Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Customer Service Harus Memahami 10 Hal Ini

Customer Service Harus Memahami 10 Hal Ini
Catatansibray.com - Lingkungan kerja yang nyaman memang sangat dibutuhkan para karyawan untuk menjadi fasilitas utama di kantor. Sebelum kamu bekerja di perusahaan yang diinginkan, pastinya yang akan kamu lihat dahulu adalah company profile. Mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut dari sejarahnya, bergerak dibidang apa, membaca visi dan misi serta tujuan masa depannya akan seperti apa.

Hal ini sangat perlu diketahui bagi karyawan agar pekerjaan dan tujuan perusahaan dapat saling tercapai kesuksesan. Dalam bidang pelayanan pelanggan jika ingin memberikan kepuasan kepada pelanggannya, sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan kerjanya, salah satunya adalah mengenal diri sendiri. "Saya ini siapa?"

Mengenal diri sendiri sangat penting untuk memahami kekurangan atau kelemahan yang dimiliki agar dapat menyesuaikan diri dan memperbaiki dalam melayani pelanggan. Ingat sebelum kamu melamar pekerjaan, pastinya ada tes untuk dapat diterima perusahaan tersebut.

Manajemen juga akan memberikan posisi yang sesuai dengan keahlian kamu, bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik karena pelayanan terbaik yang menentukan keberhasilan penjualan. Sebagai customer service harus memahami hal ini.


Tujuan Bekerja

Memang benar tujuan kita bekerja adalah mendapatkan uang atau gaji. Namun apakah tujuan kamu bekerja hanya gaji saja? Kamu juga harus bisa mencapai karier yang bagus, jangan hanya posisi itu saja. Orang bekerja pastinya juga punya tujuan tertentu.

Tujuan itu harus dapat dicapai dengan menjalankan tugasnya secara sungguh-sungguh, sehingga memiliki kinerja yang bagus. Di dalam bidang customer service seperti cara kerja call center, ada penilaian KPI bagi para agentnya. Performa kinerja kamu akan dinilai setiap bulannya atau pertahun.

Rasa Memiliki

Anggaplah tempat kerja tersebut adalah perusahaan kamu, sehingga kamu dapat memajukan perusahaan dengan kinerja yang baik. Sama seperti kamu mencintai pelangganmu, mereka juga membutuhkan produk perusahaan dan perusahaan itu adalah milik kamu.

Rasa memiliki dengan apa yang kita punya, akan menjadi semangat untuk bekerja. Jangan seperti orang yang tidak merasa memiliki, pastinya dalam bekerja lebih banyak bersikap masa bodoh terhadap apa yang dilakukannya.

Kejujuran

Faktor utama dalam bekerja, terutama pada bidang pelayanan pelanggan sangat dibutuhkan kejujuran yang tinggi. Baik kejujuran dalam berkata, bertindak, atau berbuat jika tidak demikian, bisa merugikan pelanggan dan nama baik perusahaan.

Karyawan yang jujur dapat memberikan pelayanan yang baik, karena dia memahami resiko yang dihadapinya. Apabila karyawan yang tidak jujur, akan mendapatkan sanksi atau penilaian buruk dari atasannya. Kalau kamu tahu itu adalah perbuatan yang salah, jangan pernah mencoba untuk melakukannya.

Kedisplinan Bekerja

Kamu tahu jika perusahaan sangat menyukai karyawan yang disiplin? Oleh karena itu, taati aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam bekerja. Contoh yang tidak disiplin ini seperti, telat masuk kerja. Jadwal kamu online jam 6, lalu kamu datang jam setengah 7.

Lalu tidak ada persiapan, langsung handle customer. Ini dapat menggangu kamu pada saat melayani pelanggan, perasaan belum tenang, capek karena terburu-buru, dan ketinggalan info update di hari itu juga.

Selanjutnya tugas-tugas yang diberikan harus sesuai dengan waktunya, sehingga tidak ada tugas yang terlantar atau di pending besok. Kedisplinan sangat dibutuhkan dalam bidang pelayanan pelanggan, karena jika ada yang sering terlambat atau jarang masuk, akan sangat mengganggu pelayanan yang diberikan.

Tanggung Jawab Pekerjaan

Semua karyawan dalam bertugas pastinya memiliki tanggung jawab masing-masing, sama halnya dengan bidang pelayanan, tanggung jawabnya adalah memberikan solusi kepada pelanggan. Jangan meninggalkan kerjaan yang seharusnya itu punya kamu.

