Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Program Televisi Jenis Non Drama

Format Program Televisi Jenis Non Drama
Dunia pertelevisian memang sangat banyak menghadirkan program-program yang menarik dan juga pasti menghibur. Program yang ditayangkan ini harus dapat menjangkau banyak penonton atau target audience, jika tidak sesuai target program produksi TV bisa saja ditutup. Yang salah siapa?

Pastinya crew program acaranya apalagi program director. Pekerjaannya membuat acara, mencari ide kreatif, konsep acara dan banyak lagi. Pusing ya pasti banget karena harus bertanggung jawab atas program tersebut.

Disini Bray ingin berbagi pengetahuan untuk kamu yang mau buat program acara TV  non drama, ya siapa tahu kamu kuliah jurusan broadcasting idenya sudah habis mau bikin apa lagi jadi bingung. Program TV memang ada 2 jenis, drama dan non drama.

Sebelumnya Bray kasitahu dulu, apa itu non drama TV?
Program TV yang diproduksi melalui proses pengerjaan, pembuatan, pengolahan imajinasi dari realitas atau dapat dipahami sebagai penyesuaian pertunjukkan yang mengutamakan unsur hiburan, baik dengan singlecam atau multicam dan indoor maupun outdoor.

Justru hampir sebagian besar stasiun televisi didominasi jenis program non drama ini. Apa saja jenis varian non drama TV?



Kuis

Program kuis ini mungkin tidak perlu panjang lebar kali ya, sudah pasti banyak yang tahu. Tanya lalu jawab, yaudah... Pastinya ada pembawa acaranya mau 1 atau lebih yang penting terhibur.

Pesertanya bisa dari kalangan artis atau penonton setia, pokoknya yang bisa diajak untuk menghibur. Namanya juga kebutuhan TV jadi harus dengan konsep permainan tanya jawab sebagai hiburan. Pesertanya juga diharapkan yang punya wawasan luas ya.

Kuis tanya jawab ini pastinya diberikan musik audio yang semangat, bila perlu bumper in dan bumper out diberi sound yang lebih fresh. Soal pertanyaan yang diberikan itu harus dibuat jebakan agar peserta terlihat bingung, ada sedikit unsur komedinya lah ya.

Contoh program kuis seperti family seratus, komunikata, dan siapa berani?

Game Show

Sebuah permainan dalam program TV ini memang sangat menghibur karena peserta ini akan bermain apa yang telah diatur oleh tim kreatifnya. Permainan ini bisa didalam studio atau diluar. Lebih bagusnya program ini yang lebih menantang peserta kalau perlu memacu andrenaline.

Peserta bisa dari kalangan artis atau anggota masyarakat baik secara personal atau tim. Konsep acaranya ini melibatkan berbagai banyak pertanyaan, tantangan atau teka-teki untuk mendapatkan sejumlah uang tunai yang sudah disiapkan.

Namanya juga permainan pastinya lebih seru, lucu, dan menegangkan. Kalau ditambah sound effect pasti lebih keren lagi. Pembawa acaranya juga harus lebih asyik jangan kaku atau tegang ya, nanti yang nonton melihatnya bosan.

Contoh program game show seperti  berpacu dalam melodi, deal or no deal Indonesia, dan benteng takeshi.

Talk Show

Bisa disebut gelar wicara atau tayang bincang, jenis program ini berupa perbincangan atau bisa juga dengan diskusi sekelompok mengenai topik yang sudah ditentukan. Namun program talkshow sekarang lebih cenderung memilih banyak tamu dan juga hostnya, dibandingkan program jaman dulu yang hanya empat mata saja.

Peserta atau bintang tamu bisa dari selebriti atau tokoh publik yang mempunyai wawasan luas. Jadi dalam pertanyaan yang diberikan host sesuai fakta kebenarannya, kisah kehidupannya, dan prestasi apa saja yang sudah dicapai.

Namanya talk show kita hanya memperhatikan perbincangan dari host dengan bintang tamunya, berikan backsound yang fresh atau santai yang penting jangan dibuat mengantuk. Bila perlu berikan tambahan sound yang lucu dan menarik untuk menambah hiburan.

Contoh program talk show seperti ceriwis, brownis, hitam putih, kick andy dan ini talkshow.

