Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riset Khalayak Efek Penyiaran

Riset Khalayak Efek Penyiaran



Era Komunikasi

Catatansibray.com - Sekarang ini telah masuk di dalam era komunikasi, yang di dalamnya sarat dengan penggunaan teknologi komunikasi yang makin lama makin canggih. Oleh karena itu manusia harus bisa mengadaptasi terhadap IPTEK yang berkembang disekitar kehidupannya agar tidak disebut orang yang ketinggalan jaman. Pepatah mengatakan bahwa siapa yang menguasai pengetahuan dan teknologi komunikasi serta memanfaatkan dalam kehidupannya, maka dialah pemenangnya

Perkembangan dalam teknologi komunikasi, membuat peralatan komunikasi yang kita gunakan untuk dapat berkomunikasi dengan cepat dan berkualitas dapat terpenuhi. Hal ini dapat dirasakan dengan pemanfaatan radio, TV, telepon, fax, handphone, komputer, laptop, jaringan internet, penggunaan satelit komunikasi dan sebagainya dapat membantu kebutuhan kehidupan manusia semakin mudah.

Hal ini membuat dunia seakan menjadi semakin sempit bahkan tanpa jarak, sehingga orang dapat mendapatkan informasi yang sangat cepat dan mudah dari jarak yang sangat jauh sekalipun. Indikasi perkembangan di bidang penyedia informasi juga nampak dengan munculnya pemancar radio swasta dan TV swasta di berbagai daerah wilayah propinsi maupun kabupaten di seluruh Indonesia.

Bahkan di kota-kota propinsi sudah muncul beberapa TV lokal yang sama-sama bersaing merebut pasaran pemirsanya, dengan warna sajian yang didesain semenarik mungkin. Di masyarakat juga telah muncul banyak sekali semacam lembaga PH (Production Hause) yang bekerja memproduksi berbagai kebutuhan yang memerlukan keahlian juga keterampilan produksi program TV dan iklan serta kebutuhan sejenis lainnya baik yang bersifat bisnis maupun untuk layanan masyarakat.

Kemunculan berbagai lembaga penyiaran di setiap daerah, diperkirakan akan muncul pula aturan yang membatasi radius siarnya, yaitu berkaitan dengan otonomi daerah dimungkinkan akan menerapkan aturan-aturan untuk meningkatkan pendapatan asli daerahnya, sehingga lembaga penyiaran harus di disain untuk bersifat lokal.

Dengan kata lain mereka yang melebihi batas radius suatu daerah, harus ada konsekuensi pajak daerah yang dikenakan. Hal ini akan semakin memacu tumbuh dan berkembangnya lembaga penyiaran lokal, karena lembaga penyiaran besar yang sifatnya sudah nasional akan terhambat dengan aturan-aturan daerah.

Perkembangan tersebut membuka peluang bagi tenaga kerja bidang penyiaran yaitu penyedia informasi yang akan disajikan melalui media komunikasi yang ada baik melalui media cetak maupun elektronik seperti radio dan televisi.

Oleh karena itu sangat tepat bila sumber daya manusia Indonesia sebagian dipersiapkan menjadi orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang komunikasi pada umumnya dan secara khusus pada bidang Penyiaran dan Produksi Program Radio,TV dan Film. 

Seorang tenaga kerja bidang penyiaran perlu memiliki pengetahuan tentang sistem komunikasi dan perkembangannya mulai dari sistem tradisional, sistem dengan kawat saluran maupun sistem yang menggunakan gelombang radio, gelombang mikro sampai sistem yang menggunakan satelit.

Demikian pula pengetahuan tentang jurnalistik penyiaran yaitu pengetahuan dasar jurnalistik, jurnalistrik penyiaran radio, TV dan film serta kemampuan menyampaikan informasi (Presentation Skills) secara lisan maupun tertulis, dan pengetahuan tentang teknik wawancara. Pengetahuan-pengetahuan tersebut akan mendukung pencapaian kompetensi sebagai seorang jurnalis penyiaran.

Materi pengetahuan tentang penyiaran radio diharapkan memberikan pengetahuan tentang peralatan pemancar radio dan proses penyiarannya serta bagaimana mendisain dan memproduksi informasi sebagai materi yang akan disiarkan melalui media radio.

Pada bidang pertelevisian dan perfilman, tenaga kerja dituntut memiliki pengetahuan tentang peralatan studio TV dan film dan proses penyiaran informasinya serta bagaimana mendisain program dan memproduksinya sampai siap untuk disiarkan melalui media TV dan film.

