Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Dan Perbedaan Media Sosial

Perkembangan Dan Perbedaan Media Sosial



Catatansibray.com - Mendengar kata media, dibenak kita pasti langsung menjawab media sosial. Memang jejaring sosial sedang merajai dunia internet, seperti facebook, twitter, instagram, dan masih banyak lagi. Bukan berarti media sosial itu untuk tempat curhat saja, bisa untuk berbisnis atau berjualan, share berita informasi dan juga membuat orang mengenal kita.

Lebih tepatnya media itu membawa pesan-pesan dari sumber untuk disampaikan kepada penerima. Bisa melalui jejaring sosial atau saling berbicara. Banyak orang menggunakan media untuk pembelajaran, kenapa? karena semua aspek yang mempengaruhi orang itu untuk merangsang pikirannya, lalu ke perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar.

Contohnya jika kita ingin mencari informasi pastinya buka internet lalu searching di google. Dimana media cetak seperti koran atau surat kabar, majalah, buku, apakah masih ada yang minat untuk membacanya? Ada lagi audio visual seperti radio, apakah masih ada yang punya radio? Seiring perkembangan teknologi dari jaman ke jaman, akan memudahkan manusia lebih cepat mendapatkan informasi.

Apa Saja Fungsi Media?

  1. Lebih tepatnya sebagai sarana informasi.
  2. Sebagai sumber pembelajaran.
  3. Mengapresiasikan pendapat, ide dan gagasan untuk khalayak.
  4. Menyampaikan pesan-pesan tertentu.
  5. Mencari sumber informasi.
  6. Memberikan hiburan.
Tujuannya tetap memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan wawasan dan kecerdasan. Lalu apa dampak negatifnya? Banyak! Tidak jauh dari kata HOAX atau informasi palsu. Memang mudah untuk menyampaikan pesan di media sosial, namun apakah berita itu benar-benar terjadi? Ada konten negatif yang mengandung ujaran kebencian, SARA, serta radikalisme dan semacamnya, namun si pembuat konten tersebut dengan pintarnya mengolah kata-kata yang dapat membujuk atau mengajak si pembacanya.

Dalam pesan informasi yang begitu cepat, kita juga harus perhatikan isi konten tersebut, apakah benar atau palsu. Sumber referensi dari kominfo.go.id Ini Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya.
  1. Cek dahulu judul beritanya apakah sensasional atau provokatif.
  2. Periksa faktanya dari beberapa situs resmi dan lihat apakah berdasarkan fakta atau opini.
  3. Keaslian gambar, bisa cek di kolom pencarian google images.
  4. Informasi berita bisa diperhatikan dari alamat situsnya. Apakah situs berita resmi atau tidak.
  5. Bergabung dalam komunitas anti hoax, seperi di fanspage facebook.
Cara mengatasi berita hoax adalah mencari berita yang serupa dari media resmi. Periksa sumber situsnya lalu amati jenis berita. Jika kamu mendapatkan informasi hoax segera melaporkan kominfo melalui emailnya di aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Sumber informasi dari media bermacam karakteristiknya, ada feedback dari pembaca, forum yang diperbincangkan dan keterhubungan dari sumber penulis dangan pembaca. Lalu sumber informasi ini bisa kita terima dari media sosial dan jejaring sosial. Dari kedua ini ada perbedaan antara media sosial dan jejaring sosial.

Media Sosial

Perkembangan Dan Perbedaan Media Sosial
Kategori situs media sosial seperti blog, jejaring sosial, forum internet dan dunia virtual. Dunia virtual ini berupa tiga dimensi contohnya game online yang ada di komputer atau di ponsel. Pengertian media yang berarti membawa pesan dari sumber untuk disampaikan kepada penerima. Kemudian pemahaman sosial adalah interaksi media massa yang masuk ke dalam jaringan populasi kehidupan manusia.

Dengan kata lain media sosial ini interaksi ke berbagai jaringan melalui internet dalam waktu cepat dan tak terbatas. Perkembangan media sosial ini tumbuh sangat cepat karena kita hidup di era digital dan setiap orang memiliki medianya masing-masing.

Media sosial dalam arti bahasa Inggris social media. Akses dari media sosial ini memudahkan penggunanya dengan menyebarkan informasi bisa berupa tulisan, gambar ataupun video tergantung model konten yang dipilih. Seperti situs berita yang dapat kita share langsung ke jejaring sosial.

