Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Program Non Drama Variety Show

Tugas Program Non Drama Variety Show



Catatansibray.com - Program yang ditawarkan setiap stasiun tv banyak beragam guna, pastinya menghibur atau memberi informasi bagi pemirsa atau khalayak tertentu.

Manfaat dari Televisi itu sendiri adalah sebagai salah satu media komunikasi, wadah penyaluran ekspresi, menyajikan informasi dan hiburan serta meningkatkan daya imajinasi kerena televisi dapat memvisualisasikan.

Dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat program non drama televisi dengan genre variety show, saat masih dalam kuliah dan saat itu juga pernah berkunjung ke program acara The Master yang disiarkan dari tv RCTI.

Pada saat itu, Tim saya diberikan tugas untuk membuat acara program televisi non drama. Pembuatan program non drama ini kami ambil dari refrerensi program The Master.

Jadi program yang disajikan nanti berupa variety show, pesulap akan memperkenalkan kepada pemirsa cara bermain sulap serta bagaimana tips dan trick seorang magician dalam bermain kartu yang membuat pemirsa/penonton makin penasaran.

Dengan adanya porgram non drama ini kami bermaksud memberikan karya bagi para pemirsa dan sekaligus bisa menjadi penambah wawasan.

Manfaat dari program magician ini adalah sifatnya menghibur sekaligus untuk penambah wawasan agar khalayak tahu bagaimana cara melakukan trik yang biasanya seorang pesulap lakukan saat beraksi.

Menggunakan alat dari kecepatan tangan atau ilmu sihir yang dimainkan oleh seseorang pesulap untuk menyampaikan suatu pesan atau tujuan.

Konsep yang digunakan dalam program acara non drama “MAMBA TIPS & TRICK” memberikan hiburan tentang magic dan membongkar beberapa rahasia dibalik magic.

Format Acara

Nama Station: CSB TV
Kategori Program: Hiburan
Media: Televisi
Format: Variety Show
Judul Program: Mamba Magic Trick and Tips
Tema: Trick Sulap Kartu
Durasi: 24 menit
Pembawa Acara: Vinzi 
Bintang Tamu: Belmondo dan Mayang
Target Audience: Dewasa (17th-40th)
Karakteristik Produksi: Live Record
Jam Tayang: 20.00 – 20.30 Wib karena pada jam tersebuat sebagian masyarakat tengah berada dirumah dan bersantai.

Sinopsis

Program Mamba diawali dengan cupikan biografi si pesulap kemudian pesulap berjalan menyapa pemirsa dirumah sekaligus menyambut bintang tamu yang akan meramaikan acara ini.

Tak lama kemudian setelah permainan sulap bersama bintang tamu selesai pesulap memberikan tips dan trick tentang cara permainan sulap kartu sebelum akhirnya si pesulap menutup acara.

Treatment

Segmen 1
Diawali dengan bumper in, kemudian host membuka acara dan memperkenalkan diri dengan di selingi permainan kartu.

Segmen 2
Diawali dengan bumper in, lalu host menyambut bintang tamu yang pertama dan mengajak bermain sulap kartu.

Segmen 3
Diawali dengan bumper in, lalu host memberi tahu tips dan trik cara bermain kartu yang dia mainkan pada segmen ke 2.

Segmen 4
Diawali dengan bumper in, lalu host menyambut bintang tamu yang kedua dan mengajak bermain sulap kartu.

Segmen 5
Diawali dengan bumper in, lalu host memberi tahu tips dan trik cara bermain kartu yang dia mainkan pada segmen ke 4.

Segmen 6
Diawali dengan bumper in, lalu host mempertihatkan atraksi yang menakjubkan secara teknik yang ringan saat ingin menutup acara.

Rundown dan Naskah

Segmen 1

Video: Permainan Kartu.
Naskah:
NAMA SAYA VINCI / SAYA BEKERJA DI SALAH SATU PERUSAHAAN SWASTA DI JAKARTA / SAYA MENGIKUTI BIDANG MAGIC INI BARU ENAM BULAN YANG LALU DAN SEBELUMNYA SAYA SEMPAT MENGIKUTI SEKOLAH MAGICIAN // SAYA TERTARIK DENGAN MAGIC BERAWAL DARI HOBI BERMAIN KARTU // HARAPAN KEDEPAN / SEMOGA MAGICIAN BISA TERUS BERJAYA DI KACA HIBURAN.
Durasi: 00:00:00 – 00:11:30

Video: Host membuka acara.
Naskah:
SELAMAT MALAM PEMIRSA / JUMPA LAGI BERSAMA SAYA VINCI DALAM ACARA MAMBA MAGIC TIPS DAN TRIK // JANGAN KEMANA-MANA TETAP DI MAMBA MAGIC TIPS & TRIK.
Durasi: 00:10:20 – 00:11:30

