Peran Penting Pelayanan Prima Bagi Perusahaan

Peran Penting Pelayanan Prima Bagi Perusahaan
Perlu Pelayanan Prima?
Semakin tinggi penjualan dari usaha, semakin bertambah keuntungan laba yang diperoleh, namun hal itu tidak berlaku dengan membesarkan pangsa pasar karena target dari perusahaan tidak mencari laba, akan tetapi untuk mencari jumlah konsumen yang baru sebanyak mungkin.

Pada akhirnya tingkat penjualan akan terus berkembang bergerak dengan inovasi yang baru, merimbas pada peningkatan kesejahteraan seluruh pihak-pihak yang terlibat seperti pemilik, manajemen dan karyawan, baik berupa kenaikan gaji, upah, pemberian bonus, insentif atau kesejahteraan lainnya.

Sebagian keuntungan yang diperoleh untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, juga memperluas atau memperbesar aset dan kegiatan perusahaan melalui investasi baru. Oleh sebab itu melayani konsumen atau pelanggan harus ditingkatkan lagi perhatiannya secara khusus agar mendapatkan keuntungan. Memang setiap pelanggan sangat ingin dilayani dengan sepenuh hati oleh karyawan, sehingga seluruh keinginan dan kepuasannya terpenuhi.

Tugas utama seluruh karyawan adalah memberikan pelayanan terbaik secara maksimal kepada seluruh pelanggannya. Pelayanan ini yang disebut pelayanan prima atau service excellent. Melayani pelanggan sesuai keinginan dan kebutuhannya sampai merasa puas, akan mendapatkan keuntungan yang baik untuk perusahaan.


Keuntungan Bagi Perusahaan

Bertambah produk yang dibeli pelanggan

Biasanya pelanggan akan membeli satu atau dua produk yang akan dibelinya, bahkan bisa lebih dari itu, jika pelayanan yang diberikan sangat memuaskan. Dari waktu ke waktu, produk yang dibelinya akan terus bertambah dan menjadi berlangganan.

Mempertahankan pelanggan yang sudah ada

Melayani sesuai keinginan dan kebutuhannya, pelanggan tidak akan lari dari produk atau perusahaan lain dan tetap menjadi pelanggan yang setia terhadap produk kita. Pelanggan tersebut akan semakin loyal menggunakan produk perusahaan, bahkan terus bertambah pembeliannya.

Bertambah pelanggan baru

Dengan memberikan pelayanan yang prima untuk pelanggan yang lama, akan memberikan koneksi baru seperti pelanggan yang belum pernah menggunakannya. Koneksi ini dengan cara menceritakan tentang kebaikan dan kelebihan produk perusahaan ke calon pelanggan.

Biasanya pelanggan baru lebih percaya dengan orang yang sudah berpengalaman menggunakan promosi produknya. Sehingga dari promosi tersebut, pelanggan baru akan mencari tahu tentang produk perusahaan. Lalu sebaliknya, jika pelayanan tidak prima atau bad service, tentu berdampak negatif bagi perusahaan.

Setiap perusahaan mempunyai cara pelayanannya masing-masing, seperti mempertahankan pelanggannya lalu dapat menarik pelanggan baru. Jadi melalui pelayanan yang maksimal, akan mendapatkan koneksi yang bagus dari mulut ke mulut.

Namun kenyataannya mempertahankan pelanggan lama tidak semudah dengan mencari pelanggan baru. Ini yang harus diperhatikan oleh manajemen perusahaan, bagaimana mengatur strategi pemasaran untuk memenuhi keinginan pelanggannya.

Dengan meningkatkan kinerja pelayanan terhadap pelanggan, perlu diterapkan kemampuan excellent service. Banyak orang mudah berkata pelayanan terbaik, namun tidak mengerti secara praktek dan teorinya. Tujuannya hanya satu, buatlah pelanggan merasa puas. lakukan secara maksimal untuk memberikan keinginan dan kebutuhannya sebaik mungkin.

Namun harus diingat juga, pelanggan memang sebagai acuannya, melayaninya harus sesuai dengan standart pelayanan yang sudah ditetapkan perusahaan. Standart pelayanan diartikan sebagai tolak ukur atau patokan untuk menentukan penilaian dari kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Jika pelanggan menilainya dengan puas sesuai harapannya, berarti kita sudah menerapkan kemampuan pelayanan prima.

Apa Tujuan Dari Pelayanan Prima?

1. Memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap pelanggan yang lama maupun yang baru.

2. Membuat pelanggan dapat mengambil keputusan untuk memilih produk yang akan dibelinya.

3. Pelanggan menjadi percaya terhadap produk yang ditawarkan dan puas dengan promosi yang kita jelaskan secara baik.

4. Pelanggan merasa diperhatikan karena adanya simpati dan empati dari pelayanan yang kita berikan.

5. Dapat mempertahankan loyalitas pelanggan untuk membeli produk, dalam arti pelanggan tersebut suka dengan produk dan pelayanannya.

Dari tujuan pelayanan prima harus mempunyai pengetahuan untuk melayani, seperti dengan kemampuannya atau keterampilannya yang dimiliki karyawan tersebut. Pekerjaan seperti dasarnya customer service harus bisa memperhatikan pelanggan apa yang diperlukannya.

Rasa perhatian ini adalah kemampuan mencermati keinginan pelanggan, terkadang ada yang merasa bingung dengan produk kita, bertanya tentang produknya, dan menanyakan bagaimana cara menggunakannya.

