Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial

Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial
Catatansibray.com - Pentingnya promosi produk.



Mengapa menggunakan media sosial?

Saat ini kita hidup di era yang serba praktis. Salah satunya dalam hal pemasaran atau promosi produk. Dahulu ketika seseorang hendak mempromosikan bisnis, harus mencetak brosur, memasang poster, menyebarkan kartu nama, pasang iklan di koran, beriklan di radio, dan banyak lagi. Kini, bermodalkan handphone saja kita sudah bisa mempromosikan bisnis.

Salah satu sarana pemasaran yang bisa kita manfaatkan adalah media sosial. Lantas, mengapa memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran?

Praktis

Kini kita bermodalkan handphone atau laptop bisa melakukan promosi produk dan jasa. Salah satunya, kita bisa memanfaatkan media sosial. Semua media sosial dapat kita akses dari handphone. Tentu dengan cara seperti ini sangat praktis dan memudahkan penggunaannya. 

Aplikasi media sosial sudah tersedia tinggal download dari play store, kemudian dalam teknik editing juga ada aplikasi di hanphone yang membantu cara desain gambar dari template tools tersedia.

Murah

Kita tidak perlu mengeluarkan jutaan atau bahkan puluhan juta untuk beriklan. Jika kreatif dan cerdik, kita bisa berpromosi dengan modal yang minim atau dengan layanan gratis. Setiap media sosial diberikan layanan berbayar dan juga gratis dalam setiap promosi, namun tergantung dari kita apakah pendapatan kita sudah siap untuk menggunakan layanan berbayar. Apabila masih pemula lebih baik mencoba dengan layanan yang gratis.

Jumlah Pengguna Yang Besar

Ini yang lebih penting dalam berpromosi. Media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan youtube punya banyak pengguna di Indonesia. Dengan jumlah pengguna dan popularitasnya yang tinggi, tentu media sosial menjadi tempat berkumpulnya pasarmu.

Tentukan target sasaran dari para pengguna media sosial, bisa dilihat dari minatnya, hobi, atau kebutuhannya. Jika ingin mendatangkan audiens dengan jumlah yang banyak, media sosial menyediakan fitur iklan promosi untuk mempercepat jangkuan sasaran penggunanya.

Cara berpromosi dari media sosial harus diperhatikan dari berbagai hal,

Profile

Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial
Tentu sebuah identitas sangat diperlukan dalam promosi. Siapa, darimana, asal usulnya seperti apa, latar belakangnya, sejarahnya dan masih banyak lagi. Profile ini menunjukkan jati diri bisnis kita melalui deskripsi yang tersedia di media sosial.

Mulai dari nama brand atau bisnis kita, foto profile bisa dengan logo yang kita buat, keterangan deskripsi mengenai bisnis kita ini apa atau produk ini seperti apa, cantumkan alamat atau lokasi bisnis, kontak nomor telepon yang bisa dihubungi, dan berikan tautan seperti link dari toko online tokopedia, shopee, bukalapak dan sebagainya.

Oleh karena itu profile ini perlu adanya optimasi yang dapat mempercayakan dan mempercantik dalam biografi si penjual atau branding kita. Sebab melalui bio, kita bisa menampilkan informasi seputar bisnis kita. Kita bisa menyampaikan perkenalan tentang produk atau jasa.

Konten

Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial
Sebuah postingan yang menentukan ketertarikan calon pelanggan. Semua media sosial mempunyai fitur posting yang berbeda-beda, bisa berupa tulisan saja, gambar atau foto untuk menunjukkan produk, dan video. Video ini juga ada yang berupa story atau langsung bisa live di saat itu juga. 

Tergantung dari kita ingin menggunakan fitur yang mana untuk mempromosikan produk. Lebih baik dipersiapkan dahulu editingnya sebelum mempostingnya. Buat jadwal dalam promosi, contohnya hari ini kita membuat konten edukasi, kemudian besok harinya mengenai tips dan trik lalu selanjutnya harus berbeda-beda topik. 

Sebelumnya Bray sudah membahas mengenai konten promosi di media sosial,
Bisa di cek artikelnya ya, disana membahas mengenai pembuatan konten, jenis konten apa saja untuk promosi, dan tools yang dipakai untuk memposting konten. Intinya dalam pembuatan konten ini adalah penjualan produk atau penawaran, informasi produk, review produk dan sebagainya. Karena memang tujuannya mempromosikan produk atau jasa kita.

Perlu diingat juga dalam menawarkan produk melalui hard selling, kita juga bisa gunakan soft selling. Tidak perlu harus menampilkan penawaran produk, tapi bisa juga dengan cara halus, misalnya membuat konten-konten yang menghibur, inspiratif, atau edukatif. Dalam konten tersebut, baru bisa kita selipkan promosi tentang bisnis kita.