Berawal dari mobile, penggunaan telepon seluler atau HP yang teknologinya semakin cepat mengakses informasi. Dari penerbit surat kabar atau koran seperti detik.com, kompas.co, beritanet.com dan lain sebagainya sudah mengalihkan informasinya melalui jejaring sosial. Lalu membuat aplikasi tersendiri yang tersedia di playstore. 

Contoh situs yang dapat kita ambil adalah kompas. Dikutip dari wikipedia sejak tahun 1969, informasi kompas ini melalui surat kabar media cetak berupa koran. Kemudian tahun 2011 berkembang di dunia digital yang dapat kita akses di situs kompas.com dan kompas mobile.

Kemudian disisi lain media yang dapat berkarya menuangkan ide sendiri ada situs blog yaitu blogger  dan wordpress. Berkarya dengan konten video dan musik, ada youtube.

Manfaat Media Sosial

Mendapatkan Penghasilan

Memang saat ini jamannya internet mobile, mudah mendapatkan informasi dengan cepat. Sekalinya searching di google langsung muncul jawabannya. Buka situs websitenya, eh muncul pop up iklan, dapat uang deh. Mau streaming nonton film lama, pas dibuka berat banget, ternyata tampilannya banyak iklan, dapat lagi uang.

Membuat artikel di blogger atau wordpress, sudah banyak pembacanya, langsung daftar google adsense. Bisa juga cari afiliasi untuk bekerjasama dan saling menguntungkan, promosikan situs webnya di blog kita, bisa dapat penghasilan tambahan lagi.

Bikin video di youtube juga sama, taulah konten yang tadinya hanya biasa saja lama-kelamaan jadi luar biasa, terus jadi artis, sudah tahukan siapa orangnya. Tapi kenapa ada beberapa artis yang juga masih eksis di youtube? kan sudah ada penghasilannya dengan main film atau isi acara program tv. Positive thinking ya bray.

Jadi Terkenal

Mungkin ini kali ya artis pindah ke youtube sudah terkenal ingin terkenal lagi, dengan konten kesehariannya, lalu ada media tv gosip meminta videonya untuk dijadikan acaranya. Kita ambil sumber positifnya saja, informasi yang bermanfaat untuk kita.

Ada lagi melalui jejaring sosial, dengan postingan-postingan lucu yang kekinian lalu di follow, terus postingannya di share lagi ke temennya, jadi terkenal deh.

Nah, kalau website blog bagaimana? Jika blog kita ingin dikenal banyak pembaca, share di media sosial. Siapa tahu ada yang klik situsnya dan dibaca orang. Atau kamu bisa buat profilenya sendiri dengan mencantumkan nama website atau blog kamu. Jika website yang besar, biasanya menggunakan promosi yang otomatis di internet akan muncul. Seperti menggunakan google ads.

Bisa Berjualan

Banyak banget toko online di website ataupun fitur aplikasi yang didownload, jadinya bingung pilih yang mana. Toko online yang besar seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, dan masih banyak lagi. Bisa pembelian melalui websitenya langsung, atau order di aplikasinya. Lalu bagaimana nasib website toko online yang kecil? Masih banyak cara untuk berjualan.

Jika kamu sudah sering share produk tapi masih tidak dapat calon pelanggan, kan bisa kerjasama dengan toko online yang besar. Kamu tinggal buka websitenya dan daftar sebagai seller atau penjual. Jadi kamu hanya pikirkan cara promosinya. Bisa juga meningkatkan kunjungan pembeli di website kamu, dengan cara bertukar link dengan link lainnya, ini yang disebut afiliasi.

Jejaring Sosial

Perkembangan Dan Perbedaan Media Sosial
Kategori situs jejaring sosial seperti website facebook, twitter, instagram, linkedin, dan sebagainya. Namun lebih dominannya kita lebih sering mengatakan media sosial, karena situs tersebut sudah menjadi aplikasi di ponsel. Dari kata "jejaring" saja dalam pandangan kita adalah hubungan sosial atau ikatan.

Ikatan seperti keluarga, saudara, dan pertemanan. Bisa menemukan profile seseorang, bertemu dengan teman lama dan bertemu teman baru. Berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Jangkauan sosial ini tidak ada batasnya, seiring berjalannya waktu kita akan menemukan jaringan yang baru.

