Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuat Konten Di Instagram Fitur Bermerek

Begini Cara Membuat Konten Di Instagram Fitur Bermerek
Yuk Buat Konten di IG.
Berkarya melalui media sosial memang sangat populer saat ini. Banyak cara promosi konten yang bervariasi, dalam bentuk foto, video, gambar ilustrasi atau grafis dan sebagainya. Media sosial yang sering dijadikan untuk konten promosi adalah twitter, facebook, instagram, pinterest, dan linkedin. Dengan segala bentuk konten yang unik dan menarik pengikut untuk melihat postingan apa yang kamu berikan, kegunaannya apa, dan informasinya bermanfaat atau tidak.

Memang ponsel selalu menjadi pegangan bagi semua orang dan melihat aplikasi sosial media untuk kebutuhan kesehariannya, bisa itu kepentingan kerja, mencari informasi baru, hiburan dan juga mengisi kekosongannya.

Dengan seperti ini, sangat bermanfaat untuk para pengikutmu berinteraksi dan mendapatkan informasi yang berguna dari kamu. Cara untuk mendaftarnya sangat mudah, awalnya kita masih menggunakan akun blog pribadi. Selanjutnya pilih fitur konten bermerek.


Setelan Fitur Bermerek

  1. Login aplikasi instagram
  2. Akun kamu sudah status aktif
  3. Pilih tanda garis 3 di pojok kanan atas
  4. Lalu pengaturan
  5. Klik akun
  6. Paling bawah ada keterangan "Fitur Konten Bermerek"
  7. Kamu akan dimintakan verifikasi dahulu dari tim instagram.
Jika akun instagram kamu sudah selesai diverifikasi menjadi konten bermerek. Maka kamu sudah siap untuk ekspresikan kreativitas. Sebelumnya kamu cek dulu di profile kamu, apakah sudah keren atau belum. Coba kamu pilih "edit profile".

1. Buat nama kamu yang keren, lalu tambahkan kata "Mikroblog". Mikroblog ini untuk Konten tulisan singkat biasanya kurang dari 200 karakter, dipublikasikan berupa gambar desain, video visual atau teks foto yang diambil.

2. Jika kamu punya alamat blog atau website, cantumkan saja, siapa tahu pengunjung kamu akan membaca artikelnya.

3. Tuliskan bio yang menarik dan unik.

4. Ada informasi profil seperti "halaman", ini akan terhubung ke akun facebook kamu, atau kamu ada halaman facebook sendiri. Karena instagram sudah berganti kepemilikan facebook, jadi sangat mudah promosi postingan di kedua media sosial ini.

Untuk "Kategori" ini menggambarkan profesi kamu pada akun instagram, konten apa yang akan kamu berikan nanti. "Opsi Kontak" bermanfaat jika ada pembisnis ingin berkeja sama dengan kamu untuk menampilkan iklan atau promosikan produknya di instagram kamu. "Tampilan profile" sebaiknya diperlihatkan karena kamu adalah seorang kreator yang akan menampilkan karya yang terbaik.

5. Jangan lupa isi info kontak admin, untuk kelengkapan informasinya.

Menggunakan fitur konten bermerek ini harus kamu pahami dahulu kebijakan dan standar kelayakan. Karena postingan yang akan kamu tampilkan nanti adalah asli karya kamu sendiri tidak dari copy paste karya orang lain. Sehingga kamu harus lebih kreatif lagi membuat kontennya, lebih menarik lagi.

Ada konten untuk feed instagram dan konten untuk instagram story. Jika Kamu tidak bisa desain menggunakan software adobe, dapat kamu buat di aplikasi Canva secara gratis di play store. Disini Bray akan memberi penjelasan jenis konten yang harus kamu berikan.

Jenis Konten

Info Produk atau Jasa

Penawaran produk, informasi diskon produk, dan review produk. Konten jenis ini untuk promosikan produk atau jasa. Contohnya kamu punya bisnis jasa pembuatan website. Kamu bisa informasikan cara pembuatan website atau berikan informasi tips dan trik mengenai website.

Jika menjualkan produk baju, sepatu, atau sebagainya, bisa kamu informasikan cara memilih sepatu, atau jenis-jenis baju. Konten ini memang lebih ke informasi mengenai bisnis kamu, atau bekerjasama dengan endors selebgram.

Testimonial

Jika Akun IG kamu sudah punya banyak pengikut, maka kamu bisa minta mereka untuk memberikan testimonial. Baik itu di instagram story atau di konten untuk feed instagram. Bisa seperti hasil karya yang sebelumnya sudah kamu buat.

Contohnya kamu sudah membuat video konten youtube, lalu kamu promosikan di instagram story. Bisa juga jika ada pembeli suka dengan produk kamu, minta pada mereka untuk mengirimkan testimonial sebagai rasa kepuasan dan pengalaman saat menggunakan produk kamu.

