Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pelanggan Betah Dan Nyaman

Cara Membuat Pelanggan Betah Dan Nyaman



Catatansibray.com - Perlu diingat bahwa kehilangan pelanggan merupakan masalah bagi perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kehilangan pelanggan atau customer dapat berpengaruh negatif terhadap citra perusahaan, dan akan mengakibatkan pelanggan yang lain ikut kabur.

Kehilangan pelanggan juga mengakibatkan turunnya omset penjualan dan tingkat laba, apalagi tingkat kehilangannya cukup besar. Artikel sebelumnya ada pembahasan mengenai penyebab pelanggan kabur atau customer pergi. Oleh karena itu banyak perusahaan atau pengusaha menempatkan posisi pelanggan di tempat teratas dalam berbagai hal dan berusaha meminimalkan tingkat kehilangan tersebut.

Agar pelanggan tidak kabur dari perusahaan atau dari bisnis kita ini, maka perlu dicarikan jalan keluarnya. Cara-cara mengatasi hal tersebut harus belajar dari masalah-malasah yang pernah dihadapi sebelumnya. Cara lainnya yaitu dengan mempelajari pengalaman perusahaan lain terhadap berbagai kasus yang pernah dialami dalam menangani pelanggan yang kabur.

Perusahaan harus terus menjadikan pelanggan atau nasabah agar tetap betah dangan berbagai produk yang ditawarkan melalui pelayanan yang prima. Bahkan pelanggan diharapkan terus menambah volume transaksinya serta mengajak rekan-rekan untuk ikut menjadi pelanggan baru.

Lalu apa artinya pelanggan/nasabah/customer bisa betah terhadap bisnis yang dijalankan?
Pelanggan betah artinya merasa nyaman dan senang untuk berhubungan dengan perusahaan, sehingga tidak pindah ke perusahaan atau produk lain. Pelanggan yang betah akan menjadi pelanggan yang loyal atau setia terhadap produk yang ditawarkan. Kesetiaannya ditunjukkan dengan terus berbelanja atau mengonsumsi produk yang ditawarkan.

Bahkan terus menambah volume transaksinya dari waktu ke waktu. Pelanggan yang betah akan menceritakan kebaikan yang diperolehnya kepada orang lain, mereka ikut tertarik untuk mencoba dan menjadi pelanggan baru.

Dalam hal perusahaan kehilangan pelanggan, yang cukup berarti sebaiknya manajemen jangan terlalu panik. Manajemen harus berpedoman bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat dipecahkan. Asal kita mau dan sungguh-sungguh semuanya akan dapat diatasi.

Oleh karena itu, manajemen melalui karyawan juga perlu membuat pelanggan agar betah berurusan dengan perusahaan melalui cara membenahi terutama bidang pelayanan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat pelanggan menjadi betah atau nyaman.

Karyawan Harus Menarik

Karyawan yang dalam posisi memberikan pelayanan harus berpenampilan menarik, baik dari segi penampilan, gaya bicara, aroma tubuh yang harum, maupun gerak geriknya sehingga tidak membosankan.

Buatlah agar pelanggan atau nasabah selalu senang, ceria dan bersemangat dalam berhadapan dengan kita. Dengan penampilan yang menarik akan membuat pelanggan senang berhubungan dengan karyawan.

Sebaliknya, jika karyawan berpenampilan yang tidak menarik bukan tidak mungkin pelanggan akan merasa tidak nyaman dan pindah ke perusahaan lain yang memberikan kenyamanan baginya.

Cepat Tanggap

Artinya harus cepat mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Kemudian juga cepat dalam mengerjakan atau melayani pelanggan. Usahakan karyawan sudah dapat menduga apa yang ingin diperoleh oleh pelanggan.

Disamping itu juga, pelayanan yang diberikan harus benar dan tepat waktu, karena sekali kita ingkar janji maka akan kehilangan kepercayaannya. Janji perlu ditepati karena janji adalah utang yang saat tanggal jatuh temponya harus segera dilunasi.

Ruang Tunggu

Pelanggan harus memperoleh pelayanan yang tenang dan nyaman sehingga begitu pelanggan masuk dapat merasakan suasana yang diinginkannya, Suasana seperti ruangan yang lebar atau tidak sempit, sejuk dengan pendingin, penerangan yang cukup tidak telalu gelap juga, dekorasi yang indah terlihat dari tata letak meja, kursi, bunga, lukisan, foto, atau lainnya, sehingga membuat nyaman di mata, musik yang merdu di telinga.

Buatlah suara suasana tenang yang tidak berisik, kebersihan selalu terjaga, pelanggan selalu merasa aman, tempat duduk yang nyaman serta tersedia bahan bacaan untuk menghindari kebosanan dalam menunggu antrean.

Brosur dan Majalah yang Tersedia Lengkap

Terkadang untuk memperoleh informasi pelanggan sering membaca dari brosur yang disiapkan di tempat-tempat tertentu. Brosur ini paling tidak mampu menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan.

Penting bagi pelanggan untuk mengetahui sesuatu dengan membaca dari brosur yang lengkap. Sedangkan ketersediaan majalah atau bacaan lainnya dignakan pelanggan untuk mengusir kebosanan saat menunggu giliran berikutnya.

Keragaman dan Kelengkapan Produk

Kelengkapan produk dapat membuat pelanggan atau nasabah betah berhubungan dengan perusahaan karena mereka memiliki banyak pilihan untuk bertransaksi. Dalam suatu lokasi hendaknya produk yang yang dijual selengkap mungkin sehingga pelanggan atau nasabah memiliki banyak pilihan.

Dengan produk yang lengkap dan beragam, maka pelanggan cukup berhenti di satu tempat untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Akan tetapi jika produk yang dibeli tidak tersedia, maka akan membuat pelanggan kecewa karena apabila mereka akan mencari ke lokasi yang lain akan memakan waktu dan biaya.

Pada akhirnya mereka juga akan malas untuk mampir di perusahaan kita kembali karena dianggap produk yang diinginkan tidak tersedia atau tidak lengkap.

Agar pelanggan tidak kabur maka yang perlu diperhatikan adalah seluruh komponen yang diatas harus dilakukan secara bersama-sama. Artinya jika salah satu komponen tidak dijalankan, maka pelanggan akan merasa ada yang kurang pas sehingga akan membuatnya menjadi tidak betah.

Oleh karena itu, terhadap seluruh komponen tersebut yang dirasakan masih ada kekurangan maka segera diperbaiki, sehingga pelanggan atau nasabah menjadi bertambah betah dan terus menambah volume transaksinya.

Sebaliknya, jika tidak dilakukan maka cepat atau lambat perusahaan akan kehilangan pelanggan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk kedepannya dalam berbisnis, terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pelanggan Betah Dan Nyaman"

Berlangganan Gratis !