Meningkatkan Jumlah Audiens

Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial
Dalam berpromosi di media sosial memang sangat diperlukan jumlah pengikut atau audiens, jika tidak ada mereka kita tentukan targetnya bagaimana. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membangun kesadaran dari orang-orang tentang akun bisnis kita. Tentunya kita menargetkan orang-orang yang memang sesuai target pasar kita.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengikuti akun media sosial target pasar kita, lalu berinteraksi dengan mereka. Atau jika tidak ingin mengikuti mereka, kita bisa sekedar berinteraksi dengan cara like, comment dan subscribe. Dengan melakukan hal ini, setidaknya membuat akun bisnis kita dapat dilihat oleh mereka. Siapa tahu jika merasa cocok, mereka akan mengikuti akun kita.

Cara lain bisa menggunakan melalui hashtag. Kita bisa lakukan pencarian di media sosial memakai hashtag yang berkaitan dengan produk kita sehingga tampil konten yang sesuai dengan bisnis kita. Dari sana kita bisa tahu akun-akun mana yang kira-kira sesuai target pasar kita. Berikutnya barulah kita targetkan akun-akun tadi.

Strategi selanjutnya adalah mempromosikan akun bisnis kita melalui media promosi lainnya seperti dari whatsapp, di website atau blog, kartu nama, company profile, di kemasan produk kita, di banner promosi yang ada di kantor atau toko kita dan masih banyak lagi.

Jika melalui youtube, kita bisa berkolaborasi, berbagi konten, saling tag akun dan sebagainya. Intinya, tampilkan ajakan agar orang-orang mengikuti kita. Jika akun kita berisi konten yang menarik dan sesuai bagi mereka, orang-orang tadi akan mengikuti akun bisnis kita.

Kemudian dengan mengadakan giveaway. Dengan adanya giveaway, kita akan berbagi hadiah kepada orang-orang. Agar bisa ikut giveaway, wajibkan para peserta mengikuti akun bisnis kita. Nantinya kita cantumkan syarat-syarat berikut dalam giveaway:
  1. Wajib mengikuti akun bisnis kita di media sosial.
  2. Wajib komentar di postingan.
  3. Wajib tag teman mereka di komentar.
  4. Wajib repost koten kita di media sosial mereka.
  5. dan lain sebagainya.
Tentunya syarat-syarat tersebut dapat kita sesuaikan sendiri. Namun yang pasti, wajibkan para peserta giveaway untuk mengikuti akun bisnis kita.

Bisnis kita juga bisa bekerjasama dengan influencer di media sosial. Hal ini dapat membantu meningkatkan awareness terhadap akun kita. Ketika brand atau bisnis kita diketahui atau bahkan diikuti oleh para influencer di media sosial, ini akan mendukung kegiatan marketing yang kita lakukan. Untuk berinteraksi dengan para influencer lain, kita bisa mulai dengan cara menyebut akun media sosial mereka di postingan yang kita buat.

Untuk meningkatkan popularitas akun bisnis, kita bisa gunakan iklan di media sosial. Contohnya ada instagram ads, facebook ads, twitter ads, dan youtube ads. Atau bisa juga mendaftarkan langsung ke google ads. Dengan menggunakan fitur iklan seperti ini, kita bisa menentukan target marketing berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi dan minat para audiens. Disini juga kita bisa mengatur jumlah anggarannya dan menentukan waktu promosi dalam memposting konten.

Interaksi Dengan Audiens

Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial
Cara promosi dalam media sosial yang terakhir adalah berinteraksi dengan audiens, follower, atau subscriber. Mereka sebagai calon pelanggan harus tahu informasi mengenai produk kita. Bukan hanya menjual saja namun kita harus bisa melayani di media sosial. Baik itu komentar di konten yang di posting, pesan atau direct message.

Layani setiap pesan yang masuk dari calon pelanggan dan jangan lupa untuk informasikan jam kerja dalam melayani chatnya. Bisa dibuat dari Bio akun atau fitur chat yang tersedia di media sosial. Bila perlu berikan tautan dari whatsapp agar lebih memudahkan interaksi kita dengan pelanggan.

Dalam dunia marketing memang perlu interaksi yang baik dengan calon pelanggan apalagi di media sosial. Banyak akun yang jelas dan tidak jelas, kita bisa mengatur pesan chatnya dari pengaturan di media sosialnya dengan cara menyaring kata atau memfilter komentar agar tidak ada bahasa kalimat yang tidak diinginkan.

Demikan artikel pemasaran promosi produk di media sosial dari catatansibray.com yang sudah mempelajari digital marketing dan menganalisa cara berpromosi di setiap media sosial. Setiap media sosial akan selalu ada perubahan karena perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Oleh sebab itu gunakan fasilitas dari layanan jejaring sosial tersebut sebagai media kita berpromosi produk atau jasa. Memperkenalkan akun bisnis ke media sosial memang butuh proses yang panjang namun dengan ide yang kreatif bisa membangun bisnis yang besar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Pemasaran Promosi Produk di Media Sosial"

Berlangganan Gratis !