Bumper Out 00:11:30 – 00:11:32
Komersial Break 00:11:32 – 00:13:32
Bumper In 00:13:32 – 00:13:34

Segmen 2

Video: Host.
Naskah:
OKE KEMBALI LAGI DALAM ACARA MAMBA MAGIC TIPS DAN TRIK // KALI INI SAYA AKAN MEMAINKAN SEBUAH PERMAINAN KARTU / TAPI SEBELUMNYA SAYA AKAN UNDANG SEORANG BINTANG TAMU / INI DIA BELMONDO ROBUKA // GIMANA KABARNYA?
Durasi: 00:13:34 – 00:14:00

Video: Bintang Tamu Belmondo.
Naskah: (Imporvisasi Host dengan Bintang Tamu)
Durasi: 00:14:00 – 00:14:05

Video: Host dan Bintang Tamu memainkan aksi magic dengan kartu.
Naskah:
DISINI SAYA AKAN MENGAJAK ANDA BERMAIN KARTU YANG TENTUNYA PEMIRSA JUGA INGIN TAHU // (MELAKUKAN AKSI MAGIC KARTU) // NAH ITU TADI SALAH SATU PERMAINAN KARTU / PASTI PEMIRSA INGIN TAHU BAGIMANA CARA MEMPERMAINKANYA // UNTUK ITU JANGAN KEMANA-MANA TETAP DI MAGIC TIPS DAN TRIK.
Durasi: 00:14:05 – 00:15:52

Bumper Out 00:15:52 – 00:15:57
Komersial Break 00:15:57 – 00:17:57
Bumper In 00:17:57 – 00:17:59

Segmen 3

Video: Host membongkar permainan kartu.
Naskah:
KEMBALI MASIH DI MAMBA MAGIC TIPS DAN TRIK // SAYA AKAN MEMBUKA TEKNIK PERMAINAN KARTU DI SEGMEN KE DUA TADI // PERHATIKAN BAIK-BAIK!!!! (MENGULAS AKSI MAGIC KARTU PADA SEGMEN 2) // ITU TADI TEKNIK PERMAINAN KARTU DI PERMAINAN SULAP SEBELUMNYA // JANGAN KEMANA-MANA AKAN ADA AKSI SULAP LAINNYA DENGAN BINTANG TAMU YANG KEDUA / TETAP DI MAGIC TIPS DAN TRIK.
Durasi: 00:17:59 – 00:19:02

Bumper Out 00:19:02 – 00:19:07
Komersial Break 00:19:07 – 00:21:07
Bumper In 00:21:07 – 00:21:12

Segmen 4

Video: Host menyambut Bintang Tamu Mayang.
Naskah:
KEMBALI MASIH DI MAMBA MAGIC TIPS DAN TRIK // SAYA KEMBALI AKAN MEMAINKAN KARTU DENGAN PERMAINAN YANG BERBEDA / SEBELUM NYA SAYA AKAN PANGGIL BINTANG TAMU YANG KE DUA / MAYANG!!!!! // GIMANA KABAR?
Durasi: 00:21:12 – 00:22:60

Video: Bintang Tamu Mayang.
Naskah: (Imporvisasi Host dengan Bintang Tamu)
Durasi: 00:22:60 – 00:23:05

Video: Host dan Bintang Tamu memainkan aksi sulap kartu kedua.
Naskah:
DISINI SAYA AKAN MENGAJAK ANDA BERMAIN KARTU YANG TENTUNYA PEMIRSA JUGA INGIN TAHU (MELAKUKAN AKSI MAGIC KARTU) // NAH ITU TADI SALAH SATU PERMAINAN KARTU / PASTI PEMIRSA INGIN TAHU BAGIMANA CARA MEMPERMAINKANYA // UNTUK ITU JANGAN KEMANA-MANA TETAP DI MAGIC TIPS DAN TRIK.
Durasi: 00:23:05 – 00:24:50

Bumper Out 00:24:50 – 00:24:55
Komersial Break 00:24:55 – 00:26:55
Bumper In 00:26:55 – 00:27:07

Segmen 5

Video: Host membongkar permainan kartu.
Naskah:
KEMBALI MASIH DI MAMBA MAGIC TIPS DAN TRIK // SAYA AKAN MEMBUKA TEKNIK PERMAINAN KARTU DI SEGMEN KE DUA TADI // PERHATIKAN BAIK-BAIK (MENGULAS AKSI MAGIC KARTU PADA SEGMEN 4) // ITU TADI TEKNIK PERMAINAN KARTU DI PERMAINAN SULAP SEBELUMNYA // JANGAN KEMANA-MAN TETAP DI MAGIC TIPS DAN TRIK.
Durasi: 00:27:07 – 00:27:25

