Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Facebook adalah media sosial yang sangat populer dengan banyak fitur bermanfaat untuk digunakan. Salah satunya membangun bisnis penjualan. Berjualan di facebook bisa melalui akun profile pribadi dengan posting gambar lalu berikan deskripsi keterangan produk yang kamu jual. Namun jika posting di akun pribadi, kita tidak bisa melihat jumlah insight promosi. Jadi kamu tidak bisa lihat sudah berapa orang yang menjangkau postingannya dan jumlah interaksinya. 

Disini Bray berbagi ilmu marketing cara promosi berjualan bagi pemula dengan menggunakan facebook. Arti pemula ini maksudnya yang belum menyediakan modal untuk promosi. Kita gunakan cara yang gratis saja namun dapat meningkatkan penjualannya.

Kamu pasti sudah punya akun facebook yang masih aktif, kalau belum punya akun facebook bisa daftarkan dahulu langsung di websitenya. Tidak lama juga untuk mendaftarkannya yang penting ada akun gmail. Masih tidak punya akun gmail? daftar di websitenya gmail.com, proses daftarnya juga mudah dan cepat. Karena memang semua media sosial sangat diharuskan punya akun gmail.

Pemasaran melalui facebook yang akan kita gunakan adalah menu fitur halaman. Jadi di halaman ini bisa kamu tampilkan info produk dan beragam konten terkait bisnis kita. Fitur halaman ini ada di atas kanan, disamping beranda ada menu "buat" klik dan pilih halaman. Kemudian nanti akan muncul pilihan kategori halaman. Kita pilih bisnis atau merek dan memulai.

Buat nama halaman yang menyangkut bisnis kamu. Jika kamu ada brand sendiri, tuliskan saja agar dikenal banyak orang juga atau nama website kamu juga boleh. Pilih kategori bisnisnya, contohnya kamu berjualan makanan, pilih makanan & minuman. Tuliskan alamat kamu berjualan dan nomor telepon, ini memudahkan pelanggan langsung berinteraksi dengan kamu. Lanjutkan!

Upload foto profile dan sampul halaman, jika kamu belum menyediakannya bisa dibuat dengan menggunakan adobe spark atau canva. Buka websitenya dan registrasi dengan akun gmail. Setelah registrasi kamu pilih kategory logo untuk foto profile kamu. Selanjutnya untuk sampul halaman kamu edit foto di kategory facebook cover. Selesai desain langsung kamu upload foto profile dan halaman sampul. 


Melengkapi Halaman Facebook

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Profile Halaman Facebook

1. Buat Nama Pengguna

Sebelumnya kamu sudah membuat nama bisnis kamu, lalu buat nama pengguna dengan tanda @. Bisa gunakan nama bisnis kamu contohnya @jualansijhon, yang terpenting namanya ini terkait dengan produk kamu. Fungsi nama pengguna ini untuk mempermudah orang-orang menemukan halaman kamu. Nantinya nama pengguna ini akan membuat tautan atau link untuk di share. Contoh linknya https://www.facebook.com/jualansijhon/.

2. Edit Info Halaman

Pada saat kamu membuat halaman baru, ada notif berwarna merah di pojok kanan atas dengan keterangan "edit info halaman". Nantimya kamu akan mengisi data-data seperti deskripsi produk bisnis, kategorinya, kontak nomor telepon yang bisa dihubungi, situs website jika kamu punya tuliskan saja, alamat email, lokasi kamu berbisnis, dan atur jam kerjanya agar orang-orang tahu kamu aktif di jam berapa.

3. Tambahkan Tombol

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Tampilhan pilihan tombol
Fitur tombol ini berfungsi jika ada orang yang mengunjungi halaman kamu dan klik tombolnya akan ada respon keterangannya. Keterangannya ini mempermudahkan pengunjung untuk mengenal lebih jauh bisnis kamu contohnya melalui website yang kamu miliki, atau bisa memasang kontak whatsapp kamu.

4. Pengiriman Pesan

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Tampilah Chat
Untuk mengelola pesan atau interaksi dengan pengunjung bisa kamu setting di bagian edit info halaman lalu pilih pengaturan pesan. Fungsi bagian ini dapat mengatur notifikasi messenger, jadi kamu bisa langsung memulai percakapan dengan calon pelanggan. Lalu jangan lupa untuk menampilkan salam, ini harus diaktifkan. Ada pengunjung yang ingin berbicara dengan kamu dengan klik messenger, nanti akan muncul ucapan terima kasih sudah terhubung. Tandanya pelayanan bisnis kamu bagus sudah ada salam pembukannya.

5. Hubungkan Akun Whatsapp

Pengaturan ini sangat penting, kenapa? karena nanti pengunjung akan langsung diarahkan ke aplikasi whatsapp untuk chat ke kamu. Saya sarankan gunakan aplikasi whatsapp bisnis, ini sangat bagus untuk berjualan. Langsung ada template percakapan, informasi profile bisnis kamu, dan memposting produk di status. Nomor whatsapp ini bisa langsung ditampilkan di bagian "tentang halaman", jadi setelah pengunjung melihat profile deskripsi kamu lalu berminat. Pengunjung akan langsung klik tombol tersebut.

