Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Gmail Yang Aman

Cara Bikin Gmail Yang Aman


Pengertian Gmail

Catatansibray.com - Bagaimana cara membuat akun Gmail?
Sebelumnya kita harus tahu apa itu Gmail.

Google Mail jenis surat web dari penyedia layanan surel milik Google. Surel sendiri singkatan dari surat elektronik yang arti Bahasa Inggris adalah Electronic Mail atau Email.

Fungsi email sangat jelas memudahkan pengguna dalam mengirim dan menerima pesan berupa format digital melalui jaringan internet.

Gmail sudah diluncurkan pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 namun masih menyandang status Beta.

Pengertian versi Beta ini adalah hasil ekperimen untuk produk baru yang diluncurkan kepada publik namun masih dalam kategori pengujian dan sudah boleh di distribusikan.

Tahap pengembang website dan aplikasi ada 4 urutan versi yaitu Alpha, Beta, Release Candidate (RC), dan Stable.

Pada tanggal 7 Juli 2009 Gmail sudah tidak menyandang status Beta bersama dengan produk Google Apps. Surat elektronik berbasis web ini berkapasitas penyimpanan sebesar 15GB secara gratis kepada pengguna baru namun akan terus bertambah ditingkatkan lagi kapasitas dalam beberapa waktu kedepan.

Banyak sekali manfaat Gmail antara lain,
  1. Mengirim dan menerima pesan email berupa teks, gambar dan video maupun audio.
  2. Bisa login ke berbagai akun lain dari aplikasi Google sendiri seperti play store ataupun media sosial lainnya.
  3. Mendaftar rekening bank online, mau dari websitenya sendiri atau melalui aplikasi yang tersedia dari Bank tertentu.
  4. Mendaftar channel Youtube dengan akun Gmail sendiri.
  5. Dapat digunakan dalam melamar pekerjaan yang serba online.
  6. Membagi email dari folder tertentu seperti notifikasi media sosial yang masuk ke menu sosial dan bagian pesan lainnya di menu promosi.
  7. Dan lain-lain.

Cara Membuat Akun Gmail

Cara Bikin Gmail Yang Aman
Pertama untuk membuat akun Gmail situs yang dikunjungi yaitu link https://accounts.google.com/signup lalu ada formulir buat akun Google.

Terdiri dari nama depan, nama belakang, nama pengguna untuk dijadikan nama gmail bisa dengan menggunakan huruf, angka dan titik.

Lalu isi sandi atau passwordnya minimal 8 karakter, bisa campuran huruf angka dan simbol.

Setelah sudah isi form tersebut klik berikutnya. Halaman selanjutnya dengan mengisi nomor telepon diawali dengan angka 08xxxx untuk keamanan akun dan ini tidak akan terlihat oleh orang lain.

Alamat email pemulihan sebagai referensi juga untuk menjaga keamanan saat login akun Gmail (boleh diisi atau tidak diisi). Kemudian tanggal lahir dan pilih jenis gendernya.

Berikutnya akan muncul halaman verifikasi nomor telepon untuk memastikan memang sobat yang ingin mendaftar akun Gmail berisi kode 6 digit, pilih kirim. Masukkan kodenya lalu klik verifikasi. 

Sobat bisa membaca terlebih dahulu nomor telepon yang didaftarkan tadi untuk optimalkan apa saja dari layanan Google. Bisa lewati dan bisa diikuti.

Pahami dahulu privasi dan persyaratannya, ada beberapa poin utama yang harus disetujui agar dapat diproses data akun Googlenya.

Ceklis pada bagian bawah kotak dan pilih saya setuju. Selanjutnya muncul halaman tampilan selamat datang, berarti sobat sudah mempunyai akun Google.

Menjaga Keamanan Akun Gmail

Cara Bikin Gmail Yang Aman
Setelah selesai membuat akun Google di halaman myaccount.google, sobat bisa membuat kemanan dan kerahasiaan data diri pada halaman tersebut.

Di sisi kiri ada menu keamanan, sobat bisa mulai pemeriksaan keamanan yang direkomendasikan seperti melalui perangkat login, akses pihak ketiga, peristiwa keamanan, login dan pemulihan.

Dalam menu ini harus ceklis berwarna hijau agar akun tetap aman terkendali.

Keamanan login akun Google lebih baik menggunakan metode verifikasi untuk memastikan memang sobat sendiri yang ingin login atau ada aktivitas yang mencurigakan pada akunnya.

Verifikasi tersebut bisa melalui dari nomor telepon sendiri dan email pemulihan yang sebelumnya pada daftar di formulir akun Google.

Agar lebih aman lagi setiap aktivitas login bagusnya menggunakan nomor ponsel sendiri untuk masuk atau langkah keduanya menggunakan aplikasi Authenticator untuk mendapatkan kode verifikasi dan aplikasi ini tersedia di play store.

Pada menu keamanan ini sobat bisa cek aktivitas login pada perangkat apa saja, aplikasi apa saja yang mendaftar menggunakan akun Google, lalu cek history login pada situs apa saja yang sudah dilakukan. 

Perlu diingat kode verifikasi yang dikirim ke akun Gmail bersifat rahasia dan tidak di publikasikan. Jadi diharapkan betul-betul dijaga kerahasiaannya baik dari ponsel pribadi atau dari chrome pada laptop. 

Jangan lupa juga jika daftar Gmail ini bisa melalui chrome pada komputer dan aplikasi di ponsel.

Harus di cek internetnya juga, apabila menggunakan ponsel dan komputer bukan punya sendiri melainkan teman atau orang lain setelah selesai daftar Gmail, jangan lupa clear browsing data di menu history pada chrome.

Penutup

Dengan mempunyai Gmail semua layanan Google dapat digunakan membantu lebih produkif akses kemana saja.

Gmail sendiri juga sudah ada aplikasi yang tersedia pada versi android dan ios. Walaupun saat offline, aplikasi Gmail masih dapat dibuka dan masih bisa dibaca.

Membuat akun Gmail yang baru tersimpannya bisa pada aplikasi Gmail yang ada di ponsel atau bisa juga pada chrome sesuai saat dimana sobat membuat akun barunya.

Jika sobat tidak bisa membuat akun Gmail dan nomor telepon pastikan dahulu nomor telepon tersebut aktif dari masa tenggangnya ya.

Apabila lupa password akun Gmail atau sudah kadaluarsa bisa memilih lupa email atau lupa sandi pada halaman akun Google, https://accounts.google.com/RecoverAccount. Bisa juga melihat panduan pemulihan lupa kata sandi pada bantuan akun Google.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang baru mendaftar akun Gmail dengan aman dengan keamanan dari Google yang sudah tersedia.

Google tetap memberikan layanan terbaik dan memberikan fasilitas keamanan yang hebat untuk akses Gmail bagi penggunanya. Terima kasih.
Bray
Bray Broadcaster, Digital Marketing, Communicare, and... Coffee is my favorite. Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Gmail Yang Aman"

Berlangganan Gratis !