Dampak negatif pada situs jejaring sosial sering terjadi dan sudah banyak disalahgunakan, seperti adanya penipuan menggunakan akun yang tidak real atau palsu. Memang mudah mendaftarkan akun jejaring sosial dengan menggunakan alamat gmail kita. Namun profile sebagai identitas dan foto penggunannya.

Situs jejaring sosial diartikan bahasa Inggris menjadi social network sites mempercepat pertumbuhan teknoginya untuk sebuah bisnis. Seperti situs facebook (dari wikipedia) dengan CEO bernama Mark Zumberg didirikan pada tahun 2004 meningkat pesat jumlah daftar akun aktif pada tahun 2017 mencapai angka 2 miliar, sampai saat ini masih ada pengguna aktifnya.

Lalu ada aplikasi instagram didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Kemudian di tahun 2012 facebook mengambil alih aplikasi ini. Semakin bekembangnya teknologi, platform media sosial ini terus berkembang dengan perubahan fitur yang terbaik memudahkan pemakaiannya.

Manfaat Jejaring Sosial

Mudah Berinteraksi

Walaupun jaraknya jauh masih dapat berkomunikasi dengan orang lain. Interaksi ini dapat berupa koment posting, mengirim pesan di halaman profilenya, dan chat langsung. Lalu ada fitur yang bisa langsung telepon dan video call. Jadi tidak memandang jaraknya yang jauh karena adanya jejaring sosial.

Bertemu Teman Lama Atau Baru

Namanya juga jaringan, dari si A mengenal si B, dan kamu mengenal si B yang ternyata teman masa kecil kamu, begitulah seterusnya. Bergabung dalam komunitas atau grup sehingga kita mendapatkan teman baru. Jaringan sosial tidak ada batasnya untuk berkenalan dengan orang baru, karena setiap harinya akan ada akun baru yang daftar pada aplikasi tersebut.

Dapat Melakukan Promosi

Bisa untuk berjualan atau memperkenalkan komunitas dengan cara share atau membagikan. Sebuah komunitas bertujuan menambahkan anggotanya untuk bergabung. Lalu dengan cara berjualan bisa dilakukan dengan cara posting di akun pribadi atau mendaftarkan iklan. Mendaftarkan iklan ini juga dengan cara berbayar, tergantung dari ketentuan masing-masing dari penyedia layanan aplikasi.

Hiburan

Dengan membaca postingan dan melihat konten yang menarik. Senang bergaul di media sosial karena banyak pilihan fitur yang unik. Mengirimkan gambar, emoticon, video lucu, dan saling mengirimkan kartu ucapan.

Peluang Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan memanfaatkan jejaring sosial media ini untuk mengembangkan bisnis penjualannya dan meningkatkan citra mereka. Dengan produknya ini bisa dijadikan iklan yang sering muncul pada aplikasi media sosial. Lalu dengan jejaring sosial ini dapat sebagai alat membangun dan mempertahankan hubungannya dengan pelanggan. Sehingga perusahaan akan mudah dikenal banyak orang dengan adanya layanan jejaring sosial.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa informasi yang terdapat dalam media sosial akan cepat mengirim pesan ke jejaring sosial, sehingga dapat kita terima baik itu berupa tulisan, gambar, atau video. Setiap kegunaannya memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap diri kita masing-masing, namun sebagaimana mestinya kita gunakan ini dengan kepentingan yang baik.

Untuk kamu yang suka cari-cari informasi melalui media, carilah yang bermanfaat dari sumber terpercaya. Untuk kamu pencipta konten website, buatlah ide yang menarik dan berguna untuk semua orang. Buat kamu yang berjualan online, gunakan media sosial sebaik mungkin, jangan mengecewakan pembeli, jika ingin laku, buatlah layananmu menjadi terpercaya.

Dalam penyebaran informasi juga dapat kita berikan kritik dan saran langsung dari situsnya atau tautan yang sudah di share ke jejaring sosial. Berhati-hati dalam interaksi jangan sampai salah menyebarkan informasi. Sekian artikel perkembangan dan perbedaan media sosial versi catatansibray.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Perkembangan Dan Perbedaan Media Sosial"

Berlangganan Gratis !