Memahami keinginan pelanggan merupakan salah satu konsep perhatian kita terhadap pelanggan dengan cara ramah tamah, tepat mengambil kesimpulan dan cepat menangani keluhan dan kebutuhan. Mengambil kesimpulan juga merupakan konsep tindakan yang harus kita ambil.

Jadi untuk menangani customer yang sedang terkendala, kita harus mencermati dengan cara menanyakannya. Memberikan pertanyaan secara logis, membuat kita akan tahu jawaban selanjutnya, lalu kamu harus bertindak cepat untuk memberikan solusi yang tepat.

Jika pelanggan mengeluhkan kendala yang perlu di eskalasi dan memerlukan waktu di proses, kamu harus tahu tindakan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Menghadapi hal seperti ini harus cermat, cepat, dan tepat. Seperti cara kerja customer service email yang membutuhkan eskalasi ke pihak terkait.

Melakukan komunikasi yang baik dan lancar, menguasai produk knowledge dari perusahaan, tetap mematuhi SOP dasar menangani pelanggan, lalu bisa mengetahui informasi apa saja yang boleh dijelaskan kepada customer dan hal yang tidak boleh diinformasikan seperti data pribadi. Lebih pentingnya bisa memotivasikan dirinya sendiri agar senantiasa melayani pelanggan dan tidak bercampur dengan urusan pribadinya sendiri.

Dalam Pelayanan Prima Harus Diperhatikan Karakteristik Kualitasnya

Penampilan

Pastinya harus rapih, menarik, dan cantik atau ganteng, biasanya ini untuk pekerjaan yang langsung berhadapan dengan pelanggan atau bertatap muka. Contohnya frontliner, resepsionis, teller dan juga memiliki tubuh yang porposional agar terlihat menarik dimata pelanggan.

Sopan dan Ramah

Sikap ini yang harus diperlihatkan kepada pelanggan membuktikan citra dari perusahaan. Tidak egois, harus sabar, dan sikap sopan santun karena pelanggan menggunakan produk kita jadi keperluan dan kebutuhannya harus terpenuhi dengan baik.

Kemampuan

Setiap melayani pelanggan harus punya kemampuan keahlian dan pengetahuan dalam bidang tertentu. Keahlian cara melayani pelanggan dengan baik, tahu cara mengatasinya, kemudian punya pengetahuan tentang produk perusahaan atau menguasai product knowledge.

Oleh karena itu perlu adaya pelatihan khusus untuk mengembangkan kemampuan ini. Jangan lupa kemampuan percakapan bahasa Inggris call centre harus terus dikembangkan apabila menerima keluhan dari pelanggan luar negeri.

Waktu Yang Dijanjikan

Jangan pernah suka memberikan janji kepada pelanggan jika kamu belum tahu cara penyelesaiannya. Contoh ada hard complaint pelanggan yang perlu di eskalasi beberapa waktu, lalu kamu mengatakan bahwa akan diselesaikan hari ini juga.

Lalu pelanggan itu datang lagi dan menagih janjinya, kamu tidak tahu casenya sudah diselesaikan tim terkait atau belum. Ini akan mengakibatkan keterburukan pelayanan kita. Pelanggan membutuhkan kepastian dari jawaban kamu, "bisa atau tidak."

Kejujuran dan Kepercayaan

Jika cara bicara kamu gugup atau kaku, merasa tegang menghadapinya, pelanggan tidak akan percaya akan jawabannya. Justru pelanggan akan mendorong kamu dengan cara bicara yang lantah supaya bisa memastikan jawaban kamu tepat. Bersikap jujur dan mengikuti prosedur yang ada, kamu akan berbicara dengan tenang dan tepat, jadi pelanggan akan percaya bahwa kamu bisa menyelesaikannya.

Tidak Membedakan Status Sosial

Artinya dalam pelayanan tidak memilih-milih pelanggan mana yang harus dilayani. Jangan membedakan ras, suku, agama, politik atau sebagainya, semua sama tetap harus melayani dengan baik dan bersikap profesional. Dalam menjalankan tugas pekerjaannya, untuk mencerminkan perusahaan yang baik, siapa saja atau dengan siapa kamu layani, harus ikuti prosedurnya.

Kesimpulan

Apakah diperlukan pelayanan prima? Sangatlah perlu bagi perusahaan. Perlu diketahui bahwa pelayanan yang terbaik merupakan salah satu prestasi kerja atau kinerja karyawan dalam kemampuannya memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Kinerja karyawan juga diukur dari kemampuan meningkatkan kepuasan pelanggan yang mempengaruhi penjualan produk dan laba perusahaan. Walaupun banyak perusahaan yang menjual produk atau jasa yang sama, maka pelayanan prima sangat penting dan paling dibutuhkan perusahaan tersebut.

Banyak persaingan dalam produk bisnis, namun tujuan tetap pada pelanggan atau konsumen yang memerlukan informasi. Bagaimana cara memberikan informasinya, tentu dengan menggunakan pelayanan prima. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
Cara Kerja Customer Service Email dan Contohnya
Pelayanan Terbaik Yang Menentukan Keberhasilan Penjualan
Customer Service Harus Memahami 10 Hal Ini

Bray
Bray Catatansibray.com adalah sebuah situs web berbasis blog sharing dari pengalaman penulis membahas ilmu komunikasi.

No comments for "Peran Penting Pelayanan Prima Bagi Perusahaan"

Berlangganan via Email