Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Catatansibray.com - Seiring dengan berjalannya waktu banyak program-program televisi yang berkembang dengan berbagai variatif, mulai dari program talkshow, program berita, program kuis, program variety show dan program game show.

Program yang dipilih ini adalah program talk show. Pada hakikatnya talk show adalah sebuah program televisi atau radio dimana seseorang ataupun group berkumpul bersama untuk mendiskusikan berbagai topik dengan suasana santai tapi serius, yang dipandu oleh seorang moderator. Kadang kala, Talkshow menghadirkan tamu berkelompok yang ingin mempelajari berbagai pengalaman hebat.

Di lain hal juga, seorang tamu dihadirkan oleh moderator untuk berbagi pengalaman. Acara talkshow ini biasanya diikuti dengan menerima telepon dari para pendengar atau penonton yang berada di rumah, mobil, ataupun ditempat lain.

Program talkshow yang kita buat ini berkonsep dari wanita, dimana program ini akan diisi oleh host wanita yang akan memandu acara. Dengan mengundang bintang tamunya adalah seorang wanita, dan topik yang akan dibahas adalah seputar wanita terutama dalam segi lifestyle.

Tujuan program acara ini secara umum adalah sebagai pembelajaran bagi masyarakat luas, agar tidak lagi hanya memandang sebuah tayangan sebagai hal yang menghibur saja tapi juga dapat memanfaatkannya sebagai sebuah karya yang mempunyai nilai positif. Dengan adanya tayangan ini, berharap bahwa masyarakat dapat menangkap pesan yang tersirat dalam kisahnya.

Pembuat tayangan ini tidak hanya sebagai penghibur, tapi juga sebagai tayangan yang sarat akan pendidikan dan unsur moral. Dengan banyaknya acara televisi sekarang ini, mereka seolah berpikir bahwa tayangan yang mereka tonton adalah sepenuhnya bernilai positif tanpa berusaha mencoba menyeleksi mana tayangan yang layak di tonton atau tidak di tonton hanya sebagai hiburan semata.


Deskripsi Program

  • Kategori Program : Hiburan, Education dan Informasi
  • Media : Televisi
  • Format Program : Talk Show
  • Judul Program : The Female
  • Durasi Program : 24 menit (144 second)
  • Target Audience : Dewasa (17 keatas)
  • Jenis Kelamin : Perempuan dan Pria
  • Status Ekonomi Sosial : B (Menengah keatas) C (Menengah kebawah)
  • Karakteristik Produksi : Taping, Record dan Multi Camera
  • Jam tayang : 20.00 – 20.30 WIB
  • Alasan : Pada jam – jam tersebut para remaja dan dewasa wanita serta para ibu-ibu berada di rumah untuk mengisi waktu kosongnya setelah seharian penuh berada di luar dengan berbagai rutinitas.
  • Pengisi Acara : Shannaz Haque

Sinopsis

Program The Female diusung dengan konsep yang mengangkat kehidupan para wanita.  Dimulai dari Keseharian, Hobby, Pekerjaan bahkan Life Style para wanita. The Female tayang dari hari Senin hingga Jumat pada pukul 20.00 WIB dengan Shannaz Haque sebagai Host program ini. Setiap Episodenya akan mengundang beberapa bintang tamu yang memberikan informasi maupun motivasi seputar dunia wanita.

Program ini dibagi dalam 4 segment, dimana setiap segmentnya host berbincang-bincang dengan bintang tamu, perbincangannya di sesuaikan dengan tema yang di angkat. Pada segment pertama Host akan membuka program dengan menyapa penonton di studio dan pemirsa di rumah selain itu di segment pertama host juga akan memberitahu tema apa yang diangkat pada hari itu. Kemudian di segment selanjutnya host memanggil bintang tamu secara bergilir serta melakukan bincang-bincang.

