Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konten Youtube Promosi Produk

Konten Youtube Promosi Produk
Catatansibray.com - Bisnis penjualan produk melalui media sosial memang banyak manfaat yang dapat digunakan. Salah satunya adalah memperkenalkan produk atau bisnis kita kepada banyak orang. Begitu banyak jejaring sosial yang digunakan orang, jadi bila kita berjualan di media sosial akan mendapatkan jangkauan yang luas baik ke akun personal atau didalam grup yang sudah dibuat.

Sebelumnya Bray sudah menjelaskan cara berjualan di media sosial instagram, facebook dan twitter. kalian bisa cek konten sebelumnya, siapa tahu bisa kamu gunakan sebagai referensi jualan di medsos.

Sekarang Bray ingin bagi jurus jualan di media sosial youtube. Artikel ini lebih menjelaskan ke pembuatan konten promosi produk, bukan cara mendaftar atau mendapatkan iklan di youtube. Jadi ingin membuka ide kalian untuk membuat konten di youtube.

Seperti biasa, jika berjualan itu memang diperlukan biaya awal untuk membuat sesuatu yang baru apalagi untuk promosi produk kita.

Namanya youtube pastinya berbentuk video yang diperlukan adalah kamera untuk perekam, mengedit videonya bisa dari laptop atau handphone, dan selalu sediakan catatan untuk rencana perekaman seperti rundown. Kalian bisa cek di artikel sebelumnya, Bray sudah pernah menjelaskan cara membuat rundown radio. Bila perlu, buat teks narasi jika ada rekaman video saat berbicara.

Berjualan di youtube memang banyak caranya, tapi bagaimana kita dapat menjangkau viewer lebih banyak untuk mengenal produk yang akan kita promosikan. Ada video produk yang hanya hitungan detik dan yang paling lama itu biasanya 3 menit. Tapi Bray sarankan baiknya membuat konten video produk itu 3 menit saja. Jika kamu membuat video produk hanya 10-30 detik mungkin akan seperti iklan yang lewat.

Bagaimana cara membuat konten promosi produk di youtube? Bray sudah merangkum berbagai sumber terpercaya untuk mengulas artikel ini, berikut ide yang bisa kamu gunakan.



Video Promosi

Konten Youtube Promosi Produk
Contoh Youtube
Channel: Jago Animasi
Judul: Video promosi iklan produk

Konten ini menawarkan produk atau jasa di channel kita berupa sebuah informasi yang akan mengenalkan ke semua orang, bisnis apa yang sedang kita jalankan.

Seperti berjualan pakaian, kamu bisa memberikan 1 video dan tampilkan 5 baju dengan 1 merek untuk 3 menit. Bisa juga 1 baju saja namun nanti videonya hanya hitungan detik dan itu juga editnya akan banyak effect yang digunakan.

Intinya untuk konten promosi ini adalah untuk mengenalkan produk kita, apa saja yang kamu punya untuk dijualkan.

Video Edukasi

Konten Youtube Promosi Produk
Contoh Youtube
Channel: WardahBeuty
Judul: Tutorial: Facial at Home

Konten ini lebih ke tips dan trik membahas topik-topik yang berkaitan dengan produk. Memberikan informasi yang bermanfaat untuk penonton, kenapa harus membeli produk kamu.

Seperti berjualan minuman kopi. Kamu membuat video cara memilih kopi untuk kesehatan atau trik membuat kopi yang nikmat. Disini bisa menghadirkan video kamu sedang membuat kopi produk yang kamu miliki dan sisikan bagian akhir video ada promosi produknya.

Namanya konten edukasi pastinya memberikan informasi yang bermanfaat dan jangan asal membuat video. Baiknya kamu rangkum dahulu kebenarannya dari sumber terpercaya.

Video Review

Konten Youtube Promosi Produk
Contoh Youtube
Channel: Spacekosong_INC
Judul: EPS choco banana muffins by @devany.bakes

Konten review ini menghadirkan video tentang produk dari tim kerja bisnis kita atau bisa juga memanfaatkan video review dari para pengguna produk, pelanggan kamu.

Siapa tahu pelanggan kamu itu youtuber juga dan sedang review produk kamu. Bisa kamu ambil videonya dan kumpulkan di channel youtube kamu kemudian di publikasikan.

Video review ini lebih ke pengguna produk atau pelanggan yang baru sedang mencoba. Bukan berarti ini testimonial ya, tujuannya ini ingin tahu produk kamu.

