Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pemasaran Program TV Football Camp

Tugas Pemasaran Program TV Football Camp
Bicara televisi tidak terlepas dari program-program yang disajikan untuk para penontonnya. Program televisi dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu ada program informasi berita dan program hiburan. Program berita dibagi menjadi dua yang terdiri dari hard news dan softnews, sedangkan hiburan ada program musik, drama, game show, magazine show, feature, variety show, talkshow, reality show dan yang lainnya.

Dalam mendorong kemajuan penyiaran, bagian pemasaran atau marketing harus bisa menentukan penjualan suatu program televisi. Pemasaran waktu siaran atau air time merupakan sumber pendapatan utama bagi media penyiaran. Salah satu program promosi yang akan kami buat yaitu bersifat taping, dengan tema sport. Lalu kami beri judul “Football Camp”.

Program Football Camp ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi olahraga sepak bola dari luar negeri. Program ini akan memuat berita olahraga sepak bola yang memang sudah ataupun belum familiar di masyarakat.

Tayangan perdana program ini akan menayangkan tentang info tim dan pemain sepak bola apa saja yang bisa menjadi pilihan pemirsa yang sibuk setelah seharian bekerja ataupun para remaja yang gemar sepak bola untuk melakukan kegiatan olahraga serta beberapa tips penting tentang olahraga.

Pemirsa akan dibawa untuk lebih mengenal tentang tim dan pemain sepak bola yang kurang familiar di telinga masyarakat umum. Tema perdana yang akan di tayangkan yaitu tentang olahraga sepak bola, yang satu ini sudah mulai banyak digemari atau mempunyai idola pemain sepak bola.

Dengan tayangnya program ini setiap minggunya diharapkan dapat membuat masyarakat terhibur dan memberikan variasi baru mengenai olahraga sepak bola.

Dalam pembuatan program non drama televisi “Football Camp” adalah memberikan suatu karya media audio visual dari kami sebagai news maker pemula, di mana hasil karya diperuntukkan bagi masyarakat luas dengan maksud sederhana yaitu menginformasikan hidup masyarakat ke taraf yang lebih positif dari tayangan program televisi “Football Camp”.

Tujuan umum sebagai media audio visual sebagai tontonan bagi masyarakat luas dapat dinikmati bagi semua kalangan, karena program non drama televisi yang disajikan dekat dengan kehidupan sehari-hari di tengah kehidupan masyarakat, khususnya bagi kawula muda pecinta sepak bola.


Konsep Program

Film sebagai karya seni budaya dan sinematografi yang dapat dipertunjukkan dengan suara atau tanpa suara. Ini bermakna bahwa film merupakan media komunikasi massa yang membawa pesan dan berisi gagasan-gagasan penting lalu disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk tontonan.

Meski berupa tontonan, namun film memiliki pengaruh yang besar. Itulah sebabnya film mempunyai fungsi pendidikan, hiburan, informasi dan pendorong tumbuhnya industri kreatif lainnya.

Konsep program Football Camp ini adalah memadukan antara olahraga dan gaya hidup, setiap minggunya akan menyuguhkan tema yang menarik seputar olahraga sepak bola yang sedang di gemari anak muda serta life style yang sedang popular di kalangan anak muda di kota-kota besar. 

Program non Drama Televisi yang berdurasi 30 menit yang kami beri judul “Football Camp” ini memberikan sebuah info yang lengkap dan menjelaskan tentang asal usul tim sepak bola dan juga pemainnya. Tema yang kami angkat ini bukan sekedar program non Drama yang hanya memberikan hiburan semata, tapi juga berisikan informasi penting yang patut di contoh.

Program televisi non drama ini dibuat walaupun kurang referensi, namun kami menganggap ini sebagai suatu pembelajaran menjadi seseorang yang kreatif dengan menggunakan penalaran dalam pembuatan program yang mudah dimengerti oleh semua orang.