Naskah

Segmen 1

Host : Selamat malam pemirsa di rumah bertemu lagi dengan saya Shannaz Haque di acara kesayangan anda yang akan membahas tentang wanita ya itu The Female. Malam ini saya akan mengundang bintang tamu saya seorang penyanyi, juga pemain sinetron, dia juga pernah membintangi film, yuk kita sambut bintang tamu kita, Cinta Laura..!!
Cinta Laura : Hay..
Host : Hay apa kabar cinta, makin cantik aja nih.
Cinta Laura : Kabar baik kok.
Host : Silahkan duduk cinta.
Cinta Laura : Iya terima kasih.
Host : Gimana nih, sekarang cinta lagi sibuk apa?
Cinta Laura : Aku lagi sibuk syuting acara di salah satu stasiun tv, selain itu ga ada lagi sih paling cuma pemotretan untuk majalah aja.
Host : Kabarnya cinta lagi deket yah sama cowok satu kerjaan juga sama kamu di acara itu? Tapi jangan di jawab dulu, nah pemirsa saya akan ngobrol-ngobrol dengan bintang tamu saya setelah yang satu ini jangan kemana-mana tetap di The Female..!!

Segmen 2

Host : Terima kasih pemirsa masih bersama saya Shannaz Haque di The Female, nah sekarang cinta boleh jawab nih pertanyaan yang tadi, emang bener yah cinta lagi deket sama Rafi Ahmad?
Cinta Laura : Pertanyaannya lucu deh, aku mah deket sama siapa aja, sama temen-temen yang lain juga aku deket gak cuma sama rafi aja, semuanya seru-seruan banreng kok.
Host : Tapi kok dari rafinya sendiri dia katanya suka sama kamu deket-deketin cinta terus?
Cinta Laura : Iya itu cuma bercanda aja, bercandaan aku sama mereka emang gitu, mereka main jodoh-jodohan aja biar lucu. Tapi ngga beneran kok.
Host : Seandainya bener juga ngga apa-apa, kamu cocok kok sama rafi.
Cinta Laura : Haha engga lah. Itu bercanda..
Host : Ya sudah kalau begitu, nah saya mau panggil bintang tamu selanjutnya ada 2 wanita cantik seperti saya, sebenarnya kalau saya di bandingin sama mereka saya sama cantiknya kaya mereka, haha bercanda kok. Ini dia bintang tamu saya silahkan masuk, Luna Maya dan Pevita Pearce..!!
Luna Maya : Halo selamat malam.
Host : Selamat malam juga cantik, duh kalian berdua cantik banget yah malam mini.
Pevita Pearce : Makasih, boleh duduk?
Host : Oh iya boleh dong silahkan.
Pevita Pearce : Terima kasih
Host : Aku mau tanya sama kalian berdua, lagi sibuk apa ni kalian berdua, tolong di jawab nih dari siapa dulu yang mau jawab? Mungkin luna dulu mau jawab duluan?
Luna Maya : Iya aku duluan yah jawab, kalo sekarang sih aku masih yah ngisi acara-acara offair, terus juga jadi host di acara music juga, pemotretan untuk majalah juga iya, yaaahh paling setiap hari itu aja sih kesibukan aku hampir setiap harinya.
Host : Kalo gitu lumayan sibuk juga yah luna setiap harinya, bawain acara music setiap hari juga.
Luna Maya : Iyah begitu lah
Host : Kalo Pevita  nih, kesibukan kamu sendiiri apa sekarang?
Pevita Pearce : Aku sih sibuknya ya paling pemotretan buat majalah remaja, terus juga aku lagi coba bisnis kecil-kecilan sama keluarga
Host : Wah lagi bisnis apa nih sama keluarga?
Pevita Pearce : Aku sama keluarga lagi bisnis buat rumah makan, kaya cafe-cafe gitu sih dan sama resto juga, jadi selain tempat buat nongkrong anak-anak remaja juga bias buat keluarga juga.
Host : Wah boleh tuh ya di tiru ide bisnisnya, lain kali aku dating ke restaurant kamu boleh dong yah?
Pevita Pearce : Iya boleh dong.
Host : Siapa tau aja aku bias dapet gratis di teraktir sama kamu ya..
Pevita Pearce : Haha bisa bangkrut duluan dong aku kalo sama pelanggan aku gratisin.
Host : Engga dong kan cuma aku doang ngga bilang-bilang deh sama yang lain.
Pevita Pearce : Haha iya deh
Host : Pemirsa di rumah jangan kemana-mana dulu tetep harus pantengin saya sama tamu-tamu saya yang cantik-cantik ini sama seperti saya, tetap di The Female..!!