Contohnya cara kerja customer service email ada case hard complaint kamu menjanjikan pada customer akan diproses sekarang juga, tapi setelah itu kamu tidak melakukannya. Lalu customer tersebut konfirmasi kembali untuk menagih janjinya yang katanya akan diproses, kamu akan menjawab apa? Tanggung jawab kepada customer harus dilakukan sepenuh hati, sehingga tidak ada case atau laporan yang terlantar.

Keseriusan

Maksudnya adalah sungguh-sungguh bekerja melayani pelanggan. Contoh jika kamu tidak serius melayani adalah bercanda atau main-main. Ini dapat mengakibatkan gagal fokus, kamu jawab apa kendalanya apa, jadi solusinya tidak nyambung dan customer akan menilai bad service.

Sama seperti tidak memperdulikan pelanggan, jika hal ini terjadi dan agent tidak sungguh-sungguh melayani dapat merugikan perusahaan secara keseluruhan.

Pengalaman dan Keahlian

Jika kamu punya pengalaman dalam melayani pelanggan, pastinya sudah memiliki pengetahuan bagaimana cara menangani keluhannya. Sangat bagus punya pengalaman ini minimal selama 1 tahun, kalau kurang dari itu pengalamannya belum bisa memiliki keahlian.

Maksud dari keahlian ini adalah bisa menggunakan peralatannya seperti komputer atau laptop, aplikasi yang dipakainya, dan kecepatan cara kerjanya. Bekerja dibidang pelayanan pelanggan harus memiliki pengalaman dan keahlian agar setiap laporan masalah yang diterima dapat diselesaikan dengan baik dan membuat customer merasa puas atas layanan yang diberikan.

Motivasi Kerja

Hal ini dapat mendorong karyawan atau agent untuk bekerja melayani pelanggan dangan baik. Motivasi dari diri sendiri seperti punya komitmen awal kamu ingin bekerja. Ingat alasan kamu apakah punya minat pada pekerjaan tersebut atau ada target yang ingin dicapai di masa depan.

Lalu dorongan motivasi dari perusahaan memberikan bonus atau insentif agar lebih giat lagi untuk bekerja. Siapa yang tidak mau jika diberikan lagi jenjang karier atau penghargaan, ini bisa bertambah semangat. Jadi dengan dorongan seperti ini dapat menjadi motivasi kepada karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Loyalitas

Kesetiaan kamu pada perusahaan, seperti menjalankan tugas yang diberikan, tidak melanggar apa yang telah dijanjikan bersama dalam bekerja dan menjaga kerahasiaan perusahaan. Kesetiaan ini sangatlah penting untuk diterapkan, karena berguna untuk meningkatkan pelayanan.

Hal ini juga dapat menimbulkan rasa memiliki perusahaan, sehingga karyawan lebih mementingkan kepentingan perusahaan dibandingkan kepentingan pribadi. Loyalitas dalam pelayanan ini harus bisa menjaga informasi rahasia perusahaan yang tidak boleh disebar luaskan.

Kekuatan dan Kelemahan

Setiap karyawan pastinya ada kekuatan dan kelamahan, begitu juga dengan bidang pekerjaannya masing-masing. Kekuatan ini dapat diukur dalam hal kemampuan, keahlian, komunikasi, komitmen dan loyalitas terhadap perusahaan. Jika kemampuan kamu sudah baik dalam bidang tertentu, tingkatkan kembali atau mencoba hal baru.

Namun sebaliknya, jika kekuatan kamu memiliki kelemahan seperti percakapan bahasa Inggris harus segera menutupinya. Dengan begitu karyawan atau agent dapat menyesuaikan kekuatan dan kelemahannya dengan apa yang diinginkan perusahaan.

Penutup

Perlu diketahui bahwa bidang pelayanan pelanggan ini bermacam-macam, ada yang melalui telepon seperti call centre, membalas email ke pelanggan, pengaduan dari live chat, laporan sosial media, ada juga yang langsung berhadapan dengan customer yaitu frontliner atau teller dan masih banyak lagi. Baca juga artikel mengenai jenis-jenis karyawan khusus pelayanan.

Perusahaan mengharapkan karyawan yang mampu memberikan pelayanannya dengan baik. Oleh karena itu sebagai customer service harus memahami 10 hal ini agar mengenal diri sendiri kemudian menyesuaikan dengan bidang pekerjaannya, apa yang harusnya dilakukan dan mana yang tidak seharusnya dilakukan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Customer Service Harus Memahami 10 Hal Ini"

Berlangganan Gratis !