Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Ide Menggunakan Hashtag Di Medsos

Cari Ide Menggunakan Hashtag Di Medsos
Mencari ide konten atau informasi menarik lainnya lebih mudah search langsung di google. Lalu akan muncul berbagai banyak situs website yang bisa kita pilih. Situs web yang ada di posisi satu pastinya akan dipilih karena memang sesuai kata kunci yang kita cari atau jika masih belum sesuai bisa pindah ke halaman selanjutnya.

Namun, apakah kamu pernah mencari ide melalui media sosial? seperti facebook, twitter, instagram, youtube, linkedin dan pinterest.

Dari berbagai media sosial yang Bray sebutkan ini adalah jejaring situs website yang sangat populer. Bukan hanya sekedar postingan curahan hati saja yang ada di beranda. Ada yang memberikan informasi berita, berbisnis atau tujuan berjualan, posting kreativitas seperti hasil foto atau video sendiri, dan masih banyak lagi.

Artikel kali ini Bray mau bagi referensi cara mencari ide di media sosial dengan menggunakan hashtag. Mungkin ini lebih ke review kali ya mencoba gunakan tanda # untuk cari-cari ide.

Ada yang tahu hashtag itu apa?
Hashtag yang dikenal dengan tanda pagar # atau tagar, ini berasal dari bahasa Inggris. "hash" artinya tanda pagar lalu kata "tag" memiliki arti label, jadinya hashtag. Di media sosial sering diletakkan awal kata sebagai tanda topik yang penting.

Memang dengan menggunakan google langsung ada jawaban, namun apakah kamu pernah cari ide menggunakan hashtag di media sosial?

Yuk coba gunakan # di media sosial buat cari ide!



Facebook

Situs website facebook saat kita typing di kotak search, menggunakan hashtag ternyata yang muncul di kategori "semua" adalah postingan dari teman-teman yang kamu invite atau bisa juga dari grup halaman yang kamu ikuti. Lalu jika di scroll kebawah lagi akan muncul postingan dari akun-akun lainnya yang memposting dengan menggunakan hastag.

Facebook search

Bray coba kembali search dengan kata #carajualan di kategori "postingan" dan yang muncul lebih kebanyakan dari grup halaman. Grup halaman ini bisa dikategorikan dari produk/layanan, situs web bisnis dan ekonomi, ada juga pembicara motivasi. layanan bisnis, perlatan, dan masih banyak lagi.
Grup halaman di facebook ini jika ada tanda ceklis berarti sudah bekerjasama dengan facebook dan tanda tersebut adalah bersponsor.

Secara pribadi, Bray biasanya mencari di kategori "video".
Disana akan muncul video postingan yang menggunakan hashtag. Jika di cek videonya satu-satu ternyata ada yang dari akun pribadinya atau halaman bersponsor.

Disini kamu juga bisa mengatur hasil pencariannya, dari tanggal postingan, sumber dan lokasi yang ditandai. Posisinya ini ada di sebelah kiri.

Bray disini lebih memilih kategori ke video dan halaman, kenapa?
Jika menonton videonya ini sama seperti youtube, dan postingannya ini dari grup halaman sendiri. Apalagi ada yang sudah bersponsor jadi dapat terpercaya.

Twitter

Kalau di twitter soal hashtag jangan ditanya lagi deh, udah bisa jadi trending topik cuma pake tanda # ini. Buat media sosial ini kalau kamu posting itu lebih bagusnya pakai hashtag, karena jika di search akan muncul di bagian postingan populer.

Twitter search

Jika dicari dengan typing #carajualan langsung ditampilkan ke bagian populer dan yang terupdate hari itu juga. Jika di klik postingannya, akan langsung ke akun pribadi dan biasanya di postingan tersebut melampirkan foto atau video dan link tautan untuk menunjukkan sumbernya.

Bray sendiri kalau cari-cari ide menggunakan hashtag lebih memilih ke kategori populer. Jadi disana terlihat postingan dan video serta deskripsi penjelasannya. Setelan manual ada di sebelah kanan dengan judul "pencarian lanjutan". Kamu bisa memilih tanggal postingan atau akun yang sudah dikenal.

Jadi untuk twitter ini sudah tidak diragukan lagi soal hashtag, karena tanda # ini sudah tersedia di bagian menu jelajahi, dan akan muncul postingan yang saat ini sedang trending.

Instagram

Aplikasi atau situs web yang lebih populer dengan hashtag ada juga di intagram. Menggunakan tanda # lebih ke postingan yang berupa ke konten dari berbagai banyak akun. Akunnya itu bisa berupa bisnis penjualan, fotografi, produk atau layanan, dan masih banyak lagi.

Instagram search

Cari dengan typing #carajualan.

Akan muncul beberapa kata yang bisa kita pilih dan dilihat juga dari beberapa banyak postingannya. Kemudian jika di klik akan muncul berbagai postingan. Menurut Bray dengan menggunakan instagram ini untuk cari ide bagusnya dengan menggunakan hashtag. Kenapa?

