Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Terjadinya Harbolnas 12.12

Kapan Terjadinya Harbolnas 12.12

Setiap menjelang akhir tahun pasti akan banyak promosi diskon besar-besaran bagi platform media toko online.

Kampanye ada dimana-mana, baik dari spanduk/banner, internet di media sosial, dan juga iklan di layar televisi.

Ya... Sobat pasti tahu, sudah masuk bulan Oktober platform eCommerce membuat kampanye yang meriah karena setiap tanggal 12 Desember diperingati HARBOLNAS atau Hari Belanja Online Nasional.

Jadi selama 3 bulan mulai dari bulan Oktober sampai puncak perayaan bulan Desember yang dikenal dengan 12.12.

Secara serentak dimana semua toko online Indonesia mengadakan event tahunan. 

Biasanya yang ditunggu-tunggu pelanggan ini pasti voucher.

Voucher yang diberikan dapat diklaim saat berbelanja nanti.

Ya bukan hanya sebuah voucher juga ya, mungkin ada promosi lainnya sesuai dengan beragam penawaran menarik dari eCommerce.

Jangan heran jika sudah memasuki bulan Oktober, kampanye eCommerce lebih banyak dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Mungkin ini bisa jadi kesempatan bagi para selebgram, influencer dan artis ternama untuk menjadi endorse atau model kampanye nya.

Kapan Terjadinya Harbolnas 12.12

Kapan terjadi Hari Belanja Online Nasional?
Berawal dari tajuk cantik promo 12.12.12, perayaan ajakan untuk berbelanja online yang dipelopori oleh Lazada dengan cara memberikan promo spesial dan diskon besar.

Lazada tidak sendirian, kemudian muncul beberapa pemain eCommerce Indonesia lain juga turut bergabung memeriahkan perayaan hari belanja online tersebut. 

Sejak tahun 2012, di Indonesia pelanggan dapat menikmati diskon belanja akhir tahun online besar-besar pada event tahunan Hari Belanja Online Nasional yang pertama kali dilangsungkan pada 12 Desember 2012 yang kini lebih sering disebut dengan 12 12.

Mulanya hanya ada tujuh eCommerce yang berpartisipasi dalam Harbolnas, yaitu Zalora, Lazada, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola.

Hal ini menjadikan Harbolnas menjadi acara cyber sale terbesar di Indonesia. Kini ada lebih dari 200 ecommerce yang turut serta meramaikan Harbolnas 1212 ini.

Para pelaku eCommerce bersatu memiliki satu tujuan yang sama yaitu memajukan industri eCommerce dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online melalui perayaan tersebut.

Hari belanja online nasional juga didukung oleh media besar seperti Detik, Tempo, Kompas dan Yahoo. Diskon yang diberikan saat Hari Belanja Online Nasional juga cukup besar yaitu mencapai 80%.

Dimana moment terbaik ini untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja melalui jaringan internet.

Oleh sebab itu perusahaan-perusahaan eCommerce di Indonesia umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) berkembang signifikan terbukti dengan jumlah pesertanya yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online mendapatkan respon yang positif.

Dalam perayaan kampanye ini tak sekadar menggelar diskon demi memanjakan konsumen.

Lebih jauh lagi, mempunyai tujuan untuk menjadikan ajang ini sebagai sebuah langkah untuk memajukan eCommerce Indonesia, mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online, menunjukkan bahwa belanja online itu mudah, nyaman, bisa dilakukan secara aman, di mana saja dan kapan saja.

Kapan Terjadinya Harbolnas 12.12

Hari Belanja Online Nasional juga mempunyai situs resminya di harbolnas.idea.or.id.
Di situs tersebut mengulas apa itu tentang Harbolnas, macam-macam produk lokalnya apa saja, dan juga ada formulir pendaftaran keanggotaan Harbolnas.

Nanti pada form tersebut sangat wajib diisi karena sesuai dengan syarat dan ketentuan dari panitia Harbolnas.

Ada juga penyampaian keluhan atau pertanyaan mengenai program Harbolnas dapat melalui layanan emailnya di harbolnas@idea.or.id pada hari kerja ya Senin-Jumat, 09:00-17:00 WIB.

Tips belanja saat Harbolnas,
  1. Temukan dan catat barang yang ingin dibeli.
  2. Subscribe email ke eCommerde favorit untuk mengetahui promo lebih awal.
  3. Selalu cek review, rating, dan komen toko penjual atau seller.
  4. Siapkan metode pembayaran yang paling memudahkan, jangan lupa cek promo dari bank.
  5. Pasang reminder dari tengah malam, promo Harbolnas terbaik biasanya dilakukan mulai jam 12 malam.
  6. Jangan lupa menggunakan kode voucher eCommerce kesayangan.
  7. Cari tahu promo gratis ongkos kirim.
  8. Dapatkan cashback yang membuat kalian untuk berlipat.

Cara mendapatkan diskon Harbolnas yang pertama pastinya daftar di eCommerce favoritmu dan registrasi lalu berlangganan newsletter.

Biasanya setiap penyedia aplikasi eCommerce memberikan informasi kepada pelanggan apakan ingin menerima fitur push notification.

Karena dengan pemberitahuan tersebut, semua informasi soal promo dan diskon terbaik saat Harbolnas nanti.

Kemudian cara selanjutnya dengan bookmark halaman Harbolnas di eCommerce, disana akan terlihat informasi flash sale dengan website eCommerce.

Pada situs resmi eCommerce juga akan memberikan panduan cara penggunaannya, kalau bisa konfirmasi pada layanan centre nya.

Jangan lupa juga pada promo diskon dari metode pembayarannya.

Biasanya ada jenis penawaran potongan jika menggunakan bank atau kartu kredit. Dari jenis pembayaran eWallet pun juga ada diskon potongan khusus.

Jadi selalu cek halaman promo bank yang ada di tiap eCommerce.

Penawaran diskon banyak macam konteks yang menggiurkan ya, seperti Discount up to 90%, Cashback 120%, Super Flash Sale, Gratis Ongkir, Flash Sale, Serba Rp12, dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apa lagi kumpulkan rupiah kalian untuk merayakan HARBOLNAS ini.

Happy online shopping, everyone! Thank you...
Bray
Bray Broadcaster, Digital Marketing, Communicare, and... Coffee is my favorite. Instagram: @brian.sagala

Posting Komentar untuk "Kapan Terjadinya Harbolnas 12.12"

Berlangganan Gratis !