Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berjualan Di Instagram Dengan Fitur Bisnis

Berjualan Di Instagram Dengan Fitur Bisnis



Catatansibray.com - Berjualan di media sosial banyak caranya, terutama pada aplikasi instagram. layanan jejaring sosial yang dimiliki oleh facebook sangat membantu untuk penggunanya dalam hal penjualan. Dari segi fitur, postingan dan interaksi yang dapat digunakan untuk menjangkau calon pembeli.

Walaupun facebook sudah bisa membuat halaman sendiri dari fanspage, kini bisa di sambungkan dengan akun instagram kita untuk berjualan. Jadi setiap produk yang kita posting akan muncul di instagram dan facebook secara bersamaan.

Begitu juga dengan pesan yang masuk dari instagram akan muncul notifikasi pesannya di fanspage. Temen-temen bisa cek artikel sebelumnya cara berjualan di halaman facebook. Di artikel tersebut menjelaskan dari awal pembuatan sampai terbentuknya toko online di facebook.

Disini Bray akan menjelaskan cara pembuatan toko online di instagram dengan fitur bisnis, karena memang fitur ini sangat meyakinkan calon pembeli saat melihat tampilan Bio kita.

Kenapa harus menggunakan fitur bisnis di aplikasi Instagram?
  1. Bio yang dapat dipercaya oleh calon pembeli.
  2. Terdapat Insight dan kinerja postingan.
  3. Menjangkau lebih banyak pelanggan dan membangun bisnis.
  4. Tersedia tombol kontak untuk memudahkan orang-orang menghubungi.

Fitur bisnis ini hampir sama dengan fanspage facebook, namun ada beberapa perbedaannya dari tampilan instagram saat digunakan untuk berjualan. Bray tidak menjelaskan perbedaanya namun ke pembuatan akun toko online atau online shop dengan menggunakan fitur bisnis di Instagram.

Awal pendaftaran instagram, akun kita sudah dikategorikan untuk pribadi. Memang akun baru masih bersifat personal maksudnya tidak ada hubungan dengan bisnis dan partner lain yang sudah disediakan dari instagram. Banyak kategori yang dapat kita gunakan, ada kreator dan bisnis. Cara membuat akun kreator dapat dibaca artikel sebelumnya.

Fitur Bisnis

Berjualan Di Instagram Dengan Fitur Bisnis
Di profile instagram pergi ke pengaturan, pilih akun.
Lalu beralih ke akun profesional. Tampilannya seperti gambar diatas ada kreator dan bisnis. Untuk tujuannya sebagai promosi, pemasaran atau penjualan kita pilih fitur bisnis. Selanjutnya kita diarahkan memilih bidang pemasarannya seperti produk/layanan, belanja & ritel, restoran, dan lain sebagainya.

Setelah memilih kategori, lalu mengisi informasi bisnis untuk ditampilkan pada profile kita. Email, nomor kontak, dan alamat bisnis, agar orang-orang yang meninjau profile dapat langsung mengubungi kita. Jangan lupa untuk hubungkan akun instagram kita ke facebook, agar setiap postingan, pemberitahuan atau pesan dapat saling terhubung dari kedua media tersebut.

Menu Profile

Berjualan Di Instagram Dengan Fitur Bisnis
Aplikasi instagram kita sudah menggunakan fitur bisnis. Kemudian ada edit profile, promosi dan Insight. Apa fungsi dari 3 menu tersebut?

Edit Profile

Salah satu cara memperkenalkan nama toko online atau brand kita dengan mengisi semua biodata pada edit profile ini. Jika ada situs web toko online kamu, cantumkan saja. Apabila toko kamu sudah terdaftar di tokopedia, bukalapak, blibli dan lainya, baiknya menggunakan linktree.

Linktree ini membantu kita untuk menampilkan banyak tautan yang kita miliki, jadi calon pembeli mudah konfirmasi kita mau membeli melalui kontak whatsapp atau layanan eCommerce tersebut.

Lalu informasi bisnis publik, ini yang sangat penting karena calon pembeli akan melihat biodata kita dari sini. Pastikan kamu sudah mengisi opsi kontaknya dan setting tampilan profile sudah aktif, geser tombol ke kanan. Jika kamu mengaktifkan tampilan info kontak, akan muncul tombol email pada bio kamu agar calon pembeli ini dapat konfirmasi melalui email.

