Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Perjalanan Mengenal Dunia Blogger

Pengalaman Perjalanan Mengenal Dunia Blogger

Catatansibray.com - Kenalan sama blogger? Awal Bray mengenal blogger itu dari kaka saya sendiri, Dia membuat sebuah blog mengenai aktivitas kesehariannya, dari momen saat jalan-jalan dan cerita bersama teman-temannya. Saya melihat sebuah tampilan yang penuh dengan isi cerita atau semacam curhatan lalu menampilkan banyak foto-foto.

Bisa juga menampilkan video didalam blognya. Saya pikir ini bagus dan semacam diary yang ada di website untuk memperkenalkan siapa diri kita. Disaat itu saya diajarkan cara membuat blog di situs blogger.

Pada tahun 2010 mulai menulis blog sendiri, sedang itu lagi masa remaja duduk dibangku SMA. Pertama menulis juga bingung mau menulis apa gitu. Masa iya cowok curhat di website, sedangkan pada jaman itu ada media sosial yang namanya friendster lalu selanjutnya facebook dan twitter sudah mulai banyak yang menggunakan.

Jadi karena saya lebih suka storytelling, memutuskan untuk menulis cerita seperti dialog drama dan syair pun juga ditulis terutama syair-syair Chairil Anwar. Syairnya keren banget sampai-sampai saya cari itu buku di daerah Kwitang Pasar Senen Jakarta Pusat dan akhirnya dapat juga itu buku.

Saat Blog saya sudah mencapai 10 artikel, di tahun 2014 sudah tidak menulis lagi karena memang sibuk dengan kuliah juga. Tahun 2016 saya login di web blogger ternyata harus membuat dari awal lagi. Kemudian saya cek di search engine google mencari web saya dan artikelnya, juga tidak ditemukan. Yah mau bagaimana lagi karena memang sudah lama sekali tidak menulis di blog, jadi darisitu saya tidak melanjutkan untuk menulis blog.

Tahun 2018 saya membuka facebook dan melihat ada yang memposting blognya setiap hari update terus. Saya buka blognya dan tampilannya bagus banget, strukturnya tersusun rapih kemudian isi artikelnya pun juga enak banget dibaca, saya lupa nama blognya karena disaat itu juga sering membaca blog-blog orang lain berkunjung tapi tidak berkomentar hanya sekedar membaca saja.

Semakin blogger berkembang artikel pada blog ternyata bukan hanya sekedar bercerita tentang aktivitas sehari-hari namun kita bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk semua orang mau mulai dari hobi kita, ilmu kita atau sesuatu yang belum dikenal banyak orang. Disaat itu saya masuk grup facebook bernama Blogger Indonesia.

Pengalaman Perjalanan Mengenal Dunia Blogger

Saat masuk grup tersebut saya memulai dunia blogging. Di grup itu juga sering sekali disebut namanya Mas Sugeng. Saya jadi ingin lebih siapa beliau ini sebenarnya sampai-sampai dipanggil suhu dalam grup tersebut. Ternyata setelah saya membuka sugeng.id penyedia template blogger, tapi saya baca perjalanannya Mas Sugeng ini di dunia blogging patut di acungi jempol.

Hasil dari kerja kerasnya di dunia blogging berawal hanya domain blogspot saja sampai bisa menjadi domain yang luar biasa, dan sudah bisa menghasilkan pendapatannya sendiri dari penjualan templatenya. Dari artikel Mas Sugeng, saya mulai belajar pelan-pelan mengenai blogger.

Selanjutnya saya mulai menulis artikel mengenai dunia penyiaran, media sosial dan beberapa tips sederhana mengenai cara berbisnis. Kenapa saya memilih topik tersebut? karena basic saya, ilmu saya, juga dari pengalaman kerja saya ingin berbagi cerita dan informasi bermanfaat siapa tahu bisa dapat digunakan bagi semua orang yang berkunjung ke blog saya catatansibray.com ini.

Semakin banyak menulis, semakin ingin tahu lagi dan ingin berkembang di dunia blogging. Saya belajar dari blogger-blogger yang ilmunya diatas rata-rata dewalah ya. Mulai dari situs tulisanwortel.com. Namanya unik dan menarik sehingga saya suka banget sama artikel-artikelnya.

Pemilik situs blog tulisan wortel adalah Mas Heru Arya, langsung saya follow instagramnya. Penuh dengan ide mikroblog dengan berbagai banyak topiknya. Darisana Bray tahu bagaimana cara mendasain mikroblog dari berbagai feed yang di posting Mas Arya. Mulailah percakapan ngobrol melalui pesan di instagram, kenalan sharing, dan Mas Arya orangnya baik banget juga gak sombong.

Beliau sudah berpangalaman dalam dunia blogging, sampai ke ajang kompetisi diikuti banyak banget penghargaannya, sampai sekarang aja itu blog penuh dengan iklan dan artikel dari partnershipnya. 
Ya walaupun hanya sekedar membaca blognya, hanya mencari ilmu dari situs tersebut memang benar-benar bermanfaat sekali. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk Mas Arya yang sudah memberikan pelajaran di dunia blogging dan mikroblognya, you are the best.

Kemudian Bray mulai bergabung grup-grup komunitas blogger di daerah setempat yaitu Jakarta. Dimana waktu itu menemukan situs official website Komunitas Blogger Jakarta dan mengisi formulir registrasinya. Banyak banget event dan ilmu disana bisa sharing dengan temen-temen yang satu komunitas blogger di daerah sendiri.

Selanjutnya beberapa waktu kemudian ada referensi dari temen juga untuk bergabung ke grup Bloggercrony. Bray baru tahu juga nama grupnya ini yang berada di Cipete Jakarta Selatan, dengan situs website resminya official website Bloggercrony. Bray bergabung dari jejaring sosialnya mulai dari facebook fanspage, instagram dan twitternya.

Ternyata di komunitas ini rata-rata sudah berpengalaman dalam dunia blogging karena banyak banget event dan kompetisi yang diadakan dalam komunitas ini. Keren banget setiap bulannya aja selalu ada sponsorship yang ingin bekerjasama lewat tulisan mereka meminta untuk promosikan produknya.

Bersyukur banget sudah bergabung Komunitas Blogger Jakarta dan Bloggercrony banyak manfaatnya dapat ilmunya juga sharing di media sosial buat event sendiri, asli asik banget acaranya. Apalagi beberapa temen-temen lain juga sudah membangun usahanya sendiri dari situs blogger, punya produk ternama dan menjalankan bisnisnya melalui tulisan blog. All of you the best.

Dari berbagai pengalaman saya di dunia blogging semakin hari semakin ingin berkembang sejak mengenal blogger-blogger sukses. Yang terpenting dalam menulis artikel ini jangan dahulu memkirkan penghasilannya darimana, coba untuk saling berbagi ilmu, berbagi pengalaman dan cerita yang berguna, yang dapat dijadikan inspirasi bagi semua orang.

Demikian artikel curhat saya mengenai perjalanan mengenal dunia blogger. Sebelumnya ada kalimat tentang blog, blogger, dan blogging, mungkin ada yang belum paham dari pengertiannya ya. Secara singkatnya saja ya, blog artinya tulisan artikel atau jurnal yang tersedia di internet. Blogger adalah orang yang menulis artikel atau penulis jurnal di blog.

Blogging adalah kegiatan menulis artikel biasanya bahasa kerennya itu ngeblog. Sedangkan Blogger.com merupakan layanan penerbitan blog secara gratis yang dimiliki oleh Google. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam dunia Blogger, terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Pengalaman Perjalanan Mengenal Dunia Blogger"

Berlangganan Gratis !