Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Dasar Suara Program Radio

Format Dasar Suara Program Radio
Catatansibray.com - Program radio merupakan acara-acara yang ditayangkan oleh stasiun radio. Secara garis besar, program radio dibagi menjadi program berita dan program non berita. Jenis program radio dapat dibedakan berdasarkan format teknis atau berdasarkan isi.

Format teknis merupakan format-format umum yang menjadi acuan terhadap bentuk program radio seperti talk show, kuis, musik, dan lain-lain. Berdasarkan isi, program radio berbentuk berita dapat dibedakan antara lain berupa program hiburan, drama, olahraga, dan agama.

Sedangkan untuk program radio berbentuk berita secara garis besar dikategorikan ke dalam hard news atau berita-berita mengenai peristiwa penting yang baru saja terjadi dan soft news yang mengangkat berita bersifat ringan.

Penggunaaan radio sangat menguntungkan untuk masyarakat karena kita dapat mendengar informasi serba cepat tanpa hitungan jam, hari, atau bahkan menggunakan surat dalam komunikasi jarah jauh.

Sesuai dengan kebutuhan para pendengarnya apakah ingin memilih program berita atau non berita. Program berita pastinya memberikan info yang up to date pada hari itu juga, mengulas kejadian dan peristiwa kapan itu terjadi. Kemudian untuk radio non berita pastinya menghibur pendengar dengan informasi yang lebih fresh seperti membahas entertainment, hobi, komunitas dan masih banyak lagi.

Dalam program radio sendiri banyak variasi formatnya, namun tergantung pilihan siarannya ada yang untuk sendiri atau solo, hanya berdua, dan bertiga atau lebih. Disini catatansibray,com tidak hanya membahas mengenai teori formatnya namun lebih ke format dasar suara dalam siaran radio.



Sendiri atau Solo

Format Dasar Suara Program Radio
Format siaran seperti ini hanya 1 penyiar radio saja. Bisa itu membuat naskah percakapannya sendiri atau tanpa persiapan seperti improvisasi. Dalam produksinya sendiri hanya ditemani dengan operator musik yang memilih efek dan memutarkan musik-musik sebagai selingan waktu, memasukan fade in atau fade out.

Dalam program berita, format ini lebih ke topik naskah yang dibahas. Persiapan membuat rundown harus disusun dengan rapih mulai dari hard news sampai soft news. Berita yang dibahas sesuai dengan laporan sumber dari peristiwa dan latar belakang aktualitas.

Karena dalam siaran hanya 1 suara, sebagai penyiar radio harus dapat menyampaikan dengan antusias dan penuh keyakinan agar mempermudah pendengar menerima pesan dengan jelas, tepat, tanpa keraguan.

Kemudian program non berita biasanya lebih ke improvisasi dan persiapan topik yang dibahas. Dalam pembahasan ini yang lebih sering kita dengar mengenai musik, hobi dan entertainment. Membahas topik musik yang diputar atau request dari para pendengar.

Mengenai hobi atau entertainment dicari dari sumber terpercaya bisa itu internet, majalah atau media sosial. Karena hanya 1 penyiar saja yang siaran, lebih bagusnya ditambah efek audio agar tidak bersifat monoton kepada pendengarnya.

Berdua

Format Dasar Suara Program Radio
Format program untuk dasar suara ini bisa dibilang dengan 2 penyiar atau penyiar dengan narasumber bisa bintang tamu atau tokoh masyarakat. Dengan adanya 2 penyiar bisa membuat acaranya lebih seru lagi, tidak monoton dan improvisasi menjadi lancar.

Jenis format apapun bisa digunakan dengan adanya 2 orang yang bersiaran. Mau membahas topik apa saja bisa saling tanya jawab dan berbagi cerita kepada pendengarnya.

Untuk program berita, mau formatnya hard atau soft news harus berhati-hari dalam penyampaiannya. Jangan sampai ada kedua suara yang saling bersamaan dalam berbicara. Dalam memberikan informasi berita baiknya secara bergantian dari penyiar 1 lalu penyiar 2 dan selanjutnya bisa dengan berkomentar, saran atau pendapat. Format acara bisa digunakan untuk berdiskusi, dialog atau wawancara.

