Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Contoh Teks Format Penyajian Berita TV



Catatansibray.com - Ada beberapa format berita TV yang masing-masing memiliki kekuatan dan tujuan tersendiri, karena tidak semua berita bisa dikemas dalam satu paket berita maka disitulah perlunya pembedaan format. Meski berita TV mengunggulkan gambar, namun bukan berarti ketiadaan gambar menjadi kendala seorang jurnalis TV dalam membuat berita.

Format berita digunakan sebagai upaya membuat suatu tayangan berita lebih dinamis dan variatif. Diharapkan dengan pembuatan format berbeda, kesan yang ditangkap pemirsa terhadap sebuah berita pun menjadi lebih lengkap dan kaya.

Untuk membuat tampilan show sebuah program berita tv menarik dan dinamis, maka kemasan berita harus disajikan sedemikian rupa. Hal ini karena berita TV adalah sajian audio visual, sehingga format berita harus dirancang berdasarkan informasi dalam bentuk audio visual yang dapat diterima oleh masyarakat luas. 

Dalam dunia jurnalistik televisi dikenal beberapa jenis format berita seperti Package, Live Voice Over (VO atau OOV), Sound on tape (clip), copy story (reader), voice over full grafis, live, live in tape (as a live), telephone interview, dan Vox Pop. Berikut pengertian dan jenis format berita yang sering digunakan di TV dengan contoh naskah atau teks seorang reporter.

Format Paket (Package Format)

Format package adalah jenis format paling lengkap dalam tayangan berita tv. Semua unsur berita tv masuk dalam format jenis ini. Format berita ini dimungkinkan jika unsur data, gambar dan suara dimiliki secara lengkap. Gambar-gambar yang lengkap, bagus dan kuat harus dibuat dalam format paket.

Format ini juga disebut dengan reporter package atau paket reporter, karena format ini memberikan kesempatan kepada reporter untuk membacakan sendiri laporan yang dibuatnya melalui voice over atau dubbing.

Penyajiannya ini di desain sebagai suatu standar bagi sebuah penyiaran berita TV. Karena reporter membacakan laporannya sendiri, maka mereka membuar dua bagian laporan. Bagian pertama adalah lead atau disebut juga intro yang durasinya antara 15 sampai 20 detik. Lead atau intro itu nantinya akan dibacakan oleh penyiar berita di studio sebelum paket berita milik reporter disiarkan dalam on air.

Sementara bagian kedua adalah laporan utama. Panjang paket reporter berkisar antara satu setengah hingga 3 menit, bergantung pada bobot dan kepentingannya atau panjang durasi buletin berita. Biasanya reporter yang bersangkutan juga akan muncul di layar secara on cam pada bagian depan, tengah atau belakang berita dengan latar belakang objek yang dilaporkan.

Seorang reporter harus memiliki kualitas suara yang bagus dan jelas dalam melafalkan setiap huruf serta kata. Kemudian diharapkan memiliki wajah yang menarik agar dilayar tv nanti membawa daya tarik penonton. Jika kedua kriteria ini tidak dimiliki, sebaiknya tidak memilih format ini.

Dalam bentuk penyajian format seperti ini, reporter baiknya menunjukkan identitas dirinya pada akhir laporan. Jadi bisa saja 2 kali dalam satu paket laporan berita. Tetapi menjelang akhir laporan, perlu menyatakan dari mana, siapa dan untuk televisi mana dia melaporkan.

Contoh naskah format paket berita.
Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Format Out Of Vision (Voice Over)

Jika kita tidak memiliki cukup gambar yang kuat dan lengkap, sebuah berita dikemas dalam bentuk OOV atau live VO. Mengapa? Agar sebuah berita tetap tersampaikan pada pemirsa, meski dengan kondisi kelengkapan berita yang minim. Namun bila memungkinkan tim liputan harus tetap melengkapi berita jenis ini menjadi story yang lengkap menjadi package.

OOV atau out of vision seringkali dipilih karena alasan keterbatasan waktu editing. Misalnya waktu tayang program berita yang tinggal beberapa detik lagi, sementara kita punya gambar menarik mengenai suatu peristiwa, maka untuk langkah cepat, berita dikemas dalam format OOV. Jika masih ada sisa waktu yang cukup, bisa kembali dikemas dalam package.

Contoh naskah format berita OOV.
Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Format VO dan Grafis

Berita dengan format ini sebenarnya mirip dengan VO namun dengan penambahan grafis sebagai pelengkap berita. Format ini digunakan saat kita tidak atau belum memiliki gambar mengenai suatu peristiwa. Karena magnitude beritanya cukup besar, berita ini tetap harus dikabarkan sesegera mungkin.

Grafis disini biasanya berbentuk peta lokasi kejadian atau foto seorang tokoh yang diberitakan. Selama berita dibacakan oleh presenter, maka grafis selalu muncul di layar TV. Sementara untuk panjang naskah durasi sekitar 30-40 detik.

Contoh naskah berita VO dan grafis.
Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Format Berita Reader

Bentuknya adalah berita tanpa gambar dan naskahnya hanya satu dua kalimat saja. Biasanya berisi hal penting dan mendesak yang harus segera diketahui penonton. Berita ini dibacakan oleh seorang reporter tanpa bantuan gambar, grafis atau keterangan lain.

Pada umumnya berita dengan format jenis ini disajikan dalam kondisi mendadak, karena redaksi baru menerima informasinya beberapa saat sebelum disiarkan. Namun meski suatu hal yang terjadi, azas akurasi harus tetap diperhatikan dan dijunjung mengenai hal tersebut sesegera mungkin.

Contoh naskah format berita reader.
Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Format Berita SOT atau Clip

Format berita ini adalah pelengkap sebuah paket laporan yang membahas satu tema. Misalnya sudah tampilkan suatu peristiwa dengan ragam latar belakang maka untuk melengkapinya ditambahkan dengan SOT kepanjangannya sound on tape. Format ini hanya berisi kutipan wawancara singkat dengan narasumber. Durasinya hanya pendek sekitar 15-25 detik.

Contoh naskah berita SOT (sound on tape).
Contoh Teks Format Penyajian Berita TV

Penyajian 5 format berita tersebut tidak sepenuhnya pada kondisi apapun sebagai syarat dalam penyiaran televisi, namun sangat tergantung pada kepentingan, daya tarik dan variasinya. Seorang produser news bulletin bisa saja memutuskan untuk tidak memerlukan salah satu atau dua diantara format berita tersebut.

Hal itu tentunya sudah merupakan hasil pertimbangan yang sudah dirancang susunannya dengan baik. Berdasarkan pengalaman, kelima format tersebut sering kali digunakan dalam satu penyajian buletin berita. Jangan lupa untuk kunjungi artikel panduan lengkap format naskah berita cara penulisan dan penyampaian seorang reporter. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Format Penyajian Berita TV"

Berlangganan Gratis !