Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bentuk Penyajian Berita Radio

Contoh Bentuk Penyajian Berita Radio



Catatansibray.com - Perlu diingat kembali bahwa ciri khas radio adalah sesuatu yang dapat kita rasakan memberi efek pada indera pendengaran. Ada tiga bentuk kebutuhan dasar untuk pendengar radio, ada berupa informasi, pendidikan, dan juga hiburan. Oleh karena itu radio mempunyai kekuatan terbesar sebagai media imajinasi. Menciptakan sebuah visual gambar dalam imajinasi pendengar dengan kemampuan kata per kata dan suara yang berintonasi sangat jelas.

Sesuai dari siaran penyajian acaranya, secara umum radio memiliki dua jenis bagian yaitu berita dan non berita. Dalam penyampaian berita di radio harus bisa mengontrol suara mulai dari pola titi nada atau dibilangnya pitch control, lalu kerasnya suara atau loundness dan kadar suara agar dalam menginformasikan berita dapat sanggup berkomunikasi secara mantap dan dapat dipercaya.

Bagitu halnya dengan non berita, harus bisa mengikat pendengarnya, menyelami dan mendekati keinginannya, juga punya suara yang menyenangkan. Baca juga artikel terkait mengenai panduan dispro radio non berita. Intinya disiplin kreatif ya dalam bersiaran. Namun kali ini Bray akan membahas mengenai acara berita radio dahulu.

Berita Radio

Berita radio dapat diartikan sebagai fakta yang berupa peristiwa atau makna penting juga menarik bagi para khalayak pendengar. Ada dua bentuk populer berita radio yaitu siaran langsung atau live report dan siaran tunda.

Berikut gambaran proses produksi berita.
►Pertama
Lokasi : ruangan redaksi
Kegiatan : perencanaan
Bahan : media lain, fakta, dan data.

►Kedua
Lokasi : Lapangan
Kegiatan : Mencari bahan berita
Meliputi : wawancara, observasi, merekam atmosfer, mencatat data.

►Ketiga
Lokasi : studio atau ruangan redaksi
Kegiatan : Produksi
Meliputi : seleksi data, menulis naskah, editing serta mixing.

►Keempat
Lokasi : Studio siaran atau on air
Kegiatan : Penyiaran
Meliputi : Pembacaan pengantar oleh presenter, pembacaan laporan oleh reporter, koordinasi telepon Interaktif (jika ada).

►Kelima
Lokasi : Ruang redaksi
Kegiatan : Evaluasi
Meliputi : Perbandingan rencana dengan hasil yang diperoleh serta antisipasinya dan rencana episode berikutnya.

Beberapa aktivitas dalam siaran radio di luar negeri tidak menyebut news secara definitif atau bukan untuk sementara, tapi mengacu pada nilai kelayakan berita. Misalnya kerusuhan, konflik politik, prestasi manusia, peristiwa aneh atau definisi operasional. Secara umum jenis-jenis berita ada dua kategori, yaitu hard news dan soft news.

Hard News

Hard News adalah berita mengenai kejadian penting yang baru saja terjadi saat ini atau bisa juga dengan sesuatu peristiwa yang akan terjadi nanti. Contoh naskah:
Contoh Bentuk Penyajian Berita Radio

Soft News

Sedangkan Soft News merupakan berita yang memiliki maksud untuk menghibur, biasanya informasi ini pada human interest. Contoh naskah:
Contoh Bentuk Penyajian Berita Radio

Jenis-jenis berita bisa berupa darurat, pemerintah likal dan nasional, perencanaan, konflik dan pertentangan, kelompok-kelompok penekan industri, kesehatan, masalah kemanusiaan, pribadi yang menarik, olahraga, berita musiman, cuaca dan perjalanan, binatang dan berita-berita lucu.

Struktur Berita

Sebagaimana struktur berita seperti berita-berita pada media cetak, radio juga menggunakan struktur piramida terbalik. Secara teknisnya dalam penggunaan piramida terbalik ini memudahkan para pendengar yang waktunya terbatas, mempermudah juga dalam proses penyuntingan nanti, dan berita akan berjalan baik dengan informatif juga tidak bertele-tele dalam produksinya.

Di dalam penyusunan struktur berita radio harus sesuai dengan penyajiannya.
  1. Lead in: peristiwa 1, fakta berita yang terpenting (siapa, apa, dimana dan kapan).
  2. Peristiwa 2 ada kronologi yang tidak begitu penting dari peristiwa 1.
  3. Peristiwa 3 adalah gabungan ulang dari fakta terpenting dan kronologi lead out menyebutkan konteks peristiwa lain dengan data, waktu, tokoh, dan peristiwa penting sebelumnya.

Contoh Bentuk Penyajian Berita Radio

Buletin Berita

Berita ini bisa dibilang seperti format paket atau package format, namun di radio ini adalah sekumpulan berita pendek yang disajikan dalam satu paket berita. Topik dan konteksnya pun bermacam-macam, ada yang saling berhubungan dalam satu tema besar dan ada yang tidak berhubungan sama sekali.

Contoh berita yang berhubungan seperti berita olahraga, sedangkan yang tidak adalah aneka berita. Apabila materinya ringkas disebut sari berita, jika beritanya sedikit namun secara mendalam dinamakan fokus berita. kesemuanya ini disebut buletin berita.

Dari waktu ke waktu buletin berita ini lebih sering mengalami perubahan modifikasi dalam penyajiannya. Sebelum pengantar (fade in) dan sesudah penutup (fade out) diberi potongan musik instrumental sebagai identitas khusus yang bisa diingat pendengar seperti intro berita milik radionya sendiri ID Station, diberikan jingle atau smash sekedar jarak ke tune berikutnya. Bahkan dari satu berita ke berita lain diberi jeda musik.  

Bentuk beritanya juga tidak lagi berstruktur lurus, atau tidak teratur dalam pengemasan temanya melainkan berita bersisipan, bahkan tulisan hasil reportase atau dikatakan feature lebih bersifat subyektif tersirat opini atau sudut pandang penulis.

Kenapa? Karena dilengkapi dengan wawancara dan analisis pakar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi dalam penyajian berita radio, terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Contoh Bentuk Penyajian Berita Radio"

Berlangganan Gratis !