Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Karyawan Khusus Pelayanan

Jenis-Jenis Karyawan Khusus Pelayanan
Semua dasar-dasar pelayanan harus dikuasai oleh semua karyawan, terutama bagi mereka yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Jenis-jenis karyawan yang langsung melayani dan sesuai dengan tugasnya sangat banyak sekali.

Mulai dari tingkat yang paling rendah sampai dengan pimpinan perusahaan harus mampu melayani keinginan dan kebutuhan pelanggan. Hanya saja tugas dan jenis pelayanannya berbeda dari tingkat rendah dengan staff atau pimpinan perusahaan.

Perusahaan pastinya sudah mempersiapkan tugas dan kewajiban sesuai dengan bidangnya masing-masing. Walaupun dalam bidang tugasnya berbeda, namun tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya.

Pelayanan secara langsung dengan pelanggan seperti perusahaan jasa keuangan, transportasi, perhotelan, pariwisata dan lainnya sudah pastinya diberikan tenaga khusus untuk melayani. Berbeda dengan yang di supermarket, swalayan, restoran, dan usaha lainnya harus dibentuk dan dilatih untuk melayani pelanggan. Bukan hanya sekedar melayani tetapi lebih dari itu, harus mampu menguasai pelanggan sampai dengan nilai kepuasan yang diberikan.

Dalam artikel ini, Bray sudah merangkum beberapa petugas yang dibentuk khusus untuk melayani dengan fungsi dan bidang tugasnya masing-masing. Perlu diingat bahwa fungsi dan bidangnya ini berbeda namun tujuannya tetap sama untuk melayani. Jenis-jenis karyawan apa saja yang khusus melayani pelanggan?



Customer Service

Perusahaan sebelumnya sudah mempersiapkan tugas untuk karyawan customer service yang di sengaja dibentuk dalam melayani pelanggan atau nasabah oleh berbagai perusahaan seperti perbankan, asuransi, penggadaian, lembaga pembiayaan, leasing, transportasi, rumah sakit atau lainnya. 

Bagian seperti ini ada didalamnya sebagai resepsionis, deskman, sales, customer relation officer, komunikator dan lain sebagainya. Misalnya resepsionis sebagai penerima tamu, harus bersikap ramah tamah, sopan dan menyenangkan. Dapat mengatur jadwal dan selalu konfirmasi dengan staff yang bersangkutan bila ada tugas kunjungan.

Customer relation officer yang biasa disebut CS, divisinya sangat banyak sekali ada yang melalui telepon, email, media sosial dan lainnya. Fungsinya tetap melayani pelanggan, membina dan meyakinkan agar customer tidak lari dari produk perusahaan yang bersangkutan.

Public Relation

Biasanya disebut PR atau hubungan masyarakat fungsinya berbeda sedikit dengan CS. Fungsi ini dibentuk sebagai orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan atau nasabah, relasi perusahaan, pemerintah dan masyarakat luas.

Public relation ini juga berfungsi memberikan informasi yang akan dikeluarkan seperti produk terbaru dari perusahaan termasuk menghadapi pihak-pihak yang ada masalah dengan pihak perusahaan. Seperti menjelaskan persoalan yang sebenarnya terhadap suatu masalah dengan pelanggan, sehingga menjadi jelas.

Intinya, tugas ini langsung bertemu dengan pelanggan atau klien untuk membangun kepercayaan satu sama lain, melakukan kerja sama sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan perusahaan, kemudian pastinya mampu memberikan solusi dalam penyelesaian masalah.

Pramuniaga

Merupakan karyawan yang khusus melayani pelanggan untuk memilih produk atau jasa sesuai keperluan dan kebutuhannya. Biasanya pelanggan yang langsung menanyakan terkait produk ke pramuniaga yang ada di supermarket atau swalayan. Tugasnya juga menyusun barang-barang atau menyiapkan keperluan toko sebelum di buka.

