Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Harus Tahu Perbedaan Jejaring Sosial Dan Media Sosial

Kamu Harus Tahu Perbedaan Jejaring Sosial Dan Media Sosial
Media di era digital.
Berkembang pesat dengan memudahkan penggunanya untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam perkembangannya ini informasi yang kita terima dapat melalui website dan aplikasi sehingga mudah untuk mencari beritanya.

Kemudian dalam menyebarkan informasi tersebut sangat cepat diterima melalui jejaring sosial. Ini yang dinamakan perkembangan media sampai ke online mulai dari fungsi fitur dan keuntungan fasilitas bagi penggunanya.

Sumber informasi dari media bermacam karakteristiknya, ada feedback dari pembaca, forum yang diperbincangkan dan keterhubungan dari sumber penulis dangan pembaca. Lalu sumber informasi ini bisa kita terima dari media sosial dan jejaring sosial. Dari kedua ini ada perbedaan antara media sosial dan jejaring sosial.


Jejaring Sosial

Kategori situs jejaring sosial seperti website facebook, twitter, instagram, linkedin, dan sebagainya. Namun lebih dominannya kita lebih sering mengatakan media sosial, karena situs tersebut sudah menjadi aplikasi di ponsel. Dari kata "jejaring" saja dalam pandangan kita adalah hubungan sosial atau ikatan.

Ikatan seperti keluarga, saudara, dan pertemanan. Bisa menemukan profile seseorang, bertemu dengan teman lama dan bertemu teman baru. Berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Jangkauan sosial ini tidak ada batasnya, seiring berjalannya waktu kita akan menemukan jaringan yang baru.

Dampak negatif pada situs jejaring sosial sering terjadi dan sudah banyak disalahgunakan, seperti adanya penipuan menggunakan akun yang tidak real atau palsu. Memang mudah mendaftarkan akun jejaring sosial dengan menggunakan alamat gmail kita. Namun profile sebagai identitas dan foto penggunannya.

Situs jejaring sosial diartikan bahasa Inggris menjadi social network sites mempercepat pertumbuhan teknoginya untuk sebuah bisnis. Seperti situs facebook dengan CEO bernama Mark Zumberg didirikan pada tahun 2004 meningkat pesat jumlah daftar akun aktif pada tahun 2017 mencapai angka 2 miliar, sampai saat ini masih ada pengguna aktifnya.

Lalu ada aplikasi instagram didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Kemudian di tahun 2012 facebook mengambil alih aplikasi ini. Semakin bekembangnya teknologi, platform media sosial ini terus berkembang dengan perubahan fitur yang terbaik memudahkan pemakaiannya.

Manfaat Jejaring Sosial

1. Mudah berinteraksi

Walaupun jaraknya jauh masih dapat berkomunikasi dengan orang lain. Interaksi ini dapat berupa koment posting, mengirim pesan di halaman profilenya, dan chat langsung. Lalu ada fitur yang bisa langsung telepon dan video call. Jadi tidak memandang jaraknya yang jauh karena adanya jejaring sosial.

2. Bertemu dengan teman lama dan baru

Namanya juga jaringan, dari si A mengenal si B, dan kamu mengenal si B yang ternyata teman masa kecil kamu, begitulah seterusnya. Bergabung dalam komunitas atau grup sehingga kita mendapatkan teman baru. Jaringan sosial tidak ada batasnya untuk berkenalan dengan orang baru, karena setiap harinya akan ada akun baru yang daftar pada aplikasi tersebut.

3. Dapat melakukan promosi

Bisa untuk berjualan atau memperkenalkan komunitas dengan cara share atau membagikan. Sebuah komunitas bertujuan menambahkan anggotanya untuk bergabung. Lalu dengan cara berjualan bisa dilakukan dengan cara posting di akun pribadi atau mendaftarkan iklan. Mendaftarkan iklan ini juga dengan cara berbayar, tergantung dari ketentuan masing-masing dari penyedia layanan aplikasi.