Promosi

Menu ini membantu kita untuk menjangkau banyak orang untuk melihat postingan kita. Disini kita juga bisa memilih postingan mana yang ingin di promosikan. Setelah memilih postingannya kita diarahkan ke halaman facebook untuk mengatur pembayarannya.

Pengaturannya ini bisa di setting dari waktu kapannya posting, jumlah jangkauan, dan mengelola promosinya. Jika kamu sudang punya banyak anggaran, baiknya menggunakan menu promosi ini. Membantu kita menjangkau pengguna instagram dan berinteraksi lebih banyak komentar di setiap postingan yang kita promosikan.

Insight

Dalam menu ini kita bisa melihat grafik atau persentase setiap postingan, cerita, dan promosi. Perhitungannya perminggu atau selama 7 hari. Kita bisa cek jumlah siapa saja yang mengunjungi profile dan mengukur tindakan yang diambil oleh orang-orang saat mereka berinteraksi dengan kita. 

Selanjutnya melihat persentase jumlah pengikut atau pertumbuhan akun kita berapa yang mengikuti dan tidak mengikuti. Ada juga grafik lokasi mana saja yang sudah kita jangkau dan usia, jenis kelamin, lalu jumlah pengikut dari jam dan hari tertentu.

Dengan adanya insight seperti ini, dapat dijadikan laporan mingguan dalam bisnis kita untuk membangun akun toko online di instagram.

Setelah mengetahui dasar dari 3 menu tersebut, apa lagi yang kita gunakan?
Agar online shop terlihat keren lagi, kamu bisa cek di pengaturan lalu pilih bisnis.

Pengaturan Bisnis

Berjualan Di Instagram Dengan Fitur Bisnis
Di menu ini, ada pembayaran promosi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kita diarahkan ke halaman facebook untuk mengatur pembayarannya. Persetujuan konten bermerek ini untuk menandakan keaslian konten kita pada postingan atau story secara real.

Jika kamu memilih beriklan di instagram, postingan atau story ini akan masuk ke galeri iklan. Jadi galeri iklan ini siapa pun bisa melihat dan mencari iklan tersebut, bisa dicari dari istilah, nama, atau halaman apa pun di galeri iklan instagram.

Kemudian untuk memudahkan kita dalam interaksi pesan kepada calon pembeli, gunakan menu balasan cepat. Menu ini untuk menjawab pesan secara otomatis dengan calon pembeli dengan mengetik 1 kata kode pintasannya lalu muncul kalimat yang ingin dikirimkan pesannya.

Membuat pintasan pesan ini bisa lebih dari 1, agar lebih cepat menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Selanjutnya mengatur batas usia, siapa saja yang dapat melihat akun kita termasuk profile, postingan dan story. Bisa secara default dan memilih berdasarkan negara tertentu.

Semua setelan untuk fitur bisnis di instagram sudah diatur dengan baik. Lalu untuk membuat konten pada postingan penjualan produk atau jasa banyak jenis dan caranya. Saran pribadi untuk akun bisnis memang harus lebih mengadakan konten giveaway, agar lebih terkenal lagi nama brand kita.

Lebih pentingnya lagi dalam mempromosikan produk itu tidak harus secara hard selling, perlu adanya soft selling. Bisa dibaca artikel sebelumnya pemasaran promosi produk di media sosial. Jadi untuk postingan ini tidak setiap hari memberikan gambaran produk lalu diberikan harga, itu namanya hard selling.

Jika soft selling ini, seperti konten tips dan trik, edukasi, testimonial, dan aktivitas apa saja lalu di selingkan dengan produk kita. Bisnis kita ini bisa jadi bermanfaat dan lebih mengenal produk yang kita jualkan. Atur waktunya untuk memposting jenis-jenis konten yang berbeda agar tidak mononton juga dilihatnya.

Artikel mengenai berjualan di instagram dengan fitur bisnis ini dapat membantu teman-teman dalam hal bisnis, terutama membuka toko online atau olshop. Penjelasan dalam menggunakan fiturnya dan menu pilihan dapat dijadikan referensi tambahan dalam mengatur kinerja penjualan di instagram.

Informasi terkait tentang instagram bisnis dapat dilihat di situs resmi Business Instagram untuk mengenal lebih jauh fungsi dan kegunaannya. Setiap layanan jejaring sosial akan ada perubahan dalam fiturnya di aplikasi. Oleh karena itu selalu update aplikasinya melalui play store. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Berjualan Di Instagram Dengan Fitur Bisnis"

Berlangganan Gratis !