Kami membuat isi dialog dengan gaya tutur bahasa yang sering di pakai dalam pergaulan sehari-hari, tidak terlalu baku, namun tetap mengacu pada norma kesopanan dan tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit dimengerti oleh orang banyak.

Oleh karena itu, program yang akan kami tayangkan tentunya akan membuat para audiensi kami tidak merasa bosan karena di akhir penayangan akan kami beri konsep yang menarik dengan informasi sehingga audiensi mendapatkan manfaat.

Deskripsi Program

Kategori Program: Informasi
Media: Televisi 
Format Program: Berita Olahraga 
Judul Program: Football Camp 
Durasi Program: 30 menit 
Target Audience: 17 keatas
Status Ekonomi Sosial: Kelas atas dan Menengah keatas
Karakteristik Produksi: Taping, Record ( Single Camera dan Multi Camera)
Jam Tayang: Minggu, jam 13.00 – 13.30 WIB

Alasan: Pada hari dan jam tersebut adalah waktunya kebanyakan anak muda dan orang-orang dewasa untuk istirahat dengan keluarga di rumah dari rutinitas sehari-hari. Football Camp ini diharapkan bisa mendapatkan rating yang bagus dan dapat menarik sponsor untuk bekerja sama demi kelangsungan program ini.

Pengisi Acara: Ibnu Jamil dan Rico Ceper sebagai pembawa acara dalam Football Camp karena kami ingin program ini tidak monoton. Kemampuan 2 host ini dalam membawakan info seputar olahraga sepakbola akan membuat program ini bisa lebih hidup, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menontonnya.

Analisis Program

Kekuatan (strength)

1. Kekuatan dari program ini terletak pada hostnya yang keren serta bisa membawakan acara seputar sepak bola ini berbeda dari program-program yang lain.
2. Isi dari program ini dikemas semenarik mungkin agar penonton merespon baik acaranya.
3. Banyak tayangan sportivitas yang pasti akan menginspirasi dan memberikan referensi seputar sepak bola untuk penonton.

Kelemahan (weaknesses) 

1. Waktu penayangan yang sangat terbatas sehingga banyak informasi yang tidak semuanya disampaikan ke penonton.
2. Kendala cuaca disaat syuting.

Tantangan (challenge) 

1. Dalam pelaksanaan syuting program ini kebanyakan di luar ruangan/outdoor sehingga banyak sekali tantangan yang didapat baik dari segi geografis maupun masyarakat yang mengganggu proses berjalannya syuting.
2. Selain itu tantangan juga ada dari persaingan dengan program-program lain yang memiliki daya saing yang kuat.

Peluang (opportunities)

Program Football Camp ini kami yakin akan mendapat peluang bisnis yang bagus, karena isi acaranya mempunyai konsep sesuai dengan jamannya piala dunia 2014.

Treatment Program

Program Football Camp ini berbentuk magazine, akan hadir setiap hari Minggu. Acara ini dipandu oleh Ibnu Jamil dan Rico Ceper dengan pembawaan yang seru dan kreatif. Selain itu juga akan ada kuis untuk penonton yang melihat langsung di lokasi, karena program ini berpindah-pindah lokasi tempat futsal.

Setiap episodenya akan menghadirkan informasi sepak bola yang sangat menarik untuk para penonton. Program ini berdurasi 30 menit yang dibagi ke dalam 5 segment, yaitu segment 1 sampai 4 menampilkan profil tim dan pemain selama piala dunia 2014.

Lalu di segment ke 5 terakhir Ibnu Jamil dan Rico Ceper akan mencari pemirsa yang hadir mononton di lokasi utuk bermain kuis. Presenter akan menanyakan tentang kilasan info yang sebelumnya ditayangkan. Dan hadiah kuis berupa baju dengan gambar Football Camp.

