Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial

Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial


Catatansibray.com - Media sosial tidak jauh dari foto profile dan sampul atau biasa disebut banner yang ada di belakang foto profile.

Terkadang ingin upload gambar sendiri mau dari hp atau laptop bisa saja terlihat buram, bisa itu kekecilan ukurannya atau terlalu besar pixelnya.

Ini yang membuat para pengguna medsos menjadi bingung, harus berapakah ukuran foto profile pada akun pribadi, atau sampul pada halaman grup agar pas dan sesuai.

Begitu banyak media sosial yang kita temukan saat ini seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan juga LinkedIn.

Ternyata memang membuat akun medsos sendiri agar terlihat keren bukan hanya aktif saja, namun dilihat juga dari foto profile dan sampulnya.

Jadi jika ada pengunjung atau stalker yang sedang melihat akun kita, pasti lirikan mata langsung tertuju pada foto dan sampul.

Sobat pasti pernah mengalami hal ini, saat upload foto tiba-tiba ukurannya tidak sesuai atau bisa terjadi gambar buram, ngeblur, atau pecah.

Ada juga aplikasi yang namanya resize untuk memperkecil ukuran, lalu aplikasi lainnya dari play store yang dapat membantu gambar agar sesuai ukurannya saat upload nanti.

Dimensi gambar di media sosial, dilihat dari lebar (width), tinggi (high), dan resolusi (resolution). Lalu dihitung per rinci namanya pixel bukan centimeter ya.

Disini sobat bisa menggunakan photoshop atau dari website canva.com. Namun jika ingin mengatur resolusi gambar atau mengkompresi, gunakan kraken.io bisa di search google. Dan bagusnya untuk upload foto ini menggunakan format PNG.

Kenapa harus PNG? tidak JPG?
Kedua format ini memiliki keterbatasan dalam kompresi dan transparansi untuk digunakan di web. Format PNG lebih baik dalam menyimpan gambar garis, teks dan grafis ikon pada ukuran, namun file ini terlalu besar dari JPG jadi sulit juga untuk berbagi gambar file PNG dari web.

Sedangkan JPG jika saat mengirimkan atau berbagi akan ada penurunan kualitas ukuran gambar. Jadi Bray sarankan menggunakan format PNG.

Foto Profile dan Sampul Halaman

Setiap media sosial semuanya foto profile berbentuk lingkaran padahal foto berbentuk segiempat, otomatis saat upload ini kita akan crop atau membilah gambar agar sesuai pada ukuran lingkarannya namun bentuknya tetap berupa kotak.

Sedangkan pada sampul/banner/cover berbentuk persegi panjang tetapi tidak sesuai dengan dimensi layar saat menggunakan laptop dan handphone.

Yuk kita ulas satu-satu ukuran gambar pada setiap media sosial agar tidak terjadi kesalahan atau hasil yang tidak diinginkan. Resolusi gambar baiknya harus 72 dpi (dot per inch) agar ukurannya ini lebih ringan saat upload nanti.

Facebook

Dalam halaman resmi FB di pusat bantuan menjelaskan bahwa untuk foto profile berukuran 170x170 piksel pada tampilan melalui komputer atau laptop. 128x128 piksel jika pada tampilan di smartphone atau handphone, dan sebagian besar 36x36 piksel dari ponsel fitur.

Sampul halaman ditampilkan dengan lebar 820 piksel dan tinggi 312 piksel pada Halaman Anda di komputer, serta lebar 640 piksel dan tinggi 360 piksel di smartphone.

Akun profile pribadi dangan grup komunitas atau fb fanspage sama-sama punya ukuran dan dimensi yang sama.

Bray sendiri menerapkan ukuran gambar pada foto profile dan sampul pada halaman facebook Catatan Si Bray melalui laptop seperti ini:
Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial

Instagram

Di halaman bantuan instagram ternyata tidak ada penjelasan mengenai ukuran foto profile, namun hanya ada ulasan berapa besar resolusi gambar saat dibagikan. 1080 piksel dengan rasio aspek antara 1,91:1 dan 4:5.

Instagram hanya terdapat foto profile dan tidak menyediakan sampul, jadi karena masih sama dengan layanan facebook, Bray menerapkan ukuran foto profile seperti ini:
Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial

Twitter

Pada halaman bantuan Twitter disarankan foto profil berukuran 400x400 piksel dan banner atau foto header ukuran yang disarankan adalah 1500x500 piksel.

Dimensi layar pada laptop dan smartphone terlihat pada bannernya tidak terpotong setelah meyelesaikan upload gambarnya. Bray menerapkan spesifikasi gambar seperti ini pada akun @SayHelloBray.
Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial

Pinterest

Melalui halaman bantuan Pinterest hanya ada penjelasan mengenai edit sampul dan spesifikasi produk. Kemudian ada beberapa yang menjelaskan ukuran foto profil Pinterest adalah 600x600 piksel.

Namun foto profil Pinterest setidaknya harus berukuran minimal 180x180 piksel.

Ukuran terbaik untuk foto sampul papan Pinterest adalah 736x736 piksel.

Dari dimensi layar laptop atau smartphone sangat sesuai dan tidak ada potongan gambar pada sampul Pinterest.

Jadi Bray menerapkan spesifikasi foto profile dan sampulnya seperti ini:
Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial

LinkedIn

Pada halaman bantuan Linkedin Foto profil berukuran antara 400x400 piksel hingga 7680x4320 piksel. Sebaiknya tambahkan foto yang tidak perlu banyak dipotong.

Foto latar dimensi piksel yang disarankan adalah 1584x396 piksel. Kurang dari 8MB dengan format JPG, GIF atau PNG.

Disini Bray menerapkan spesifikasi sendiri seperti ini dan upload melalui laptop:
Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial

Penutup

Dari beberapa media sosial memang mempunyai dimensi yang berbeda dan juga dari format gambar yang ditampilkan.

Penyedia situs jejaring sosial pastinya menyediakan halaman bantuan untuk memudahkan penggunanya baik melalui aplikasi yang disediakan atau langsung akses ke website tersebut.

Semoga artikel media sosial ini bermanfaat untuk memaksimalkan foto profile dan sampul agar lebih maksimal terlihat keren dan jelas.

Jangan lupa kunjungi artikel sebelumnya pemasaran promosi produk di media sosial.

Sobat bisa mencoba edit gambar sambil mengukur piksel dari photoshop, canva, adobe spark dan lain sebagainya.

Terima kasih.
Bray
Bray Broadcaster, Digital Marketing, Communicare, and... Coffee is my favorite. Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Ukuran Profile Dan Sampul Media Sosial"

Berlangganan Gratis !