Video Wawancara

Konten Youtube Promosi Produk
Contoh Youtube
Channel: Saidil Ikhwan
Judul: Wawancara singkat tentang "Produk JASKI" Minuman sehat bersama Bung Roiyan !!!

Konten wawancara ini fokus ke tanya jawab, bisa itu dari tim kerja bisnis, pendiri atau pemimpin, bisa dengan pelanggan kamu juga. Bila perlu wawancari  tokoh-tokoh yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Jika kamu menjalankan bisnis kesehatan, bisa kamu wawancari seorang dokter atau pasiennya. Buat teks pertanyaannya dan jangan lupa berikan bagian promosi produk kamu di videonya.

Membuat video wawancara ini baiknya membuat rundown teks atau bisa dibuatkan outline video agar mudah merekam dan memilih bagian video yang akan di publikasikan.

Video Testimonial

Konten Youtube Promosi Produk
Contoh Youtube
Channel: Mia Audina 9
Judul: Contoh video testimoni produk makanan atau cemilan

Konten testimonial ini pastinya ke pelanggan yang sudah menggunakan produk agar dijadikan bukti sosial bahwa produk kamu itu memuaskan. Dengan video seperti ini bisa menarik dan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Mungkin kamu perlu ijin dengan pelanggan kamu untuk merekam video testimonialnya. Biarkan pelanggan tersebut menggunakan produk kamu, sampai waktu yang tepat kamu bisa meminta pelanggan untuk memberikan pendapat atau komentar mengenai produk yang digunakan.

Lebih banyak video testimonial akan menjadi bagus. Apalagi jika ada endors dari selebgram atau youtuber ternama, sehingga produk kamu lebih terpercaya.

Video Info Bisnis

Konten Youtube Promosi Produk
Contoh Youtube
Channel: INF-IPB Projects
Judul: Company Profile Maraca Books and Coffee by Mitgift Studio

Konten ini lebih ke bisnis kita misalnya video event, video acara bisnis, video company profile, video dari tim bisnis atau di balik layar dan sebagainya. Dengan video seperti ini bisnis kamu akan dikenal dan lebih lengkap siapa penjualnya.

Dari sekian banyak video youtube yang Bray lihat, lebih banyak menggunakan konten ini. Misalnya merekam tempat kopi atau cafe, suasana tempatnya bagaimana dan cara kerja kita membuat kopinya seperti apa. Bray lebih suka pengambilan gambarnya ini seperti dokumenter jadi terlihat ada storytellingnya.

Video ini lebih fokus ke pengenalan bisnis kita, apa saja yang kita lakukan dan keberhasilan apa yang sudah kita capai. Sangat bagus untuk dipublikasikan sehingga penonton nanti akan terkesan dengan bisnis yang kita jalankan.

Jika kamu butuh ide untuk video youtube, gunakan beberapa tools berikut:
1. Buzzsumo
2. Google Keyword Planner
3. Google Trends
4. Uber Suggest

Cara Produksi Video Youtube:
1. Mendapatkan Ide Video
2. Membuat Naskah Video/Outline Video
3. Merekam Gambar dan Mengumpulkan Materi Video
4. Editing
5. Publikasi Video

Aplikasi atau software video gratis yang bisa kamu download tanpa watermark:
1. Olive 
https://www.olivevideoeditor.org/
2. Shotcut
https://shotcut.org/
3. Davinci Resolve
https://www.blackmagicdesign.com/products/davinciresolve/

Jika ingin mengedit video dari handphone dan tidak ada watermark, Bray sarankan download aplikasi VLOGNOW di google playstore.

Rekomendasi upload video di youtube:
1. Format MP4 atau Mpeg4
2. Tinggi lebar 1920x1080 dan resolusi HD minimal 1080 pixel.
3. Aspek rasio 16:9
4. Pengaturan Video Codec: H264
5. Pengaturan Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48khz)
*agar video tidak pecah atau rusak, Bray sarankan menggunakan frame rates sesuai dengan video aslinya.

Demikan artikel mengenai rencana membuat konten youtube promosi produk ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk kamu yang ingin berjualan atau promosi bisnis di youtube. Jangan lupa kunjungi artikel mengenai pemasaran promosi produk di media sosial.

Awal keberhasilan itu dari perjalanan yang sangat berat dan sudah merasakan kegagalan. Pelajari dari awal lagi dan lakukan secara totalitas. Saatnya untuk berkarya dan mulai usaha bisnis dari sekarang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Konten Youtube Promosi Produk"

Berlangganan Gratis !