Segmen 3

Host : Terima kasih sekali pemirsa masih tetap menoton saya dengan bintang tamu yang luar biasa. Nah sekarang di segmen ini aku mau kasih games buat kalian, ada pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut kalian, dan aku akan kasih kalian dua pilihan, dan kalian harus jawab hanya satu jawaban ngga boleh ngga jawab pertanyaannya, ayok mulai dari siapa yang mau giliran pertama? Ayok siapa? Cinta Laura dulu aja kali yah.. yasudah ayok cinta kita agak sedikit maju kedepan.
Cinta Laura : Oke..
Host : Nah pertanyaan pertama. Rafi atau marcel?
Cinta Laura : Rafi!!
Host : Mama atau papa?
Cinta Laura : Mama..!!
Host : Pendididkan atau pekerjaan?
Cinta Laura : Pendidikan dong..!!
Host : Kehilangan pekerjaan atau kehilangan pacar?
Cinta Laura : Pacar!!
Host : Indonesia atau Jerman?
Cinta Laura : Indonesia
Host : Ya selesai, jawabnya cepat sekali ya, sekarang giliran Luna Maya silahkan kedepan.
Luna Maya : Pertanyaannya jangan yang aneh-aneh ya.
Host : Tenang aja ngga kok, pertanyaan pertama ya, siap jawab?
Luna Maya : Siiiaapp!!
Host : Oke, pertanyaan pertama, ariel atau rafi?
Luna Maya : Tuh kan pertanyaannya ngaco.
Host : Iya pertanyaannya emang kaya gini di suru tim kreatifnya, jadi aku tinggal tanya aja, dan kamu tinggal jawab aja, ini cuma permainan kok ngga beneran yaa..
Luna Maya : Tapi tetep aja ngga enak, yaudah aku pilih rafi aja deh.
Host : Nah gitu dong di jawab, pertanyaan kedua, liburan ke Eropa atau America?
Luna Maya : Eropa pastinya
Host : Pilih miskin atau kaya?
Luna Maya : Kaya
Host : Cantik atau pintar?
Luna Maya : Pintar
Host : Gemuk atau kurus?
Luna Maya : Kurus, kan bisa di gemukin, kalo gemuk susah ngurusinnya.
Host : Oke pertanyaan untuk kamu sudah selesai, sekarang yang terakhir, Pevita Pearce, silahkan saying maju ke depan.
Pevita Pearce : Iyah jangan susah-susah pertanyaannya yah,
Host : Engga kok, ini gampang, oke pertanyaan pertama, pengusaha atau penyanyi?
Pevita Pearce : Pengusaha
Host : Selingkuh atau di selingkuhin
Pevita pearce : Di selingkuhin, karna kalo selingkuhin orang pasti ada rasa bersalahnya.
Host : Oh gitu ya?
Pevita Pearce : Iyah
Host : Oke selanjutnya, pilih balikan sama mantan atau punya pacar baru lagi?
Pevita Pearce : Balikan sama mantan deh hehe
Host : Rambut keritung atau lurus?
Pevita Pearce : Lurus..
Host : Tinggi atau pendek?
Pevita Pearce : Tinggi
Host : Okeee sudah selesai pertanyaan untuk para tamu sayaa,, ternyata jawabannya macem-macem ya, kalo gitu kita lanjutkan lagi tapi setelah yang satu ini jangan kemana-mana pemirsa, tetap di The Female..!!

Segmen 4

Host : Pemirsa masih bersama saya Shannaz Haque, nah pertanyaan terakih nih kalian masing-masing punya harapan apa sih kedepannya?
Luna Maya : Ya semoga kedepannya kehidupan saya tambah baik, ga ada masalah, baik-baik aja kedepannya semua lancar, rejeki karir jodoh semuanya udah di atur sama Allah jadi tinggal kita jalaninnya gimana, yang pasti sih harus baik jalaninnya.
Host : Kalau Pevita Pearce sendiri gimana?
Pevita Pearce : Sama sih aku kuga ya, semoga karir ke depan baik, usaha yang aku jalanin sama keluarga juga lancer pendidikan aku lancar, amiiinn…
Host : Kalau Cinta Laura?
Cinta Laura : Aku sendiri juga sama kaya kak luna, sam pevita, kerjaan aku lancar, aku sehat keluarga aku juga sehat, pendidikan aku lancar, dan cepet lulus dengan hasil yang memuaskan, abiss itu aku juga mau lanjut kuliah, tapi ngambil bidang lain lagi bukan psikologi lagi, ya semoga tercapai semuanya.. amiinn..
Host : Amin, amin, amin, kita doain yang baik-baik supaya semuanya berjalan dengan lancar, dan semua yang di capai juga terwujud yah
Cinta laura : Amiinn amiiinn…!!
Host : Nah pemirsa, sudah ngga berasa kita sudah di akhir acara, terima kasih untuk para bintang tamu yang hadir pada malam hari ini, Luna, Cinta dan Pevita, sampai bertemu lagi, dan jangan lupa pemirsa di rumah saksikan terus The Female acara kesayangan anda tentunya dari hari senin sampai dengan jumat, jam delapan malam sampai dengan setengah sembilan malam tentunya masih bersama saya Shannaz Haque di The Female selamat malam..

