Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Pendek 5 Menit Thriller Mata

Film Pendek 5 Menit Thriller Mata



Catatansibray.com - Memilih program drama thriller disertai dengan audio visual dengan alur cerita yang memiliki nilai jual cukup besar serta dikemas dengan teknik editing yang baik akan semakin menarik. Mulai dari tahap pra produksi berisi tentang persiapan dari tiap departemen meliputi menuangkan ide dalam bentuk skenario, analisa skenario, casting, menyiapkan semua properti, wardrobe, pengelolaan dana, pengaturan schedule, membuat master breakdown, rundown dan lain-lain.

Film yang berdurasi 5 menit dengan genre drama thriller berjudul “MATA” adalah film yang menceritakan tentang kisah seorang wanita psikopat yang hobinya selalu mengoleksi bola mata pasangannya karena menurut dia cinta bukan karena sayang tapi karena keindahan bola matalah orang bisa jatuh hati.

Konsep Penulis Naskah

Konsep penulisan naskah yang digunakan adalah sebagai berikut.
Ide pokok:
Seorang wanita yang menjadi psikopat karena bola mata pasangannya.

Karakteristik tokoh:
  1. Rudy: seorang pria berusia 23 tahun, tinggi, tampan, baik, perhatian dan setia.
  2. Lusi: Seoarang wanita berusia 20 tahun, cantik, seksi, seorang psikopat dan memiliki senyum yang misterius.

Sinopsis

Rudy berusia 23 tahun, mahasiswa di salah satu universitas di Jakarta. Dia mempunyai pacar bernama Lusi wanita cantik berusia 20 tahun. Mereka sudah berpacaran selama 1 tahun.

Rudy saat itu jatuh hati pada Lusi karena pandangan pertamanya dan terpesona kepada wanita itu karena keindahan bola mata wanita itu saat memandang dirinya. Hal itu membuat Rudy sangat terobsesi untuk memiliki wanita itu sampai-sampai terbawa ke dalam mimpinya.

Suatu ketika pada saat tanggal jadian mereka. Rudy mendapat kabar bahwa Lusi sedang berada dalam kondisi yang terdesak, dia diculik di suatu tempat dan meminta Rudy harus menyusul dia ke lokasi kejadian, padahal pada saat itu Lusi sedang melihat-lihat lagi koleksi bola mata korban-korbannya. 

Rudi pun menghampiri Lusi ke lokasi kejadian dan setelah dia sampai di lokasi ternyata dia hanya dijebak oleh Lusi. Dan dia tidak mengetahui bahwa Lusi adalah seorang psikopat yang suka mengoleksi bola mata pria.

Treatment

Scene satu
INT. KAMAR TIDUR RUDY - PAGI
Cast Rudy
Rudy yang terbangun karena alarm handphonenya berbunyi langsung dia melihat tanggalan dan dia langsung teringat bahwa hari ini adalah hari jadi dia dengan pacarnya Lusi. Rudy langsung duduk dan menyalkan laptopnya sambil memandangi foto sang pacar yang berada di samping laptop sambil memikirkan hal apa yang akan dia berikan kepada lusi di hari jadinya ini.

Scene dua
INT. KAMAR TIDUR LUSI - PAGI
Cast. Lusi
Lusi sedang asiknya melihat-lihat koleksi bola mata dan foto-foto dari korban-korban dia dan saat melihat foto Rudy dia langsung tersenyum misterius kemudian langsung menyalakan laptopnya.

Scene Tiga
INT. KAMAR TIDUR LUSI - SIANG
Cast. Lusi
Saat siang itu lusi akan menutup laptopnya kemudian dia kembali melihat foto Rudy. Dia langsung mengambil handphonenya langsung mengetik sms mengirimnya kepada Rudy. Dia langsung mengambil surat berisi puisi cinta dari Rudy kemudian dirusak dan sambil tersenyum misterius. 

Scene Empat
INT. Kamar Rudy - siang
Cast. Rudy
Rudy kaget mendengar suara handphonenya dan membaca sms dari lusi lalu Rudy pun panik, karena ketika membaca smsnya lusi sedang di culik dan disekap di suatu gudang dan Rudy bergegas untuk menyelamatkan lusi.

