Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Media Sampai ke Online Fungsi Dan Keuntungannya

Perkembangan Media Sampai ke Online Fungsi Dan Keuntungannya
Apa Itu Media ?
Mendengar kata media, dibenak kita pasti langsung menjawab media sosial. Memang jejaring sosial sedang merajai dunia internet, seperti facebook, twitter, instagram, dan masih banyak lagi. Bukan berarti media sosial itu untuk tempat curhat saja, bisa untuk berbisnis atau berjualan, share berita informasi dan juga membuat orang mengenal kita.

Lebih tepatnya media itu membawa pesan-pesan dari sumber untuk disampaikan kepada penerima. Bisa melalui jejaring sosial atau saling berbicara. Banyak orang menggunakan media untuk pembelajaran, kenapa? karena semua aspek yang mempengaruhi orang itu untuk merangsang pikirannya, lalu ke perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar.

Contohnya jika kita ingin mencari informasi pastinya buka internet lalu searching di google. Dimana media cetak seperti koran atau surat kabar, majalah, buku, apakah masih ada yang minat untuk membacanya? Ada lagi audio visual seperti radio, apakah masih ada yang punya radio? Seiring perkembangan teknologi dari jaman ke jaman, akan memudahkan manusia lebih cepat mendapatkan informasi.


Apa Saja Fungsi Media?

1. Lebih tepatnya sebagai sarana informasi.
2. Sebagai sumber pembelajaran.
3. Mengapresiasikan pendapat, ide dan gagasan untuk khalayak.
4. Menyampaikan pesan-pesan tertentu.
5. Mencari sumber informasi.
6. Memberikan hiburan.

Tujuannya tetap memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan wawasan dan kecerdasan. Lalu apa dampak negatifnya ? Banyak! Tidak jauh dari kata HOAX atau informasi palsu. Memang mudah untuk menyampaikan pesan di media sosial, namun apakah berita itu benar-benar terjadi? Ada konten negatif yang mengandung ujaran kebencian, SARA, serta radikalisme dan semacamnya, namun si pembuat konten tersebut dengan pintarnya mengolah kata-kata yang dapat membujuk atau mengajak si pembacanya.

Ini yang sering terjadi di negara kita sendiri, yang mengakibatkan kehancuran. Tahun 2016 kominfo sudah memblokir konten negatif sebesar 773.339 dari laporan database. Oleh karena itu jika kamu mendapatkan informasi hoax segera melaporan kominfo melalui emailnya di aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Cara mengatasi berita hoax adalah mencari berita yang serupa dari media resmi. Periksa sumber situsnya lalu amati jenis berita. Lihat keaslian foto atau video. Cek situs halaman blog domainnya, apakah berita resmi atau tidak. Kalian juga bisa gabung komunitasnya di facebook seperti Group Indonesia Hoax Buster dan Fanpage Indonesia Hoaxes. Klarifikasi dahulu sebelum menyebarkan informasinya kembali.

Media Massa Yang Saat Ini Populer?

Media Sosial

Jelas jejaring sosial yang pertama, karena penggunaan internet saat ini sudah banyak. Berawal dari mobile, penggunaan telepon seluler atau HP yang teknologinya semakin cepat mengakses informasi. Dari penerbit surat kabar atau koran seperti detik.com, kompas.co, beritanet.com dan lain sebagainya sudah mengalihkan informasinya melalui jejaring sosial.

Lalu membuat aplikasi tersendiri yang tersedia di playstore. Ini memudahkan para pembacanya untuk menerima informasi dari internet dan membacanya di handphone. Ada lagi yang suka menulis novel atau artikel, tidak lagi ditulis dibuku, lebih dominan ke blog lalu di share ke media sosial. Tapi masih ada yang menulis novel lalu menerbitkan bukunya di toko gramedia. Dan lebih banyak mereka yang menulis ke blog web untuk mendapatkan iklan promosinya.

Media Elektronik

Kita membahas radio. Jaman sekarang apa masih ada radio di rumah kalian? Dulu suka banget dengerin musik di radio dan sekarang musik bisa dijangkau internet atau download spotify dan joox. Ini memang berbayar karena banyak konten musik yang mengandung copyright. Jaman dulu radio sebagai sumber informasi dan hiburan, banyak bincang-bincang, kirim salam, ngobrol langsung penyiar, dan request lagu, dan banyak lagi. Lalu radio sekarang kemana? karena ada nya internet, beralih ke website seperti radioonline.co.id dan onlineradiobox.com.

