Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saran Inspirasi Membuat Film Pendek

Saran Inspirasi Membuat Film Pendek


Film pendek atau yang biasa disebut short film merupakan bentuk karya fiksi dan nonfiksi yang dibuat sederhana, mudah dimengerti dan menarik dalam durasi singkat.

Karya fiksi adalah karya yang dibuat berdasarkan imajinasi dari penulisnya, seperti film drama, sinetron, sitkom, dan lain-lain.

Sedangkan karya nonfiksi adalah karya yang dibuat berdasarkan fakta serta tidak ada rekayasa di dalamnya, salah satu karya nonfiksi adalah dokumenter.

Lebih bebas berekspresi, punya konsep, ide dan informasi yang dapat mengimplementasikan pengetahuan dan kreativitas. Namun disini lebih tertantang dalam penciptaan film pendek dengan durasi waktu.

Namanya film pendek pastinya durasi sangat singkat, ada 5 menit. 10 menit. 15 menit, dan sampai 50 menit. Bedanya dengan film panjang berdurasi diatas 60 menit sedangkan film pendek dibawah 50 menit atau kurang dari 60 menit.

Pada platform media YouTube sudah banyak karya film pendek dan durasinya juga bermacam-macam. Pembuatannya juga dari kalangan pelajar, mahasiswa, komunitas dan indie movie maker lainnya.

Dalam membuat film pendek kita harus menentukan fokus cerita yang mengutamakan efektifitas dan efisiensi. Oleh karena itu konsep cerita atau ide harus dipersiapkan lebih matang agar dapat tervisualkan dengan baik.

Naskah yang bagus, akan mempengaruhi filmnya. Kreatifitas kita benar-benar dituntut untuk menghasilkan cerita yang berkualitas dan kaya akan makna.

Kita bisa sebebas-bebasnya membuat sebuah cerita, menciptakan sebuah keadaan atau bahkan membuat sebuah tragedi atau konflik. Namun kita harus memperhatikan sisi logis dari cerita yang kita buat.

Ciri-Ciri Film Pendek

  1. Berdurasi dibawah 50 menit dan/atau kurang dari 60 menit;
  2. Dilakukan oleh para mahasiswa jurusan film, orang atau kelompok yang menyenangi dunia film;
  3. Budget pembuatan tidak lebih dari film panjang;
  4. Penulisan naskah secara padat dan tidak terlalu kompleks;
  5. Setiap shot akan memiliki makna yang cukup besar untuk dijelaskan oleh penontonnya;
  6. Dari benda-benda atau hal-hal di sekitar punya makna personifikasi;
  7. Ada konteks yang ingin disampaikan untuk penonton dari pembuat film.

Wujud Karakter

  1. Manusia;
  2. Nonmanusia (makhluk luar angkasa, monster, binatang, dan benda mati lainnya);
  3. Nonfisik (makhluk supernatural, seperti arwah, hantu, dan sejenisnya); dan
  4. Animasi (dua dimensi atau tiga dimensi).

Ide Cerita Film Pendek

Saran Inspirasi Membuat Film Pendek

Sebuah ide karya film pendek merupakan titik awal keberadaan sebuah cerita, tentang apa yang akan disampaikan kepada penonton. Oleh karena itu, gagasan ini perlu disusun di dalam tim produksi untuk menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dengan segala hal yang sudah ada sebelumnya.

Ide itu datang darimana?
Atau apakah kita harus adaptasi konten? ups...

Kadang ide itu datang tiba-tiba tanpa permisi, saran saya harus di catat!
Jadi bila saya ingin membuat ide cerita, perlu adanya sebuah premis dari inspirasi yang datangnya melalui:

Pengalaman

Sesuatu yang pernah kita alami, baik itu saat didengar, dilihat, atau dirasakan dari peristiwa yang sudah lama atau baru saja dijalani, di dalam diri sendiri atau orang-orang sekeliling kita.