Scene Lima
INT. Gudang - Siang
Cast. Rudy dan lusi
Ketika Rudy sampai gudang, Rudypun panik ketika melihat lusi dalam kondisi sedang terikat di kursi dan Rudy langsung membukakan ikatan lusi. Ternyata itu hanya jebakan Lusi yang berniat untuk mengambil bola mata Rudy.

Scene Enam
INT. KAMAR LUSI - MALAM
Cast. Lusi
Lusi tersenyum misterius memandangi bola mata dan foto Rudy sebagai korban terbarunya.

Naskah

Scene satu
INT. KAMAR RUDY - PAGI
Rudy yang terbangun karena alarm handphonenya berbunyi langsung dia melihat tanggalan dan dia langsung teringat bahwa hari ini adalah hari jadi dia dengan pacarnya lusi.

RUDY
(Memandang foto sambil tersenyum)
"Hemmm, kasih kado apa ya buat lusi? Harus lebih spesial nih dari pada kado aku pas ulang tahun dia.
Enggak sms dan enggak telepon dia dulu ahh, biar dia kangen dan khawatir terus nanti aku kasih surprise seru kali ya."

Scene dua
INT. KAMAR LUSI – PAGI
Lusi melihat-lihat koleksi bola mata dan foto-foto dari korban-korban dia dan sambil tersenyum misterius.

LUSI
(Memandang foto Rudy sambil tersenyum misterius)
"Hari ini hari jadi kita sayang, aku akan kasih kamu kado terindah dan kamu tidak akan pernah lupa memberikan kado ke aku."

Scene tiga
INT. KAMAR LUSI – SIANG
Saat siang itu lusi akan menutup laptopnya kemudian dia langsung mengambil handphonenya dan dia mengetik sms untuk rudy. Disisi lain lusi merusak kertas yang berisi puisi dari Rudy. 

Scene empat
INT. KAMAR RUDY - SIANG
Rudy kaget mendengar suara handphonenya dan membaca sms dari lusi. Rudypun panik, karena ketika membaca smsnya, lusi sedang diculik dan disekap di suatu gudang dan rudy bergegas untuk menyelamatkan lusi.

Scene lima
INT. GUDANG – MALAM
Lusi senyum-senyum sambil menunggu kedatangan Rudy, kemudian Lusi duduk sambil mengikat dirinya sendiri. Rudy datang kemudian langsung mencari dan menolong Lusi.

Rudy
(nada panik)
"Kamu enggak kenapa-kenapakan sayang? Siapa yang berani berbuat ini?"

Lusi hanya tersenyum ketika Rudy sedang menolongnya, setelah ikatan Lusi terlepas, Lusi langsung mengambil balok kayu dan memukul Rudy hingga pingsan, langsunglah Lusi mengambil bola mata Rudy.

Lusi
(tersenyum) 
"Aku sayang kamu."
Kemudian Lusi langsung meninggalkan Rudy.

Scene enam
INT. KAMAR LUSI – MALAM

LUSI
(sambil memandang foto dan bola mata Rudy)
"Aku mencintaimu bukan karena aku sayang kamu
Aku mencintaimu karena keindahan bola matamu."
- END -

Konsep Penata Kamera

Dalam film ini kameramen yang bergenre thriller menyampaikan dengan memvisualisasikan dengan memberi unsur dramatik menggunakan shot-shot standar dan secara teknis yang lazime digunakan yaitu dengan handheld dan steady memakai tripod dan movement dengan menyesuaikan gerakkan aksi subjek sehingga gerakan kamera akan distimulasi oleh aksi.

Dan yang kedua adanya kebutuhan untuk menjaga komposisi yang baik selama pergerakkan memperhatikan angle dan estetika. Kameramen menggunakan shot size standar seperti:
  • ECU : Extreme Close Up (detail shot).
  • VCU : Very Close Up (shot wajah) dari atas kepala sampai dagu.
  • BCU : Big Close Up (tight CU, full kepala), wajah memenuhi layar.
  • CU : Close Up, dari keapala sampai pundak.
  • MCU : Medium Close Up.
  • Knee, 3/4Shot.
  • MLS : Medium Long Shot.
  • LS : Long Shot.
  • ELS : Extra Long Shot (extereme LS, XLS).

Maksud dan tujuan kameramen supaya penonton memahami isi pesan dari sudut pengambilan gambar atau shot-shot yang digunakan dalam scene menjadi squence tanpa disadari emosi penonton terbawa dalam cerita melalui audiovisualisasi dan terdramatisasi konsep-konsep sutradara dengan tidak melanggar ketentuan yang dapat menganggu atau mengganjalkan perhatian dan penglihatan penonton.