4. Hiburan

Dengan membaca postingan dan melihat konten yang menarik. Senang bergaul di media sosial karena banyak pilihan fitur yang unik. Mengirimkan gambar, emoticon, video lucu, dan saling mengirimkan kartu ucapan.

5. Peluang bagi perusahaan

Sebuah perusahaan memanfaatkan jejaring sosial media ini untuk mengembangkan bisnis penjualannya dan meningkatkan citra mereka. Dengan produknya ini bisa dijadikan iklan yang sering muncul pada aplikasi media sosial. Lalu dengan jejaring sosial ini dapat sebagai alat membangun dan mempertahankan hubungannya dengan pelanggan. Sehingga

Media Sosial

Kategori situs media sosial seperti blog, jejaring sosial, forum internet dan dunia virtual. Dunia virtual ini berupa tiga dimensi contohnya game online yang ada di komputer atau di ponsel. Pengertian media yang berarti membawa pesan dari sumber untuk disampaikan kepada penerima. Kemudian pemahaman sosial adalah interaksi media massa yang masuk ke dalam jaringan populasi kehidupan manusia.

Dengan kata lain media sosial ini interaksi ke berbagai jaringan melalui internet dalam waktu cepat dan tak terbatas. Perkembangan media sosial ini tumbuh sangat cepat karena kita hidup di era digital dan setiap orang memiliki medianya masing-masing.

Media sosial dalam arti bahasa Inggris social media. Akses dari media sosial ini memudahkan penggunanya dengan menyebarkan informasi bisa berupa tulisan, gambar ataupun video tergantung model konten yang dipilih. Seperti situs berita yang dapat kita share langsung ke jejaring sosial.

Contoh situs yang dapat kita ambil adalah kompas. Sejak tahun 1969, informasi kompas ini melalui surat kabar media cetak berupa koran. Kemudian tahun 2011 berkembang di dunia digital yang dapat kita akses di situs kompas.com dan kompas mobile.

Kemudian disisi lain media yang dapat berkarya menuangkan ide sendiri ada situs blog yaitu blogger  dan wordpress. Berkarya dengan konten video dan musik, ada youtube.

Dalam pesan informasi yang begitu cepat, kita juga harus perhatikan isi konten tersebut, apakah benar atau palsu. Sumber referensi dari baktikominfo.id 5 cara mengatasi berita hoax di internet.
1. Cek dahulu judul beritanya apakah sensasional atau provokatif.
2. Periksa faktanya dari beberapa situs resmi dan lihat apakah berdasarkan fakta atau opini.
3. Keaslian gambar, bisa cek di kolom pencarian google images.
4. Informasi berita bisa diperhatikan dari alamat situsnya. Apakah situs berita resmi atau tidak.
5. Bergabung dalam komunitas anti hoax, seperi di fanspage facebook.

Kesimpulan

Perbedaan jejaring sosial dan media sosial dapat kita simpulkan bahwa informasi yang terdapat dalam media sosial akan cepat mengirim pesan ke jejaring sosial, sehingga dapat kita terima baik itu berupa tulisan, gambar, atau video. Setiap kegunaannya memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap diri kita masing-masing, namun sebagaimana mestinya kita gunakan ini dengan kepentingan yang baik.

Dalam penyebaran informasi juga dapat kita berikan kritik dan saran langsung dari situsnya atau tautan yang sudah di share ke jejaring sosial. Berhati-hati dalam interaksi jangan sampai salah menyebarkan informasi. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

🔖Baca Juga :
Perkembangan Media Sampai ke Online Fungsi Dan Keuntungannya
5 Media Sosial Untuk Share Konten Blog
Fitur Terbaik Facebook Dalam Bidang Komunikasi

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Kamu Harus Tahu Perbedaan Jejaring Sosial Dan Media Sosial"

Berlangganan via Email