Imajinasi

Kemampuan berpikir kita untuk mengembangkan suatu gagasan atau pengubahan konsep terhadap apa yang pernah dilihat, dengar, dan rasakan. Menciptakan imajinasi dapat kita lakukan saat melihat objek, bisa itu suatu benda, orang, dan hal lainnya. Lalu saat kita sedang bermain, merenung, berdiskusi, dan membaca.

Referensi

Mencari informasi yang dapat dijadikan sebagai rujukan atau sumber acuan untuk mendukung atau memperkuat pernyataannya. Semakin banyak referensi, semakin banyak pula sumber informasi yang didapatkan. Referensi tersebut dapat ditemukan dari televisi, radio, film layar lebar, buku, dan browsing internet (media sosial).

Dari segi skenario film pendek, tidak begitu rumit dengan film panjang. Namun yang namanya film pastinya ada beberapa elemen yang sama, seperti:
  1. Judul Scene;
  2. Nama Pemeran;
  3. Tokoh Dialog;
  4. Beat (pikiran, perasaan, dan emosi tokoh);
  5. Dialog; dan
  6. Transisi.

Jadi yang harus dimatangkan disini saat pra produksi adalah ide cerita, sinopsis, treatment, naskah dan storyboard. Setelah itu, barulah rencanakan budget, setting tempat, alat, dan lain-lain.

Setting tempat dan wardrobe yang bertanggung jawab dalam produksi adalah penata artistik. Alat kamera, perekam, dan pencahayaan yang bertanggung jawab adalah penata fotografi atau DOP.

Untuk persiapan produksi, ada tiga unit pokok peralatan yang dibutuhkan, yaitu unit peralatan perekam gambar, unit peralatan perekam suara, dan unit peralatan pencahayaan. Director Of Photography (DOP) bertanggung jawab pada aspek kreatif penggunaan kamera dan melakukan pengawasan terhadap pencahayaan film dan sinematografi.

Dalam pembuatan sebuah film, ternyata sangat dibutuhkan perencanaan yang matang dalam pra produksi karena pada tahap inilah semua konsep dan ide dasar sebuah karya diciptakan dengan kreativitas, dan pada tahap ini juga produksi dapat ditentukan sampai pasca produksi.

Genre Film Pendek

Saran Inspirasi Membuat Film Pendek

Genre film pendek memang sama dengan film panjang, ada aksi, petualangan, fiksi ilmiah, romantis, komedi, horor, drama, fantasi, thriller, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya tergantung pada ide cerita dan durasi film, misalnya hanya mengambil genre romance yang berdurasi 5-10 menit. Jadi selama durasi tersebut, alur cerita hanya fokus pada 1 genre.

Apakah dalam 10 menit bisa dibuat 2 genre film?

Tentu bisa, genre utama di mix dengan sub tipe cerita agar lebih seru, asalkan penonton dapat menangkap isi pesan tersebut.

Contohnya mengambil film pendek thriller, lalu di mix subtipe dengan suspense. Perpaduan ini terdapat konflik antara tokoh-tokoh secara mental, emosional dan fisik, lalu memiliki elemen ketegangan sepanjang cerita.

Namun tetap dibilangnya film thriller, karena genre utamanya adalah thriller.

Dunia film memang tidak ada habisnya jika berbicara soal genre, karena terlalu banyak juga mix genre yang dipakai, jarang sekali bertemakan 1 genre itu pun jika mengambil durasi sangat pendek.

Film Fiksi

Merupakan karya produksi yang berdasarkan imajinasi dari penulisnya, diperagakan atau dipentaskan dengan berbagai karakter dan cerita. Dari sisi cerita, film fiksi memiliki konsep adegan yang telah dirancang sejak awal.

Cerita dalam fiksi beragam jenis, bisa menghadirkan berbagai macam konflik dari beberapa pemeran dan temanya bisa berupa percintaan, keluarga, persahabatan, sosial, kehidupan dan lain sebagainya. Misalnya, tokoh utama berkonflik dengan pacarnya, orang tuanya, dengan dirinya sendiri dan sebagainya.

