Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Ulang Tahun Google Selalu Berubah?

Kenapa Ulang Tahun Google Selalu Berubah?
Happy Birthday Google...!
Ternyata tanpa sadar tampilan di Google Doodle ini gambarnya lucu, ada huruf G menggunakan topi ulang tahun di depan laptop sedang video call dengan teman-temannya dan disekitar laptopnya juga ada kado serta sepotong kue. Jika ditebak dengan ilustrasi pada gambarnya ini seperti sedang mengadakan ulang tahun secara jarak jauh bersama rekan-rekannya melalui video call. Setelah di klik gambar tersebut dan memang benar, Google merayakan ulang tahunnya ke 22 pada tanggal 27 September 2020.

Kenapa Ulang Tahun Google Selalu Berubah?

Semakin ingin tahu kembali, kapan berdirinya Google? Bray coba search dengan kata kunci "berdirinya Google" dan yang muncul ini ternyata perusahaan Google LLC didirikan pada tanggal 4 September 1998. Kenapa di beranda Doodle Google gambarnya sedang berulang tahun dan pada deskripsinya tertulis 27 September 2020 Ulang Tahun Ke-22 Google.

Kenapa Ulang Tahun Google Selalu Berubah?

Raksasa internet ini semakin membingungkan, Bray jadi ingin lebih tahu dengan mengetik kata kunci "ulang tahun Google". Ada situs yang menjawab tanggal 4 September, 7 September, dan 8 September, namun tahunnya juga berbeda-beda. Ini semakin apa ya, rasanya ingin dibiarkan saja cuek gitu dan tidak perlu dipikirkan. Tapi karena rasa cinta Bray pada Google tidak bisa dihentikan begitu saja.

Tetap pada kueri "ulang tahun Google" namun Bray setting di menu alat lalu pilih sembarang waktu dan 24 jam terakhir. Posisi menu ini ada di bawah kolom kata kunci. Posisi pertama ditempatkan oleh kompas.com dengan judul Hari Ini Google Ulang Tahun yang ke-22, Doodle Apa yang Dibuat?

Kapan Google didirikan?
Dilansir The Independent, Sabtu (26/9/2020), mesin pencari ini didirikan pada September 1998 oleh dua mahasiswa PhD, Larry Page dan Sergey Brin, di asrama mereka di Universitas Stanford California. 

Setelah mengembangkan algoritme penelusuran yang dikenal sebagai 'Backrub' dua tahun sebelumnya, Page dan Brin memilih nama Google untuk proyek baru mereka karena mengingat kata 'googol'.

Pada saat World Wide Web masih dalam tahap awal, tujuan mulia Page dan Brin membuat Google adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.

Tanggal ulang tahun Google telah berubah selama bertahun-tahun tanpa banyak penjelasan. Hingga tahun 2005 situs web tersebut merayakan ulang tahunnya pada 7 September, yang seharusnya menandai hari itu menjadi perusahaan berbadan hukum.

Perusahaan sebenarnya mengajukan dokumen pendirian pada 4 September 1998, meskipun tidak pernah menggunakan tanggal ini sebagai hari ulang tahunnya. Sejak tahun 2005, Google menandai ulang tahunnya pada 8 September, 26 September, dan baru-baru ini 27 September.

“Kapan ulang tahun Google? Saya bahkan tidak yakin kami mengetahuinya, " tulis karyawan Google Ryan Germick pada tahun 2013.

Jika ulang tahun Google harus ditandai dengan kemunculan Google Doodle pertama (Doodle pertama diposting pada 30 Agustus 1998), maka seharusnya perusahaan tersebut malah merayakan hari jadi pada bulan Agustus. Google Doodle pertama diluncurkan tepat seminggu sebelum pengajuan dokumen perusahaan.

Tampaknya Google memang tidak memusingkan kapan tanggal tahunnya. Satu hal yang pasti, perusahaan selalu merayakannya di bulan September. Sepanjang bulan itu, kantor-kantor Google dihias sedemikian rupa.

Begitu juga dilansir pada halaman situs liputan6.com dengan judul "Google Rayakan Ulang Tahun ke-21 dengan Foto Komputer Lawas di Doodle."

Hari jadi mesin pencarian raksasa ini sebenarnya cukup membingungkan. Pasalnya, Google baru secara resmi menjadi korporasi pada 7 September 1998. Namun yang pasti, Google memiliki banyak hari istimewa di bulan September.

Sekadar informasi, alamat Google.com terdaftar pada 15 September 1997 dan resmi menjadi sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Selang beberapa hari kemudian, Google secara teknis menjadi korporasi.

Google mulanya merayakan ultah setiap tanggal 7 September. Pun begitu, semuanya berubah semenjak 2005. Kala itu, Google memutuskan untuk menetapkan tanggal 27 September sebagai hari ulang tahun.

Pemilihan tanggal 27 September ini pun bukannya tanpa alasan. Google memilih tanggal ini untuk merayakan rekor jumlah halaman web yang sukses terangkum dalam indeks mesin pencari mereka.

Baik sobat-sobat sekalian, kita lihat kembali di halaman Doodle Google ada deskripsi penjelasan ulang tahun google seperti ini.

Kenapa Ulang Tahun Google Selalu Berubah?

The partnership between Google founders Larry Page and Sergey Brin traces its roots to the sunny campus of Stanford University. As graduate students, the pair set out to improve the way people interacted with the wealth of information on the World Wide Web. In 1998, Google was born, and the rest is history.  

Artinya:
Kemitraan antara pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin berawal dari kampus Universitas Stanford. Sebagai mahasiswa pascasarjana, pasangan ini berupaya meningkatkan cara orang berinteraksi dengan kekayaan informasi di World Wide Web. Pada tahun 1998, Google lahir, dan sisanya adalah sejarah.

Selanjutanya kalimat terakhir.

In 2006, the word “Google” was officially added to the Oxford English Dictionary as a verb, so if you’d like to learn more about how big a googol really is, just Google it!

Artinya:
Pada tahun 2006, kata "Google" secara resmi ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford sebagai kata kerja, jadi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang seberapa besar googol sebenarnya, cukup gunakan Google!

Kesimpulannya karena tanggal ulang tahun Google sering berubah selama bertahun-tahun tanpa banyak penjelasan, sepanjang bulan September akan selalu merayakan ulang tahunnya.

Jadi jika di bulan September sobat temukan gambar Doodle ini ada tulisan happy birthday atau ada objek yang mengilustrasikan perayaan ulang tahun, tandanya Google sedang merayakan ulang tahunnya.

Once again, happy birthday Google. Thank you Search Engine!
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Kenapa Ulang Tahun Google Selalu Berubah?"

Berlangganan Gratis !