Magazine Show

Program satu ini adalah tayangan yang menyajikan berbagai banyak informasi ringan berupa hal unik dan menarik pastinya bermanfaat bagi masyarakat. Tujuannya sudah pasti memberikan pengetahuan dan menambah wawasan dari beragam hal yang disampaikan. Kalau Bray sendiri menonton tayangan ini sebagai bahan referensi, ya siapa tahu bisa dijadikan ide konten.

Informasi ini lebih ke narasumber jadi yang dibahas bisa dari kalangan komunitas, sebuah event, hobi, dan hal unik lainnya. Jika dipikir-pikir ini bisa masuk kategori program feature ya, ada aspek human interest, berita ringan yang meninbulkan kekaguman, dan peristiwa penting.

Tayangan seperti ini pasti banyak yang diminati karena dilihat dari gaya hidup masyarakatnya, kebutuhan informasinya, dan juga ada kesamaan dari komunitas atau hobi yang sama.

Contoh program magazine show seperti dSign, 86, laptop si unyil, dan lain-lain (program ini yang paling banyak di hari sabtu dan minggu).

Reality Show

Program tayangan ini adalah sebuah adegan yang benar-benar terjadi tanpa rekayasa yang dibuat skenarionya dahulu, jadi alur cerita ini lebih ke kisah hidup, sebuah pengalaman, atau sesuatu malasah dalam kehidupannya.

Pemeran atau narasumber ini bisa dari tokoh masyarakat atau publik. Lalu jika ingin ke selebriti, biasa lebih membahas ke perjalanan karirnya dan syutingnya ini di rumah selebriti tersebut.

Genre program ini yang sering kita tonton biasanya di jam-jam sore (biasanya) bisa ditempatkan waktu prime time. Pastinya tanyangan seperti ini sesuai kebutuhan penonton, tergantung dari konsep programnya. Apakah ingin membahas kisah hidupnya atau memberikan rejeki kepada kalangan publik.

Contoh program reality show seperti uang kaget, bedah rumah, termehek-mehek dan masih banyak lagi.

Variety Show

Dari semua genre non drama, variety show yang lebih banyak ditayangkan program TV. Kenapa? Format variasi ini berupa pentas musik, panggung komedi, sulap dan sebagainya. Jadi memang dengan tayangan jenis ini sangat populer karena banyak beragam hiburan yang ditampilkan.

Format acara bisa itu musik, ajang pencarian bakat, komedi, dan masih banyak lagi. Program ini biasanya sering muncul di pagi, sore dan malam hari. Pagi ada pertunjukkan musik, sore ada game hiburan, lalu malam hari ada ajang musik atau pencarian bakat dan panggung komedi.

Sesuai konsep programnya mau itu musik, game atau komedi pastinya harus terhibur. Pembawa acaranya juga harus yang energik dan berwawasan, mau 1 atau lebih yang penting penontonnya terhibur. Program ini yang selalu mendapatkan perhatian rating penonton dan salah satu menjadi acara favorit.

Contoh program variety show seperti dahsyat, pesbukers, eat bulaga Indonesia, dan Indonesian Idol.

Ide dan konsep non drama.
1. Motivasi pembuatan program harus jelas.
2. Pikirkan aspek penonton akan dapat apa.
Dimulai dengan sikap sensitif terhadap permasalahan dan fenomena sosial di lingkungan sekitar. Tidak perlu banyak muluk-muluk yang penting ada maksud dan tujuannya.

Program non drama harus mempunyai poin-poin penting.
1. Visi dan misi program.
2. Format dan isi program.
3. Sasaran segmentasi penonton.
4. Bentuk atau cara penyampaian.
5. Argumentasi penampilan.
6. Manfaat penyampaian bagi penonton.

Program acara televisi yang paling banyak diminati memang jenis non drama, sudah menghibur, memberikan ide dan juga ada pesan yang dapat diambil. Disinilah tim produksi diuji dari kreativitas dalam hal hiburan, bisa itu musik, aksi dan gaya.

Semoga artikel format program televisi jenis non drama ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengenal dunia pertelevisian, baik yang sedang kuliah boradcasting atau baru mau bekerja di industri televisi.

Apapun ide, konsep atau karya kamu untuk menghibur orang buatlah yang bermanfaat bagi semua orang dan harus mempunyai pesan yang dapat disampaikan. Jadikan sebuah referensi penting dalam ilmu komunikasi dan penyiaran.


Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Post a comment for "Format Program Televisi Jenis Non Drama"

Berlangganan via Email