Bumper Out 00:27:25 – 00:27:30
Komersial Break 00:22:29 – 00:27:30
Bumper In 00:27:30 – 00:27:32

Segmen 6

Video: Host menunjukan aksi sulap untuk penutup acara.
Naskah:
KEMBALI MASIH DI MAMBA MAGIC TIPS DAN TRIK// SAYA AKAN MEMPERLIHATKAN KEPADA PEMIRSA / TENTUNYA INI BUKAN SUATU HAL YANG BARU // PERHATIKAN!!! (MELAKUKAN AKSI SULAP RINGAN).
Durasi: 00:27:32 - 00:29:30

Video: Host Menutup acara.
Naskah: SEKIAN / SAYA VINCI UNDUR DIRI / SAMPAI JUMPA DI MAMBA MEGICIAN MINGGU DEPAN!!!
Durasi: 00:29:30 - 00:29:50
Credit Tittle: 00:29:50 – 00:30:00

Konsep Program Director

Konsep yang digunakan dalam program acara non drama “MAMBA TIPS & TRICK” memberikan hiburan tentang sulap dan membongkar beberapa rahasia dibalik magic.

Seperti biasa bertugas memberikan pengarahan kepada talent (pemain atau pengisi acara) dan pada masalah teknis operasional.

Secara langsung bertanggung jawab memindahkan secara efektif yang tertulis di dalam naskah dalam bentuk pesan-pesan audio visual.

Menentukan pembawa acara dan bintang tamu yang dapat mengisi acara program tersebut. Membuat casting list dari karakter pemeran acara harus sesuai dengan tema program yang sudah ditentukan. Bintang tamu diundang dari tokoh publik atau artis mulai dari hoby, pengalaman, dan sebagainya.

Konsep Penata Kamera

Menggunakan Konsep kamera Multi Cam yang terdiri dari kamera 1 sebagai kamera master dan kamera pendukung yaitu kamera 2 dan kamera 3.

Alasan kameraman menggunakan konsep Multicam adalah agar dapat menghasilkan gambar talent yang berjumlah lebih dari 2 orang.

Konsep ini membutuhkan kerja sama antar para Cameramen dengan Program Director agar dapat menghasilkan tayangan yang baik.

Shot yang diambil gambar pastinya berbeda kamera secara bergantian karena pemilihan gambar pada tugas operator MCR atau Master Control Room.

Shot size yang biasa digunakan adalah extreme close up, close up, big close up, medium close up dan medium shot.
Tugas Program Non Drama Variety Show

Konsep Penata Artistik

Konsep Tata Artistik yang digunakan dalam “MAMBA TIPS & TRICK” edisi kali ini adalah konsep studio mini dengan latar belakang kain hitam yang di tempel dengan beberapa kartu diatas kain di lengkapi dengan monitor flat dengan tulisan animasi nama program Mamba Magic Tips & Trik, dengan maksud daya tangkap penonton bisa lebih cepat untuk memahami acara ini.

Untuk Properti Mamba tips and trick edisi kali ini di antaranya Hand Property (Gelang, Jam Tangan, Kartu), Set Property ada di dalam studio mini (Meja, Kursi, Kain, dan properti lainnya), Make Up pemeran acara pria secara alami sedangkan perempuan yaitu oriental.

Tidak lupa untuk membuat list breakdown tugas tata artistik setiap segmen apabila ada perubahan dari konsep acara yang ditayangkan sesuai dengan arahan program director.

Kesimpulan

Artikel pembuatan acara program televisi non drama dengan genre variety show ini dapat dijadikan referensi bagi para mahasiswa atau bagi kalangan konten kreator yang ingin membuat konsep acara di videonya sendiri.

Dari berbagai video youtube juga sudah banyak yang membuat jenis acara ini, dan penontonnya juga banyak peminatnya.

Segi konsep yang dijelaskan dari program director, penata kamera, dan penata artistik. Jangan lupa kunjungi artikel sebelumnya mengenai format program televisi jenis non drama.

Untuk konsep lainnya bisa secara individu atau kelompok dalam pembuatan acaranya, ingin menggunakan konsep produser atau seorang editor sesuai pilihan sobat, yang penting berkarya dalam kreativitas.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bray
Bray Broadcaster, Digital Marketing, Communicare, and... Coffee is my favorite. Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Tugas Program Non Drama Variety Show"

Berlangganan Gratis !