Konsep Penata Cahaya

Ligthingman disini mengunakan konsep tata cahaya lowkey, untuk menyeimbangankan dengan genre cerita film ini dan membawa suasana kepada penonton yang membawa emosi untuk lebih mengikuti suasana film tanpa menghilangkan nilai dan estetika shot itu sendiri.

Dalam film ini menggunakan dasar-dasar pencahayaan yang menepatkan cahaya three point lighting yaitu Key Light, Fill Light dan Back Ligth. Perlengkapan yang sederhana saja seperti Read Head 800w+CTB dan Kinoflo (neon 2x40 watt).

Konsep Audioman

Dalam menambah suasana cerita ini dalam proses musik instrument, sound effect dan natural yang sesuai dalam kebutuhan film thriller dan situasi keadaan dalam cerita itu sendiri agar menambah unsur dramatis film ini. 

Menggunakan mic boom dalam produksi film, untuk keperluan suara kepada talent dan handfree (headset) dipergunakan untuk memastikan suara tidak noise saat dalam produksi berjalan.

Konsep Artistik

Di film pendek ini make up yang digunakan adalah natural tidak ada perubahan dari sisi wajah pemeran. Dan sedikit ada make up luka pada mata, serta ada make up darah di adegan pengambilan bola mata. Kemudian special effect ini untuk membuat darah bisa menggunakan susu putih, susu cokelat, dan pewarna makanan.

Lalu tambahannya ada bola pingpong, spidol, lem power glue, benang warna biru, cat lukis dan kuasnya. Dari segi lokasi pastinya ada 2 setting, yaitu kamar Rudy, Kamar Lusi dan gudang.

Properti yang digunakan dalam film pendek ini adalah kertas, laptop, kasur, kursi, tali, alat mencongkel, bingkai, foto, kalender, dan lampu meja. Untuk wardrobe pemeran saat pagi hari menggunakan baju tidur agar terkesan bangun tidur, dan set selanjutnya bisa pakaian bebas. Pada saat adegan di gudang, pemeran Lusi agar terkesan misterius menggunakan longdress berwarna putih.

Konsep Editing

Di thriller ini secara visualisasi menginginkan proses editing dengan cut to cut dan continuity dalam penyambungan gambar sesuai konsep cerita film. Maka yang dilakukan adalah memotong dan menyambung gambar secara cut to cut dan akan diberikan sedikit sentuhan transisi disolve, teknik slow motion pada bagian gambar tertentu untuk menambah kesan dramatik dalam perpindahan gambar yang disesuaikan dengan konsep cerita di film ini. 

Maksud dan tujuan dari proses tahapan editing dengan cut to cut dan continuity ini agar penonton dapat menikmati film dengan nyaman, mudah mengerti dan memahami alur cerita dari keseluruhan isi film ini, selain itu juga dengan tujuan utuk mempersingkat durasi.

Kesimpulan

Pada film pendek berdurasi 5 menit ini dengan judul "MATA" genre thriller memang lebih banyak adegan yang membuat tegang penonton daripada dialognya. Namanya thriller ini genre dengan tujuan membuat penontonnya merasa penasaran adegan ceritanya bukan berarti horor yang menakut-nakuti. Pastinya jangan sampai ada terlihat gambar yang tidak diinginkan atau seperti adegan yang mengerikan.

Film berdurasi 5 menit memang sangat pendek sekali namun sebenarnya mempunyai makna atau pesan dari cerita tersebut. Bisa dari gerak-gerik pemeran, naskah dialognya, dan membaca dari konsep artistiknya. Dengan durasi 5 menit seperti sebuah teka-teki, dimana penonton ini akan ada pertanyaan di benaknya sendiri, seperti kok bisa gitu? kenapa tiba-tiba seperti itu? sejak kapan dia ada disana? 

Bray membuat artikel ini sebagai ide cerita untuk mahasiswa jurusan broadcasting yang baru pertama membuat film. Bisa juga untuk sobat yang hanya sekedar iseng membuat film, boleh menjadi referensi. Jangan lupa baca artikel sebelumnya naskah drama satu babak siapa yang hilang. Selamat berkarya, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Film Pendek 5 Menit Thriller Mata"

Berlangganan Gratis !