gambar. Jadi jika kamu ingin share konten kamu disini, harus menggunakan gambar atau foto yang menarik. Banyak postingan gambarnya ini mengenai ide yang baru, atau tips yang berguna, karena memang jejaring sosial ini bertujuan berbagi ilmu dengan bentuk gambar. Sehingga gambarnya nanti bisa disimpan atau di share lagi.

Bray sendiri, membuat gambarnya ini dari photoshop. Namun jika kamu seorang fotografer, bisa langsung upload disini. Gambarnya ini ditempatkan ke pin, lalu masukan ke papan. Papan ini adalah label dari beberapa pin yang kamu upload. Langkahnya, kamu pilih tambah pin, bisa kamu upload gambarnya, atau langsung menempatkan situs blog kamu di bawahnya, otomatis akan ter-upload sendiri.

Berikan judul yang menarik, deskripsi yang menggambarkan pin kamu dan juga konten websitenya. Dibawah ada penempatan tautan linknya, jika ada orang yang melihat pin gambar kamu, dan mengklik gambarnya, akan menuju ke blog website.

Instagram

Saya sarankan untuk menggunakan fitur konten bermerek, ini ada di pengaturan instagramnya. Kenapa? Karena kamu akan memposting konten asli buatan sendiri. Kemudian label profile kamu bisa dibuat kategori seperti aktor, blogger, desainer, dan masih banyak lagi. Label profile ini menggambarkan postingan apa yang akan kamu share.

Cantumkan juga link website kamu di bagian profile, agar bisa dibaca juga konten-konten yang lainnya. Jika nama kamu ingin dikenal juga, buat hashtag di bagian bio, ini berpengaruh ke hashtag yang sedang populer. Atau lebih kerennya lagi, disamping nama kamu ditambahkan dengan kata "desainer", jadi terkesan melihatnya.

Cara postingnya ini berupa gambar foto, dan video cerita. Jika kamu ingin positng berupa foto, buat kontennya seperti para typogramer/typography atau mikroblog yang banyak slide share bermanfaat. Nanti pada saat slide terakhir, perlihatkan nama website kamu.

Namun jika kamu seorang fotografer, langsung upload saja fotonya, nanti di deskripsi foto tuliskan nama website kamu. Ingat, sharenya ini harus asli punya kamu, karena profile instagram adalah konten bermerek.

Penutup

Jangan berpikir jika kamu share postingan ini ke media sosial sebagai backlink, karena jika kamu sudah posting, link websitenya ini akan berbeda secara otomatis. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik bagi pembaca, sehingga akan banyak pengunjung yang datang.

Perlu diingat juga, jika promosikan website ini harus berhati-hati dengan deskripsinya, jangan menyimpang dari kontennya, karena keterangan deskripsi tersebut yang mempengaruhi orang untuk membuka web kamu atau tidak.

Contohnya kamu posting dengan deskripsi "cara mencari uang", lalu ada orang yang klik tautannya, setelah dibuka isinya "obat mujarab". Website kamu bisa dilaporkan penyalahgunaan konten atau blog spam. Sebagai penulis blog selalu menampilkan konten terbaik di websitenya. Konten yang berbeda, menarik dan sangat membantu informasinya bagi pengunjung. Semoga 5 media sosial untuk share konten blog bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray Blogger dari jurusan Broadcasting. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "5 Media Sosial Untuk Share Konten Blog"

Berlangganan Gratis !