Pelayanan Terbaik Yang Menentukan Keberhasilan Penjualan

Pelayanan Terbaik Yang Menentukan Keberhasilan Penjualan
Pelayanan Terbaik.
Keberhasilan dari suatu usaha atau perusahaan maupun suatu organisasi sangatlah berpengaruh pada beberapa faktor yang mendukungnya. Bisa dikatakan bahwa faktor yang paling utama mempengaruhinya adalah sumber daya manusia seperti pimpinan dan karyawan, sumber pendanaan atau modal, strategi pemasaran dan teknologi yang digunakan. Tanpa adanya SDM, pastinya akan mendapatkan kesulitan untuk pencapaian kegiatan usaha.

Faktor pendanaan juga penting karena jika tidak ada pemasukkan dana, aktivitas perusahaan sangat sulit untuk dikembangkan. Ingat juga faktor strategi pemasaran, itulah yang akan menjadi target pencapaian perusahaan. Di sisi lain, ada faktor teknologi dimana bisa menjadi penentu keberhasilan perusahaan, serta adanya minat kebutuhan masyarakat, dan kebijakan dari pemerintah.

Selalu ingat kualitas produk yang ditawarkan, menentukan harga yang tepat untuk bersaing, cara berpromosi yang baik, kualitas tenaga kerja, pelayanan pelanggan, dan solidaritas tim karena tidak mungkin menjalankan usaha dengan sendirinya, semuanya harus dikerjakan secara bersama.

Kunci keberhasilan sebuah perusahaan tergantung dari manajemen yang dimilikinya, sehingga usahanya dapat hidup terus-menerus sepanjang waktu. Ada beberapa perusahaan yang bisa bertahan beberapa tahun saja, apa penyebabnya?

Sepertinya ada yang salah dalam pengelolaan perusahaan. Oleh karena itu perlu cara untuk mengatasinya. Seperti meningkatkan omset penjualan atau jumlah pelanggan, karena dapat meningkatkan laba perusahaan.

Pencapaian omset laba berperan penting untuk suatu usaha yang dijalankannya, terus beroperasi dan ekspansi usaha besar lagi, sehingga penjualan akan bertahan hidupnya. Selalu meningkatkan jumlah pelanggan dalam target yang telah ditentukan setiap periodenya, sehingga omset laba dan penjualan akan dapat bertumbuh dengan baik.


Ingin meningkatkan omset penjualan?

  1. Tingkatkan kualitas produk.
  2. Survey harga yang sesuai dengan minat pelanggan.
  3. Terus lakukan promosi penjualan.
  4. Kembangkan produk.
  5. Ajak kerabat yang dapat dipercaya, punya kualitas untuk memajukan usaha.
  6. Mempunyai komitmen untuk lebih dekat lagi kepada pelanggan.
  7. Berikan pelayanan yang terbaik.

Jika caranya sudah terpenuhi, perusahaan atau usaha yang dikembangkan ini akan mencapai tujuan seperti apa yang diinginkan sebelumnya, dan yang terpenting adalah pelayanan yang baik terhadap pelanggan.

Jika kualitas pelayanannya buruk, maka pesaing akan melakukan hal yang lebih baik dari kita. Pesaing akan terus mencari celah untuk mengambil pelanggan disaat terlihat kelemahannya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasinya adalah brainstorming, dimana manajemen perusahaan atau pemilik usaha akan terus memikirkan apa yang akan dilakukan pesaingnya dari waktu ke waktu. Seperti memberikan promosi gratis dari pelanggan yang sudah merasakannya, kemudian diinformasikan ke calon pelanggan lainnya, mulut ke mulut. Jika mereka puas, kemungkinan pelanggan akan lebih mendekat pada produk yang dijualkan.

Apakah pelayanan itu penting dalam meningkatkan usaha?

Setiap pelanggan pastinya memerlukan pelayanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Pelayanan yang baik akan menjadi kepuasan pelanggan sehingga produk yang ditawarkan akan selalu dipercaya dan menarik calon pelanggan baru untuk mencobanya.

Sama seperti di dunia pekerjaan, sesama rekan kerja harus mampu memberikan pelayanan kepada sesama, saling mendukung, itu akan jadi lebih sempurna.

Jadi pelayanan yang baik sangat diperlukan kepada pelanggan maupun terhadap rekan kerja, agar bisa mencapai tujuan bersama. Jika pelayanan ke dalam berjalan dengan baik, maka akan mempengaruhi pelayanan ke luar, begitu juga sebaliknya. Faktor utama yang mempengaruhi sukses tidaknya pelayanan adalah sumber daya manusianya.

Bagaimana cara memberikan pelayanannya?

  1. Ada keinginan untuk membantu kebutuhan pelanggan sampai tuntas.
  2. Pelanggan adalah aset perusahaan yang harus dijaga.
  3. Punya rasa simpati dan empati terhadap permasalahan yang dihadapi pelanggan.
  4. Sopan dan ramah tamah dalam melayani.
  5. Berlaku adil kepada seluruh pelanggan.
  6. Menjaga perasaan pelanggan agar tetap tenang, nyaman dan tetap berusaha memberikan kepercayaan.
  7. Menahan emosi jika ada pelanggan yang berperilaku aneh.
  8. Bertanggung jawab atas semua layanan yang diberikan ke pelanggan yang memang menjadi kewenangannya.

Agar pelanggan merasa puas, perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan dengan cara melayaninya, pada sikap, tata krama, situasi, dan perilaku, terkadang pelanggan datang dari beragam tempat dan berbagai karakter. Tidak perlu menampakkan wajah kusut, cemberut, memelas atau sedih di depan pelanggan, cobalah untuk berpikir positif dan tersenyum.

Jangan sampai pelanggan menunggu lama, itu bisa menyebabkan kekecewaan dan kehilangan rasa percaya terhadap produk yang kita miliki. Seperti cara kerja call centre, dengan begitu padatnya telepon meminta bantuan sehingga banyak yang terjadi call abandone. Dalam situasi tersebut, kita harus mampu melayani secara cepat dan tepat.

Kesimpulan

Pelayanan terbaik yang menentukan keberhasilan penjualan, itulah yang menjadi ujung tombak perusahaan dalam menjual produknya. Siapa yang bisa memberikan pelayanan? secara pribadi, adalah seluruh karyawannya.

Namun sesuai jobdesk yang tersedia berhubungan langsung dengan pelanggan seperti customer service, kasir atau teller, hubungan masyarakat, public relation dan masih banyak lagi. Jobdesk tersebut harus mampu memberikan pelayanan dan diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Seperti training produk konwledge, ini sangat penting ketika ada yang baru dari produk penjualan. Lalu refreshment seperti ada acara tersendiri, jalan-jalan atau gathering, yang bisa menjernihkan pemikiran sejenak.

Tanpa ada pelayanan, penjualan tidak bisa mencapai hasilnya. Namun penjualan yang berhasil dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, itu karena adanya pelayanan terbaik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Call Centre
Peran Penting Pelayanan Prima Bagi Perusahaan
Customer Service Harus Memahami 10 Hal Ini

Bray
Bray Catatansibray.com adalah sebuah situs web berbasis blog sharing dari pengalaman penulis membahas ilmu komunikasi.

No comments for "Pelayanan Terbaik Yang Menentukan Keberhasilan Penjualan"

Berlangganan via Email