Rundown Program

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Contoh Rundown Program

Konsep Tata Artistik - Set, Property, Wardrobe and Make up

Acara Talk show “Female” ini merupakan acara bincang-bincang yang mana mendatangkan bintang tamu yang dapat memotivasi para penonton. Konsep panggung yang dibuat yaitu homey, agar bintang tamu merasakan suasana nyaman dan cozy seperti berbincang-bincang ringan di rumahnya sendiri. Dengan pemilihan warna orange dan warna-warna netral seperti cream akan menimbulkan kesan hangat pada set design panggung talkshow “Female” ini.

Pemilihan warna merah pada tulisan “Female” memiliki kesan berani, dalam arti berani menunjukan diri melalui aksi, prestasi, dan mengeluarkan pendapat. Pada lantai panggung dibuat  dengan tekstur kayu, agar terlihat lebih homey dan sejuk. Memiliki latar background gedung-gedung pencakar langit pada senja dimana background pada panggung tersebut bermaksud memberikan kesan elegan pada stage tersebut dan memberikan info keramaian serta keindahan kota pada malam hari. Property yang digunakan antara lain sofa bantal sofa, meja, karpet dan LED TV.

Selayaknya kebanyakan program talkshow di televisi, program ini menggunakan sofa elegan yang nyaman agar perbincangan antara host dan bintang tamu terasa nyaman, warna yang kami gunakan adalah cream karena background pada set panggung berdominasi warna gelap. Memilih warna merah pada bantal sofa agar memiliki warna yang kontras terhadap sofa tersebut.

Meja yang digunakan berbentuk bulat agar meminimaliskan bentuk sofa yang terlihat sedikit besar, pemilihan warna orange pada meja bertujuan agar terlisat selaras dengan set panggung. Karpet yang digunakan bermotif macan dan berwarna hitam orange agar lebih melengkapi kesan elegan pada stage. Menggunakan LED TV untuk menayangkan bumper program, VT yang sesuai tema dan kebutuhan materi program per episodenya.

Wardrobe yang digunakan host akan disesuaikan dengan tema yang akan di angkat per episodenya, namun tidak lepas dari kesan casual. Karena program ini dipandu oleh seorang host wanita, lebih memilih make up yang soft. Dan make up yang digunakan sudah dipercayakan pada department art khususnya make up artist yang handal.

Breakdown Tata Artistik

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Contoh Breakdown Tata Artistik

Floor Plan

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Contoh Floor Plan

Elevation Plan (Multi Kamera Studio)

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Contoh Multi Kamera

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Studio Tampak Samping dan Keseluruhan

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Studio Tampak Atas dan Depan

Set Design

Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik
Foto Lokasi Studio

Penutup

Desain tata artistik contoh naskah dan floor plan studio, bisa jadikan artikel ini sebagai referensi pembelajaran atau ada tugas tata artistik. Pembuatan dispro ini dengan adanya gambar studio dari hasil sendiri bisa kamu gunakan software 3D Max. Software tersebut sangat basic untuk pelajari desain studio, bumper, ruangan dan sebagainya. Dengan adanya desain produksi maket tata artistik ini apabila disusun dengan baik, program acara akan berjalan dengan sempurna. Semoga bermanfaat menambah ilmu untuk kamu jurusan broadcasting. Terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Naskah Program Talk Show Desain Tata Artistik"

Berlangganan Gratis !