Tips dan Trik

Berkaitan dengan konten akun yang sudah dibuat. Misalnya kamu menjual produk kesehatan, maka kamu bisa bagikan tips dan trik tentang hidup sehat. Konten ini sama dengan memberikan informasi, namun untuk membuat tips dan trik ini harus tahu alasannya. Contoh saat ini sedang dalam kondisi penyebaran virus, berikan tips cara mencuci tangan dan trik melakukan aktivitas di rumah.

Tutorial

Kamu bisa berikan tutorial yang berkaitan dengan bidang produk bisnismu. Bisa dalam bentuk foto, video, infografik, atau kemasan konten lainnya. Konten ini lebih menunjukkan caranya atau seperti panduan. Biasanya konten ini digunakan para microblogger atau typogrammer memberikan tutorial dengan topik instagram, edit foto dan sebagainya.

Edukasi

Pembelajaran, pengetahuan, dan keterampilan. Konten ini bagus untuk membangun interaksi dengan para pengikut di instagram. Apalagi jika kamu bisa membuat konten edukasi dalam bentuk storytelling yang memikat. Storytelling yang memikat ini bercerita dan akan bersambung pada postingan selanjutnya, biasanya ada di IG TV.

Quotes

Jenis konten yang menghadirkan kutipan-kutipan dari tokoh terkenal atau yang relevan dengan bisnis kita. Kita tinggal mencari quote yang bagus lalu buat grafisnya. Grafisnya lebih mudah menggunakan aplikasi canva, disana sudah ada template yang tersedia lalu kamu hanya menuliskan kata-katanya saja.

Question and Answers

Konten ini akan mengajak para pengikut untuk bertanya pada kita. Selanjutnya kita akan menjawab pertanyaan tersebut. Jawaban atas pertanyaan tadi dapat kita buat di instagram story ataupun di konten untuk feed.

Biasanya pengguna instagram menggunakan postingan di storynya, lalu apabila ada yang balas kamu akan menerima pesannya. Lebih ke interaksi kamu bertanya dan followers yang menjawab, baiknya pesan tersebut dibalas dan jangan diabaikan.

Giveaway

Dalam Jenis konten ini kita akan berbagi hadiah untuk pengikut. Tentu saja ada syarat-syarat untuk mendapatkan hadiah. Hadiah giveaway yang kamu berikan bisa bermacam-macam, misalnya produkmu, pulsa, barang tertentu, dan sebagainya. Contoh syaratnya harus follow akun kamu dulu lalu menjawab pertanyaan yang kamu berikan, ini dapat menaikkan followers kamu.

Menu Insight

Kamu sudah banyak postingan dengan konten-konten yang menarik. Jangan lupa untuk berikan hashtag atau tanda pagar agar postingan kamu lebih populer dan banyak yang lihat. Coba kamu cek di menu insight, ada di pojok kanan atas gambar 3 garis.

Konten

Ada rangkuman jumlah postingan mingguan yang sudah kamu share, lihat ada berapa jumlah orang yang sudah melihat konten kamu di postingan atau di cerita.

Aktivitas

Mengukur berapa banyak orang yang melihat konten kamu selama 7 hari ini. Jangkauan unik adalah akun yang belum follow kamu sama sekali, namun bisa melihat konten kamu dari tanda hashtag atau ada yang share konten kamu dari orang yang sudah mengikuti kamu. Bisa dilihat juga berapa jumlah interaksi kamu dengan para pengunjung di konten yang sudah kamu posting.

Pemirsa

Menghitung perbandingan dari jumlah followers kamu dengan orang yang belum mengikuti kamu. Lokasinya ada dimana, usia dan jenis kelaminnya bisa dihitung berapa persen. Lalu jumlah pengikut kamu yang sedang aktif dalam waktu per jam.

Penutup

Posting konten kamu secara rutin, hal ini sangat bagus untuk meningkatkan jumlah interaksi pada pengikut kamu. Dan juga, memperbanyak konten akan memudahkan akun instagram kamu ditemukan di pencarian instagram. Agar lebih produktif, buatlah jeda 2 hari dan jangan terlalu sering juga, karena mencari ide membutuhkan refreshing.

Buat jadwal dan rencana apa yang akan kamu tulis lagi. Cara untuk konten kamu lebih terkenal, buatlah kolaborasi dengan sesama pembuat konten seperti akun mikroblog atau fotografer yang memposting foto dengan adanya tulisan unik.

Dengan begini memadukan kolaborasi dapat saling tag kontennya, lalu share di instagram kamu. Disisi lain untuk meningkatkan jumlah pengikut, dapat kamu gunakan dengan fitur beriklan di instagram. Semoga cara membuat konten di instagram fitur bermerek ini bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
5 Media Sosial Untuk Share Konten Blog
Kamu Harus Tahu Perbedaan Jejaring Sosial Dan Media Sosial
Fitur Terbaik Facebook Dalam Bidang Komunikasi

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Konten Di Instagram Fitur Bermerek"

Ikutin Artikelnya Bray, Gratis!