Agar dapat bekerja dengan baik, seorang tenaga kerja perlu pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja pada bidang penyiaran radio, TV dan film. Sebelum mempelajari tentang pertelevisian dan perfilman seorang juru kamera khususnya sangat baik kalau mempelajari terlebih dahulu tentang fotografi yang mendasari pengetahuan pengoperasian kamera televisi dan film.

Di samping itu menguasai pengetahuan yang telah disebutkan, agar memiliki kompetensi standar sebagai SDM penyiaran radio, TV dan film siswa sangat perlu belajar melalui praktek langsung di sekolah maupun di luar sekolah, untuk pembentukan skills dan sikap sebagai seorang SDM penyiaran. Akhirnya semoga apa yang disajikan ini bermanfaat bagi calon-calon SDM penyiaran maupun semua orang yang tertarik untuk mempelajarinya.

Masalah

Dunia pertelevisian Indonesia ini tak lepas dari adanya unsur politik negeri ini, di dalam daftar 10 stasiun swasta televisi swasta pertama di Indonesia ini dapat terlihat betapa peran banyak pola isi dalam proses pembangunan stasiun televisi swasta di Indonesia ini hanya akan menyertakan stasiun swasta yang sudah bertingkat nasional dan bukan regional.

Identifikasi Masalah

Berdasarkan perumusan masalah yang ada, maka dapat di identifikasikan beberapa masalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui pengaruh siaran Pertelevisian di Indonesia.
  2. Mengetahui seberapa besar pengaruh siaran acara dari semua stasiun televisi.

Efek Kehadiran Media Massa

Menurut Steven M Chaffee dalam buku “Komunikasi Massa Suatu Pengantar”, ada lima jenis efek kehadiran media massa sebagai benda fisik, yaitu efek ekonomis, efek sosial, efek penjadwalan kegiatan, efek penghilangan perasaan tertentu dan efek perasaan seseorang pada media.

Efek Ekonomis

Kehadiran media ditengah kehidupan manusia dapat menumbuhkan berbagai usaha produksi, distribusi dan kosumsi jasa media massa. Contohanya kehadiran stasiun-stasiun televisi saat ini membuka peluang kerja bagi sarjana ilmu komunikasi, juru kamera, juru rias dan lain-lain.

Efek Sosial

Efek sosial berkaitan dengan perubahan pada struktur atau intraksi sosial sebagai akibat kehadiran media massa. Misal, kehadiaran televisi dapat meruabah gaya hidup masyarakat pedesaan. Banyak acara-acara televisi yang menampilkan gaya hidup metropolitan, oleh karena itu masyarakat pedesaan mengikuti gaya hidup tersebut.

Efek Penjadwalan Kegiatan

Komunikasi massa dapat merubah jadwal kegiatan sehari-hari seseorang. Misalnya, anak-anak yang biasanya selalu mandi di pagi hari pada hari Minggu namun karena adanya acara televisi yang menarik maka anak-anak tersebut mengubah jadwal mandi pagi menjadi menonton televisi.

Efek Hilangnya Perasaan Tidak Nyaman

Orang menggunakan media untuk memuaskan kebutuhan psikologisnya untuk tujuan menghilangkan perasaan tidak nyaman, misalnya untuk menghilangkan perasaan kesepian, marah, kesal dan kecewa. Biasanya seseorang yang sedang patah hati lebih memilih mendengarkan lagu-lagu yang bertemakan cinta.

Efek Menumbuhkan Perasaan Tertentu

Kehadiran media massa bukan saja dapat menghilangkan perasaan tidak nyaman pada seseorang, tapi dapat juga menumbuhkan perasaan tertentu. Terkadang seseorang akan mempunyai perasaan positif atau negatif terhadap media. Contoh, adanya penilaian yang diberikan seseorang kepada media massa tertentu.

Maksud dan Tujuan

Dengan perumusan masalah dan identifikasi masalah yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Mengetahui pengaruh siaran Radio dan Pertelevisian Indonesia.
  2. Mengetahui seberapa besar pengaruh siaran acara dari semua stasiun tv dan statsiun radio.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode survey adalah metode penelitian yang mengambil sample. Dalam penelitian ini, metode survey di terapkan dengan melihat respon para penonton dengan tayangan tersebut yang pastinya akan berdampak pada stasiun televisi dan penyiaran radio. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray Blogger di Era Digital keahlian khusus dibidang ilmu komunikasi. Penggemar konten kreatif dan bukan Editor tapi Penikmat Seni. Jangan lupa seruput dulu kopinya | Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Riset Khalayak Efek Penyiaran"

Berlangganan Gratis !