Rundown Program

Tugas Pemasaran Program TV Football Camp
Rundown 1
Tugas Pemasaran Program TV Football Camp
Rundown 2

Segmentasi Program

Segmentasi pada  program  ini ditentukan oleh beberapa faktor yaitu gaya hidup dan selera masyarakat serta tingkah laku individu. Oleh karena itu segmentasi pada program ini disesuaikan dengan jamannya piala dunia 2014 yang diselenggarakan di negara Brazil khususnya laki-laki yang banyak membutuhkan informasi yang berkaitan dengan sepak bola. Laki-laki menjadi sasaran utama karena memang isi dalam program ini biasanya banyak diminati.

Selain itu ada beberapa sesi acara seperti kuis yang akan menjadi ciri khas dari program Football Camp. Sehingga masyarakat akan memiliki kesan tersendiri pada program ini. Target audience juga ditujukan untuk semua umur dengan tingkat ekonomi sosial menengah kebawah.

Alasannya karena program ini disajikan tidak hanya untuk orang dewasa, banyak tayangan edukatif yang bisa diterima oleh semua umur, hanya saja kami terpusat pada tingkat ekonomi menengah kebawah karena biasanya mereka lebih merespon tayangan-tayangan yang kami susun sesuai jaman piala dunia 2014 dalam program kami yaitu Football Camp.

Konsep dan Strategi Pemasaran

Program Football Camp ini akan dikemas semenarik mungkin, dengan dipandu dua host Ibnu Jamil dan Rico Ceper yang sudah terkenal dimasyarakat, pasti akan menjadi respon utama bagi masyarakat untuk menonton program ini.

Program ini juga ditargetkan untuk segmentasi demografis. Alasannya karena isi dari program ini disesuaikan dengan keinginan pasar atau industri media yang biasanya diminati oleh masyarakat pada usia tersebut.

Untuk memasarkan program ini, banyak media yang dinilai akan sangat strategis dalam mempromosikannya supaya berjalan dengan lancar dan mendapat keuntungan sesuai yang diharapkan. Media yang paling utama adalah iklan, karena program ini ditayangkan untuk ditelevisi. Selain itu bisa juga melalui radio, sosial media, baliho, media cetak maupun web.

Media-media tersebut akan mudah merespon masyarakat dengan program yang kami buat dan diharapkan banyak respon yang positif sehingga program ini akan mendapatkan tempat tersendiri dihati pemirsanya.

Dalam penayanganpun akan mampu menarik sponsor untuk bisa bekerjasama dan saling menguntungkan, karena program ini memang khusus edisi piala dunia 2014, pasti banyak produk-produk yang ingin bergabung untuk ditayangkan iklannya disela-sela penayangan program, diantara produk-produk tersebut yaitu makanan, minuman, suplemen, obat-obat tertentu penunjang kesehatan dan yang lainnya. 

Melalui cara-cara tersebut juga diharapkan program “Football Camp” ini akan sukses diantara program-program sepak bola lain yang semuanya pasti memiliki daya saing tinggi.

Kesimpulan

Program Football Camp ini merupakan acara yang penuh dengan informasi kegiatan dalam piala dunia 2014, sejarah tim negara, profil pemain, serta kuis yang berhadiah. Jadi bagi pemirsa yang ingin mengetahui informasi tentang piala dunia 2014 yang menarik dan positif.

Kami berharap program ini akan memberikan manfaat serta edukasi bagi para audiens memberikan pemahaman sportivitas sepak bola dalam kegiatan olahraga tersebut, dan disini kami juga memberikan sedikit pemahaman tentang gaya hidup sehat pemain sepak bola. Semoga dengan adanya program ini, penonton kami mendapatkan banyak hal baik.

Artikel tugas pemasaran program tv football camp ini dibuat untuk kalangan mahasiswa komunikasi jurusan broadcasting, khusus yang sedang mengerjakan tugas pemasaran program televisi. Setiap tugas desain produksi mempuyai poin-poin yang sangat penting, seperti konsep program, deskripsi program, analisis, treatment program, segmentasi program dan strategi pemasaran. Tulisan ini dari pengalaman penulis jurusan broadcasting dan berkarya desain produksi televisi, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Tugas Pemasaran Program TV Football Camp"

Berlangganan via Email