Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kilas Balik Hari Pelanggan Nasional

Kilas Balik Hari Pelanggan Nasional



Hari Pelanggan Nasional atau disingkat HARPELNAS adalah suatu peringatan hari pelanggan setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 4 September dimana seluruh perusahaan di Indonesia melayani dan memberikan perhatian penuh terhadap kepuasaan konsumen-konsumennya.

Berbagai banyak pihak dari perusahaan BUMN dan swasta, pemerintah pun juga ikut mendukung langsung ide hari pelanggan nasional ini untuk selalu dapat mengapresiasi, menghormati, dan menghargai loyalitas para pelanggan baik itu sebuah merk, produk, jasa, perusahaan serta berbagai macam elemen yang berkaitan dengan dunia layanan dan penjualan. Masing-masing punya caranya tersendiri melayani secara loyalitas kepada pelanggan mereka.

Siapa Pencetus Hari Pelanggan Nasional?

Kilas Balik Hari Pelanggan Nasional
Foto Handi Irawan. commons.wikimedia.org/wiki/File:Handi_Irawan_D.jpg
Dikutip dari halaman handiirawan.com, Hari Pelanggan Nasional dicetuskan oleh Handi Irawan D. Beliau seorang pengusaha dan salah satu pakar pemasaran, strategi dan digital di Indonesia. Pria kelahiran 1 April 1964 ini dikenal sebagai CEO dan Founder dari Frontier Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset, pemasaran, teknologi dan digital.

Lulus dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jurusan Food Technology pada tahun 1987, kemudian meraih gelar MBA (Master of Business Administration) di IPMI Business School pada tahun 1990. Selanjutnya tahun 1991 melanjutkan studi ke University of New South Wales mengambil jurusan marketing dan meraih gelar Master of Commerce in Marketing pada tahun 1993. Di tahun 2006, Beliau mengikuti Executive Program di Harvard Business School dan Kellogg School of Management. Lalu 2012, mendapatkan penghargaan dari pemerintah Australia, yaitu Australian Alumni Award di bidang entrepreneurship.

Handi Irawan D. adalah sosok di balik penghargaan-penghargaan bergengsi baik bagi perusahaan maupun individu. Sebut saja Top Brand Award, Service Quality Award, Corporate Image Award serta Indonesian Customer Satisfaction Award. Beliau juga menginisiasi berbagai hari penting di Indonesia seperti Hari Pelanggan Nasional, Hari Marketing Indonesia, Hari Media Sosial dan Hari Inovasi.

Mengapa tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional?

Menurut Beliau dikutip dari halaman resmi haripelanggan.com, Hari Pelanggan ini bukan milik Frontier, perusahaan swasta ataupun BUMN, melainkan milik nasional. Setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari HARPELNAS, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia. Tujuannya, agar dapat tercipta ekosistem dimana pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju dan akhirnya negara pun maju.

Kemudian pada masa pemerintahan Presiden Indonesia Megawati Soekarno Putri pada tahun 2003, meresmikan bahwa pada tanggal 4 September 2003 sebagai Hari Pelanggan Nasional. Dalam video profil Hari Pelanggan Nasional, Handi Irawan mengatakan "Hari Pelanggan adalah milik seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia yang melayani konsumen-konsumennya." Dimana momen seperti ini, perusahaan dapat mendorong setiap karyawannya agar terlibat dan memberikan perhatian penuh terhadap kepuasaan pelanggan.

Arti Logo HARPELNAS

Kilas Balik Hari Pelanggan Nasional
Foto Logo. haripelanggan.com/about-us/
Hari Pelanggan Nasional memiliki logo atau maskot khusus. Logo yang digunakan adalah logo yang melambangkan senyum manusia dengan dasar warna hijau. Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan. Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Merayakan Hari Pelanggan Nasional

Pastinya setiap perusahaan memiliki caranya tersendiri, biasanya menghadirkan diskon atau promo menarik terhadap pelanggannya. Contohnya beli 1 dapat 1, ada juga memberikan gratis produknya karena memperingati Hari Pelanggan Nasional, dan juga memberikan bingkisan bunga setiap pelanggan yang berkunjung ke tokonya. Momen seperti ini pelanggan sangat diperlakukan istimewa saat berbelanja. Jadi manfaatkan kesempatan hari spesial ini sesuai dengan kenginan dan kebutuhan sebagai pelanggan.

Akhir penutup dari catatansibray.com mengenai makna Hari Pelanggan Nasional menjadikan kita para pembisnis bersama-sama melakukan revolusi kualitas pelayanan untuk kepuasan pelanggan dan selalu bekerja dengan hati. Pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju pada akhirnya Negara maju. Terima kasih Bapak Kepuasan Pelanggan, Pencetus Hari Pelanggan Nasional, Bapak Handi Irawan D. Selamat Hari Pelanggan Nasional untuk kita semua.
Bray
Bray “I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” - Albert Einstein

Posting Komentar untuk "Kilas Balik Hari Pelanggan Nasional"

Berlangganan Gratis !