Lalu ada televisi. Ini kalau kita sedang di rumah pastinya nonton TV. Cari berita, film, atau hiburan lainnya bisa kita dengar dan melihat gambarnya langsung. Lalu kenapa stasiun tv beralih ke youtube? Banyak orang memprediksikan untuk mendapatkan keuntungan dari iklan youtube juga. Memang youtube sangat populer sekali dan banyak menghasilkan pendapatan. Disini kita mengambil sikap positifnya saja, jika kita sedang sibuk tidak di rumah atau tidak ada tv. Kita masih bisa streaming di youtube atau di website situs resminya stasiun televisi tersebut.

Apa Keuntungannya Melalui Internet Online?

Mendapatkan Penghasilan

Memang saat ini jamannya internet mobile, mudah mendapatkan informasi dengan cepat. Sekalinya searching di google langsung muncul jawabannya. Buka situs websitenya, eh muncul pop up iklan, dapat uang deh. Mau streaming nonton film lama, pas dibuka berat banget, ternyata tampilannya banyak iklan, dapat lagi uang.

Membuat artiketl di blogger atau wordpress, sudah banyak pembacanya, langsung daftar google adsense. Bisa juga cari afiliasi untuk bekerjasama dan saling menguntungkan, promosikan situs webnya di blog kita, bisa dapat penghasilan tambahan lagi.

Bikin video di youtube juga sama, taulah konten yang tadinya hanya biasa saja lama-kelamaan jadi luar biasa, terus jadi artis, sudah tahukan siapa orangnya. Tapi kenapa ada beberapa artis yang juga masih eksis di youtube? kan sudah ada penghasilannya dengan main film atau isi acara program tv. Positive thinking ya bray.

Jadi Terkenal

Mungkin ini kali ya artis pindah ke youtube sudah terkenal ingin terkenal lagi, dengan konten kesehariannya, lalu ada media tv gosip meminta videonya untuk dijadikan acaranya. Kita ambil sumber positifnya saja, informasi yang bermanfaat untuk kita.

Ada lagi melalui jejaring sosial, dengan postingan-postingan lucu yang kekinian lalu di follow, terus postingannya di share lagi ke temennya, jadi terkenal deh.

Nah, kalau website blog bagaimana? Jika blog kita ingin dikenal banyak pembaca, share di media sosial. Siapa tahu ada yang klik situsnya dan dibaca orang. Atau kamu bisa buat profilenya sendiri dengan mencantumkan nama website atau blog kamu. Jika website yang besar, biasanya menggunakan promosi yang otomatis di internet akan muncul. Seperti menggunakan google ads.

Bisa Berjualan

Banyak banget toko online di website ataupun fitur aplikasi yang didownload, jadinya bingung pilih yang mana. Toko online yang besar seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, dan masih banyak lagi. Bisa pembelian melalui websitenya langsung, atau order di aplikasinya. Lalu bagaimana nasib website toko online yang kecil? Masih banyak cara untuk berjualan.

Jika kamu sudah sering share produk tapi masih tidak dapat calon pelanggan, kan bisa kerjasama dengan toko online yang besar. Kamu tinggal buka websitenya dan daftar sebagai seller atau penjual. Jadi kamu hanya pikirkan cara promosinya. Bisa juga meningkatkan kunjungan pembeli di website kamu, dengan cara bertukar link dengan link lainnya, ini yang disebut afiliasi.

Kesimpulan

Perkembangan media saat ini sudah semakin maju, yang darinya koran sampai media online. Dari layar lebar sampai layar kaca, seperti netflix, iflix dan lain-lain. Dengerin musik juga jadi mudah, bisa download aplikasi atau streaming youtube. Mau cari temen, bisa dari sosial media. Semua serba online yang membutuhkan akses internet dan kuota data, karena keseharian kita selalu memegang handphone.

Jadi untuk kamu yang suka cari-cari informasi melalui media, carilah yang bermanfaat dari sumber terpercaya. Untuk kamu pencipta konten website, buatlah ide yang menarik dan berguna untuk semua orang. Buat kamu yang berjualan online, gunakan media sosial sebaik mungkin, jangan mengecewakan pembeli, jika ingin laku, buatlah layananmu menjadi terpercaya. Sekian artikel perkembangan media sampai ke online versi catatansibray.com. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

🔖Baca Juga :
5 Media Sosial Untuk Share Konten Blog
Begini Cara Membuat Konten Di Instagram Fitur Bermerek
Kamu Harus Tahu Perbedaan Jejaring Sosial Dan Media Sosial

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Posting Komentar untuk "Perkembangan Media Sampai ke Online Fungsi Dan Keuntungannya"

Ikutin Artikelnya Bray, Gratis!