Tools Untuk Desain Foto dan Video

1. Adobe Spark

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Grafis dari Adobe Spark
Untuk membuat grafis foto dan video pada postingan halaman facebook, kamu bisa menggunakan adobe spark. Website ini membantu desain kamu membuat foto promosi seperti tipografi dengan berbagai banyak pilihan font. Selain desain foto, adobe spark juga dapat edit video promosi. Bisa kamu pelajari dahulu pada bagian menu fitur adobe spark dan cara posting ke media sosial.

2. Canva.com

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Grafis dari Canva
Tools ini juga dapat membuat desain posting di halaman facebook. Sudah tersedia berbagai template seperti sampul facebook, covers, story dan masih banyak lagi. Disini juga kamu bisa melihat panduan belajar untuk desain pada menu "learn". Bagian blog canva bisa juga kamu baca dan pelajari sosial marketing, siapa tahu kamu dapat ide yang baru. Mudah dan cepat juga untuk desain facebook posts di canva, pilihan grafisnya juga banyak. Buat sekreatif kamu untuk posting gambarnya.

Membuat Posting Halaman Facebook

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Cara Posting Halaman
Cara posting foto dan video ini seperti biasa kita posting dari akun pribadi. Upload foto dan buat deskripsi mengenai foto tersebut. Kamu bisa upload banyak foto dalam 1 postingan, yang penting menulis deskripsinya ini benar-benar menjual. Bisa dijadwalkan postingan tersebut sesuai kebutuhan kamu ingin di hari apa dan di jam berapa.
Contoh deskripsi promosi seperti ini:
Macaroni, keju (Lumer tumpe tumpe banget)
Creamy banget
Boleh juga cek IG : @jualansijhon

Made By Order : waktu pembuatan mac chessee 2 1/2 jam

Order - bikin - kirim
Pre Order 3 jam (Order-Bayar-terkonfirmasi-bikin-kirim)
Atau PO sesuai kebutuhan, setelah order, bayar, chat langsung saja, mau dikirim untuk hari apa dan jam berapa???

Ukuran 10x20
Dikirim panas-panas keluar dari Oven. Pengiriman Gosend/Grab (instant/sameday)

Yukkk order.....

Buat deskripsi postingan ini semenarik mungkin dan foto produk kamu yang paling bagus, agar terlihat kesan dan unik.

Meningkatkan Fanspage

Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook
Ajak Teman
Cara meningkatkan jumlah like fanspage sudah tersedia fitur di halamannya facebook. Klik undang teman, pilih semua dan kirim undangan. Kamu juga bisa meminta teman kamu untuk mempromosikan halaman, dengan cara berikan tautan link halaman ke teman kamu. Nantinya teman kamu akan masuk ke halaman facebook. 

Lalu arahkan untuk pilih komunitas dan klik undang teman. Cara mengundang ini seperti dari teman ke teman, untuk menyukai halaman facebook kamu. Pilihannya ini ada 2, mengikuti saja atau menyukai halaman, bisa juga keduanya.

Kesimpulan

Dengan berbisnis di halaman facebook, kamu bisa meningkatkan omset penjualan dengan cara promosi produk tersebut. Halaman facebook sudah menyediakan menu insight yang dimana bisa kita lihat trafik jangkauan postingan dan jumlah interaksi dengan pengunjung.

Disini juga bisa langsung interaksi jika ada pangunjung yang berminat dengan kamu dengan fitur chat messenger atau di kontak whatsapp. Lakukan postingan secara rutin, desain foto dan video yang unik dan menarik pengunjung. Pastikan kamu tahu pada jam berapa orang akan membuka facebook, agar meningkatkan jangkauan dari postingan kamu.

Promosikan halaman facebook ke media-media lain misalnya di instagram, youtube dan sebagainya. Adakan juga kontes ataupun giveaway dan berikan syarat untuk mengikutinya. Program ini dapat meningkatkan jumlah pengikut di halaman facebook.

Biasanya syarat yang diadakan giveaway ini pertama harus like fanspage dulu, ini poin yang dapat meningkatkan reputasi halaman facebook. Jika kamu sudah punya modal yang banyak, bisa kamu gunakan iklan facebook. Nantinya kamu bisa mengatur metode pembayarannya.

Semoga artikel tanpa modal berjualan di halaman facebook ini bermanfaat untuk kamu yang ingin berbisnis di media sosial facebook. Manfaatkan fitur halaman facebook untuk kamu promosikan produk penjualanan, publikasikan postingan dengan ide kreatif kamu. Terima kasih.


Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Tanpa Modal Cara Berjualan Di Halaman Facebook"

Berlangganan via Email