Akun konten kreator ini setiap posting pasti tidak lupa dengan menggunakan hashtag. Dengan tanda # ini postingan mereka akan menjangkau lebih banyak pengunjung atau terlihat setiap orang yang mencari dengan kata #carajualan.

Lebih bagusnya lagi kita bisa mengikuti atau follow #carajualan, jadi setiap orang yang posting dengan menggunakan kata #carajualan akan muncul di beranda kita sendiri.

Youtube

Media sosial yang penuh dengan konten video pastinya youtube. Disini tempat konten kreator yang memiliki banyak ide dan menuangkan kreativitasnya dengan cara merekam video. Kita hanya sebagai penontonnya saja lalu mengamati isi konten video tersebut.

Youtube search

Coba kita cari #carajualan

Diawal tampilan sebenarnya adalah situs website berupa iiklan, biasalah sudah bersponsor atau bisa dibilang itu dari google ads. Langsung saja di geser kebawah akan muncul tampilan video yang menggunakan deskripsi #carajualan. Urutan video ini dihitung dari jumlah viewer atau sudah banyak yang menonton. Ada channel-channel pribadi dan ada juga yang sudah terverifikasi dengan tanda ceklis.

Pencarian di youtube bisa kita setelan manual dengan memilih filter penelusuran. Tanggal uploadnya, jenis tayangannya, durasi, dan lainnya. Kalau saya sendiri buat filter lebih memilih ke tanggal dan juga fitur creative commons.

Creative commons ini yang kontennya sudah mendaftarkan menjadi lisensi hak cipta. Jadi kontennya ini kreatif dari diri sendiri dan berani dipertanggung jawabkan.

Jika channelnya bagus dan bermanfaat lebih baik di subscribe aja, untuk berlangganan setiap postingan videonya. Bray sendiri pastinya akan subscribe karena siapa tahu mendapatkan ide baru dari channel yang kita ikuti.

Linkedin

Soal dunia pekerjaan Bray lebih memilih media sosial ini, kenapa? banyak sharing mengenai pekerjaannya, berbagi cerita dan pengalaman kerja, dan informasi lainnya. Dari setiap akun lebih baiknya invite orang yang deskripsinya ini bagus apalagi yang sudah banyak koneksinya, biasanya sudah dikenal banyak orang.

Linkedin search

Search #carajualan

Setelah search ternyata kosong karena pencarian ini dengan filter orang. Harus diganti dengan konten. Baru muncul beberapa postingan seperti gambar diatas.

Sortir postingan yang terbaru agar tahu postingan yang baru di update. Banyak  postingan ini berupa video dan gambar lalu deskripsi yang mencantumkan #carajualan. Ada juga yang share dari youtube dan situs websitenya.

Biasanya postingan yang di share ini akan diberikan hashtag, kemudian bisa kita klik hashtag tersebut lalu di follow. Bisa kita lihat postingan-postingan yang terkait dengan menggunakan hashtag tersebut.

Kalau informasinya bagus dan bermanfaat bagus di follow juga orangnya agar dapat update terbaru dari postingannya. Siapa tahu kamu bisa bertanya-tanya atau saling berdiskusi.

Pinterest

Media sosial virtual pinboard yang setiap postingan ini berupa foto atau gambar yang dapat dipilih ke kategori atau papan pin sesuai keinginan kita. Jadi setiap postingan akan muncul gambar-gambar yang isinya sebuah informasi, tips atau trik, hasil jepret fotografer, desainer gambar dan masih banyak lagi.

Pinterest search

Ketik #carajualan

Dan yang muncul hanya beberapa gambar saja. Dari gambar yang muncul tersebut membuat tambahan deskripsi menggunakan #carajualan. Kemudian jika diklik gambarnya, lihat deskripsinya ternyata hashtag tidak berfungsi atau tidak diberikan tautan.

Jadi mencari ide di pinterest langsung saja diketik kalimatnya "cara jualan" lalu akan muncul banyak gambar sesuai kata kunci di deskripsinya. Bray sendiri mencari gambar yang informasinya bagus dan menarik langsung disimpan ke papan agar tidak perlu dicari lagi, langsung bisa dibuka ke profile sendiri.

Kesimpulan

Mencari ide di media sosial menggunakan hashtag harus sesuai pilihan kita sendiri. Maksudnya jika kamu ingin mencarinya harus sesuai pilihan aplikasi, baik di facebook, twitter, instagram dan lainnya karena setiap postingan ada yang menggunakan hashtag dan ada yang tidak dicantumkan.

Padahal hashtag itu berfungsi untuk menandakan kategori konten, memudahkan pencariannya, dan dapat menjangkau ke pengguna lainnya. Apalagi di twitter bisa jadi trending topik.

Semoga referensi dari Bray untuk artikel cari ide menggunakan hashtag di medsos dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Postingan ini adalah hasil dari analisa Bray yang sedang cari ide juga. Terima kasih.


Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Cari Ide Menggunakan Hashtag Di Medsos"

Berlangganan via Email