Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaatkan Akun Twitter Untuk Bisnis

Manfaatkan Akun Twitter Untuk Bisnis
Catatansibray.com - Mau bisnis lewat media sosial memang banyak pilihannya ada facebook, instagram, twitter dan sebagainya. Namun dengan adanya media online ini semua dapat menjangkau ke semua pengguna, baik yang dikenal maupun tidak mengenal.

Memanfaatkan media sosial untuk berbisnis atau berjualan adalah ide yang sangat bagus. Memang saat ini semua serba online, ada juga yang berbasis aplikasi namun perlu pengeluaran biaya lagi.

Disini Bray ingin membagi jurus bisinis atau berjualan melalui media sosial twitter. Bagaimana cara membuatnya, cara berjualannya, dan pengaturan apa yang harus dipakai dari layanan twitter.

Masih punya akun twitter?
Atau ingin buat akun yang baru, boleh.
Jadi yang Bray bahas ini untuk pengguna akun pribadi, dimana kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ikut iklan bersponsor. Cukup akun biasa saja kita gunakan untuk berjualan.

Berikut langkah-langkah untuk mengoptimalkan akun twitter agar lebih untung berjualan. Ulasan ini diambil dari berbagai sumber terpercaya yang dapat kamu ikuti informasinya.



Biodata

Salah satu untuk memperkenalkan bisnis kamu adalah bio twitter. Ini menunjukkan identitas bisnis kamu yang akan dilihat banyak orang. Pastinya unik dan menarik, tuliskan deskripsi bisnis yang kamu jalankan dan bila perlu pakai hashtag agar lebih mantap. Selain deskripsi penjelasan, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan seperti:

1. Foto Profile

Foto ini bisa menggunakan logo brand kamu atau foto kamu sendiri juga tidak masalah namanya juga mau berjualan yang penting tidak mengambil foto yang lain, harus desain sendiri. Jenis format file ini bisa berupa JPEG, GIF dan PNG. Twitter juga hanya memperbolehkan ukurannya hanya mencapai 2MB dan 400x400 pixel.

2. Bagian Header

Diatas foto profile ada gambar yang besar dinamakan Header Image. Bisa kamu gunakan foto yang menjadi ciri khas bisnis kamu, seperti foto logo brand kamu dengan penjelasannya, atau kontak yang dapat dihubungi.

Kalau perlu pasang foto dengan tim bisnis kamu, dan juga dengan pelanggan. Ukuran header image ini sebesar 1500x1500 pixel, jadi buat secantik mungkin.

3. Berikan Link atau Tautan

Dalam deskripsi Bio twitter memang diberikan penjelasan yang singkat, jadi perlu adanya informasi yang lebih untuk memperkenalkan bisnis kamu. Caranya berikan link situs website jika kamu punya website sendiri.

Apabila kamu jualan di online shop berikan tautan yang mengarahkan ke toko kamu yang ada di online shop, seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan lain-lain.

Ingin mengarahkan ke media sosial kamu sendiri seperti instagram, facebook atau whatsapp bisnis bisa juga, karena setiap profile media sosial sudah diberikan tautan jadi sangat bagus untuk menambah follower kamu.

4. Info Lokasi

Biasanya untuk bisnis makanan pastinya membuka warung, bisnis pakaian juga membuka toko. Dengan memberikan alamat lokasi, dapat mempermudah pelanggan mengetahui dimana kamu berjualan. Siapa tahu dekat rumahnya atau dekat kantornya, jadi tidak perlu cari yang jauh. Twitter juga akan mencocokan konten setiap tweet yang kamu posting sesuai lokasi yang dicantumkan.

Pesan atau Direct Messenger

Nah disini memang bila ada pesan masuk itu kita harus saling berteman. Kalau ada pesan masuk tapi tidak saling follow, itu harus kamu pilih satu-satu jadinya ribet buat berbisnis.
Manfaatkan Akun Twitter Untuk Bisnis
Lebih baik pesannya ini diatur dahulu di bagian pengaturan, pilih privasi dan keamanan. Lalu ada direct message dan centang bagian terima pesan dari siapa pun. Dengan pengaturan seperti ini kita akan menerima pesan dari luar follower, jika kamu masih ragu bisa dipelajari lebih lanjut.

Sematkan Tweet

Salah satu mengoptimalkan akun twitter kamu dengan cara sematkan. Ini ada dibagian tweet yang kamu posting tanda 3 titik di atas kanan.
Manfaatkan Akun Twitter Untuk Bisnis
Setelah kamu sematkan, tweetnya ini akan selalu posisi paling atas jadi pilih tweet yang unik dan menarik. Berikan hashtag juga pada tweet yang kamu sematkan agar mudah ditemukan banyak orang.

Posting Tweet Yang Menarik Perhatian

Jadi jika kamu ingin posting mengenai bisnis kamu, jangan kebanyakan soal produk kamu. Maksudnya, kamu hanya upload produk kamu saja, ada produk barulah, banyak promo, enak banget makanannya. Jangan lebih sering tweet seperti itu.

Alangkah baiknya jika kamu jualan produk sepatu, kamu buat konten cara memilih sepatu sesuai kebutuhan, atau tips membersihkan sepatu agar awet 3 tahun. Jadi ada manfaatnya juga dalam akun bisnis kamu.

Poin-poin yang harus diperhatikan dalam tweet:
1. Cantumkan link atau tautan jika tweet kamu pendek dan ingin mengarahkan pelanggan.
2. Gunakan gambar atau video bisa juga format GIF. Maksimal dalam 1 tweet hanya dapat disertakan 4 foto saja.
3. Pakai Hashtag sesuai kata kunci yang berkaitan dengan bisnis kamu.
4. Posting mengenai pertanyaan dan pendapat untuk membuka interaksi kamu dengan orang dan dapat memahami keinginan pelanggan.
5. Retweet konten yang bermanfaat dan berguna dengan ciri khas bisnismu, bila perlu komentar saja berikan pendapat juga. Ini membuktikan kehadiran bisnis kamu ada di twitter.

Please, Jangan Gembok Akunmu

Mau jualan kok akunnya di gembok, gimana orang bisa lihat. Jika kamu ingin memperlihatkan bisnis kamu ke orang-orang, akun jangan dikunci nanti orang bakalan kesulitan cari tahu informasi kamu. Namanya mau jualan jangan menerapkan pengaturan akun privasi, itu salah. Contohnya seperti ini:
Manfaatkan Akun Twitter Untuk Bisnis

Dengan memanfaatkan media sosial di twitter, bisnis kamu dapat dikenal banyak orang. Terlebih lagi setiap harinya banyak pengguna akun aktif. Jadi jangan malu untuk berjualan atau bisnis di twitter, siapa tahu ada orang yang berminat dengan produk kamu.

Demikian artikel dari Bray manfaatkan akun twitter untuk bisnis ini semoga bermanfaat untuk kamu yang berani berjualan di media sosial tanpa mengeluarkan modal sponsor. Tapi jika kamu punya anggaran besar, lebih baik gunakan iklan sponsor dan nantinya akan menjangkau lebih banyak orang. Baca juga artikel mengenai pemasaran promosi produk di media sosial. Tetap semangat dan terus berusaha, terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Manfaatkan Akun Twitter Untuk Bisnis"

Berlangganan Gratis !