Seperti minimarket lainnya jika pelanggan berkunjung ke tokonya ada ucapan selamat datang dan terima kasih selamat berbelanja kembali. Bila kamu datang ke toko buku, lalu buku itu tidak ada, kamu bisa menanyakan ke pramuniaga yang sedang bertugas atau standby di tempat. Nantinya akan dipandu mencarikan kebutuhan yang diperlukan pelanggan.

Pada saat toko tutup, pramuniaga bertugas merapihkan kembali barangnya seperti semula. Kemudian membuat laporan administrasi setiap transaksi penjualan, biasanya ini pada saat closing. Catatan tentang laporan penjualan dilakukan oleh leadernya atau pimpinan tim untuk konfirmasi ke perusahaan.

Teller

Atau karyawan kasir yang ditugaskan untuk melayani, pekerjaan yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran transaksi keuangan. Fungsi pertama sebagai teller menerima semua setoran uang tunai atau non tunai dari berbagai pihak. Kedua, melakukan pembayaran uang kepada berbagai pihak, dengan kata lain semua transaksi ke luar dari perusahaan harus melalui teller.

Penyetoran tunai dan penarikan tunai maksudnya adalah uang tunai. Sedangkan penyetoran dan pembayaran non tunai adalah dilakukan dengan menggunakan Cek, Bilyet Giro atau Debit Card. Tugas ini biasanya kita temukan dengan pihak petugas bank.

intinya melayani semua transaksi pelanggan, klien atau nasabah dan juga dapat mengarahkan atau memberikan kepercayaan agar tetap menggunakan layanannya. Karena tugas teller ini ada yang berhadapan langsung terkait transaksi, harus diperhatikan cara kerjanya, ramah tamah, dan tindak tanduk terhadap pelayanan yang diberikan ke pelanggan.

Satuan Pengamanan

Biasa disebut satpam posisi bisa didalam ruangan atau diluar sekitar lingkungan pekerjaan. Posisi ini juga sangat mempengaruhi kualitas pelayanan perusahaan secara keseluruhan. Pastinya melindungi seluruh aset perusahaan, keamanan pelanggan atau nasabah selama transaksi.

Dengan adanya keamanan seperti ini, pelanggan atau nasabah merasa aman untuk melakukan kegiatan jika dijaga oleh keamanan yang baik. Tidak hanya bertindak tegas saja, namun juga harus ramah tamah, sopan santun dan lemah lembut terhadap pelanggan yang berkunjung.

Kemungkinan setiap pelanggan berkunjung, mereka langsung bertemu dengan satpam yang didepan dan langsung menanyakan tujuannya dan menginformasikan kendala yang dialaminya. Disini juga sebagai satpam diharapkan mampu menjawab, walaupun tidak mendalam setiap informasi tentang produknya namun dapat melayani dengan baik.

Setiap perusahaan atau usaha bisnis yang dijalankan sudah pastinya direncanakan dalam membuat tugas kepada karyawan dapat melayani pelanggan secara langsung. Dengan berbagai banyak posisi dalam pelayanan, baik itu didalam atau diluar, bertemu langsung atau secara tidak langsung, memudahkan pelanggan untuk memberikan bantuan berupa informasi yang jelas dan dapat diselesaikan.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis karyawan khusus pelayanan ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengetahui posisi dan tugas siapa saja yang dapat memberikan pelayanan terhadap pelanggan. 

Sebuah pelayanan memang 24 jam dan pastinya tugas seperti ini untuk perusahaan yang besar, sehingga pekerjaan tersebut dibuat shifting sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Memberikan kepuasan pada pelanggan membuat bangga pada diri kita bahwa mereka senang terhadap pelayanan yang diberikan. Tetap semangat dalam melayani. Terima kasih.


Bray
Bray Usaha, Semangat dan Doa

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Karyawan Khusus Pelayanan"

Ikutin Artikelnya Bray, Gratis!