Apabila menggunakan 1 penyiar saja dan ditemani dengan narasumber untuk membahas topik berita gunakan format wawancara. Jadi harus dipersiapkan pertanyaan dalam bentuk naskah untuk dijadikan bahan diskusi tanya jawab. Menggunakan format vox pop, penyiar ada di studio dan wartawan ada di tempat kejadian lokasinya atau bisa dengan tokoh masyarakat melalui telepon.

Program non berita untuk 2 orang yang bersiaran pastinya lebih menghibur mau gunakan 2 penyiar sekaligus atau 1 penyiar dengan orang lain yang penting sesuai topik acaranya. Mau genre variety, talkshow, atau lifestyle bisa kamu undang narasumber yang terkenal dan punya wawasan yang luas. 

Persiapkan naskah yang ingin dibahas mau berdiskusi atau tanya jawab sesuaikan dengan rundown. Jangan lupa gunakan smash tune sebagai pemisah antara satu informasi ke informasi selanjutnya.

Bertiga atau lebih

Format Dasar Suara Program Radio
Artinya penyiar tidak sendiri atau berdua saja bahkan di stasiun radio ada yang menggunakan 3 penyiar sekaligus. Bisa juga 1 penyiar dengan 2 orang narasumber atau sebaliknya 2 penyiar dan 1 narasumber. Jika narasumbernya banyak pastinya lebih rumit membuat naskah dan rundownnya karena yang akan berbicara ini harus saling bergantian dan memilih topiknya juga lebih menarik.

Dalam program berita jika penyiar ada 3 orang harus secara bergantian untuk penyampaian informasinya. Lalu gunakan improvisasi dalam hal pendapat dan komentar kemudian jangan sampai terjadi pro kontra dalam acaranya.

Siaran dengan narasumber politik juga harus sesuaikan pertanyaannya jangan sampai menyimpang dari pembicaraan diskusi tersebut. Perhatikan rundown dan waktunya, jangan bertele-tele dalam berdiskusi karena bisa memakan waktu siarannya.

Selanjutnya menggunakan program non berita untuk siaran 3 orang atau lebih. Mau genre apapun yang mau siaran berapa orang bisa digunakan. Genre entertainment mau mengundang artis atau grup band, membuka forum dengan tokoh masyarakat atau permainan kuis dengan adanya produk sponsor dalam radionya. Hal yang terpenting pastinya dari sebuah acara siaran yang dapat menghibur pendengarnya.

Berbagai banyak varian format radio yang digunakan harus sesuai dengan kepentingan dari acara siarannya.

Format apa saja bisa dipakai namun tergantung dari pengisi suaranya, mau menggunakan satu penyiar atau lebih. Jika menggunakan topik berdiskusi haruslah sebuah masalah yang menjadi keprihatinan atau diminati oleh masyarakat. Pastinya yang bersifat tidak memihak. 

Baiknya harus mempersiapkan terlebih dahulu jika ingin membuat program diskusi dalam siaran radio. Empat orang pembicara adalah jumlah maksimum yang dapat diterima. Mungkin bentuk diskusi yang melibatkan pria dan wanita akan lebih disukai oleh pendengar.

Demikan artikel mengenai format dasar suara program radio ini bermanfaat dan referensi untuk kamu yang ingin membuat perencanaan program radio atau yang sedang kuliah di jurusan broadcasting. Perlu diingat, dalam persiapan siaran harus diteliti pokok pembicaraannya. Kemudian dikemas secara menarik dan memiliki relevansi dengan pendengar.

Perlu perhatikan kestabilan suara sebelum program dimulai, mungkin bisa dari gerakan pembicara yang menjauh dari mikrofon atau terlalu dekat saat berbicara. Penyiar tidak perlu banyak menyimpulkan. Sepatah kata atau menyampaikan kesimpulan hanya seperlunya saja.

Jika program acara berjalan dengan baik, pendengar bisa mengetahui poin-poin utama dan argumen-argumen yang mendukung. Jangan lupa kunjungi artikel mengenai contoh tugas naskah drama radio. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Format Dasar Suara Program Radio"

Berlangganan Gratis !