Selain itu, tentu juga dipengaruhi oleh berbagai aspek yang diterapkan dalam karya film fiksi. Baik dari segi aspek cerita dan plot, akting pemain, aspek pengambilan gambar, pencahayaan, aspek kostum dan tata rias, serta lain sebagainya.

Film Eksperimental

Jenis film yang tidak memiliki alur cerita (plot) namun memiliki struktur yang dipengaruhi oleh insting subyektif sineas seperti gagasan, ide, emosi, serta pengalaman batin mereka.

Film ini juga umumnya tidak bercerita tentang apa pun bahkan bahkan kadang menentang prinsip sebab-akibat.

Sehingga film eksperimental ini bisa dibilang berbentuk abstrak dan tidak mudah dipahami. Disebabkan karena mereka menggunakan simbol-simbol personal yang diciptakan sendiri. Ini semua adalah alasan mengapa film eksperimental juga masuk dalam kategori film karya artistik.

Film Dokumenter

Dokumenter film merupakan sineas yang bertindak dan bertanggung jawab sebagai penggagas dan penafsir kreatif, sekaligus pelaksana penciptaan sebuah karya dokumenter berdasarkan tema dan visinya.

Ini berarti karya dokumenter dapat di artikan sebuah kejadian nyata dengan kekuatan ide kreatornya dalam merangkai gambar-gambar menarik menjadi istimewa secara keseluruhan.  

Kekuatan film dokumenter sebenarnya terletak pada keaslian (original), keunikkan, memberikan informasi dan moment-momentnya pada saat pengambilan gambar visual itu berlangsung.

Baca juga : Pengertian Kekuatan Film Dokumenter Sebenarnya Untuk Mahasiswa

Salah satu hal yang menarik perhatian penonton adalah menampilkan sesuatu yang sesuai dengan aslinya, yang tidak direkayasa dan dapat menafsirkan segala bentuk kejadian dan peristiwa didalam kehidupan.

Dalam short documentary film dalam durasi pendek ada jenis dokumenter potret/biografi, sejarah, ilmu pengetahuan, nostalgia, eksperimen/seni, buku harian, dokudrama dan lain sebagainya.

Berisikan tema dan ide maupun isi penuturannya yang dikembangkan menjadi matang sehingga terjadi sebuah karya yang dapat dinikmati dan menghibur.

Tujuan dari penyajian film dokumenter ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada khalayak dan memberitahukan tentang suatu peristiwa yang terjadi dan mengandung nilai-nilai serta kepedulian terhadap sesama.

Materi dokumeter dapat disajikan dalam bentuk berita dan dapat pula penjelasan masalah hangat, tentunya dengan proses produksi yang disesuaikan maksud dan tujuan tersebut. Oleh karena itu dokumenter membutuhkan sebuah riset yang matang agar stuktur cerita menjadi menarik.

Penutup

Film pendek itu bebas berekspresi menuangkan ide-ide cerita dan konsep yang memiliki nilai jual cukup besar, serta dikemas dengan teknik editing yang baik agar semakin menarik.

Jenis-jenis film pendek sebenarnya banyak, ada eksperimental, komersial, layanan masyarakat, entertainment/hiburan, fiksi dan sesuai dengan kebutuhannya. Namun pembagian berdasarkan atas cara bertuturnya adalah cerita dan noncerita.

Dalam ajang kompetisi film pendek, memang pastinya ada penilaian dari setiap karya, harus asli dari segi ide cerita, teknik editing dan gambar, penata artistik, penyesuaian tema dan pesan yang disampaikan.

Perlu diingat juga tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku ya. Dalam rendering menggunakan format MP4, kualitas HD, resolusi 1920x1080 px dan aspek rasio 16:9.

Baca juga : Arti Continuity Dalam Produksi Film Drama

Semoga artikel ini bermanfaat mengenai pengertian film pendek, ciri-cirinya, menemukan ide, dan genre filmnya apa saja, dari pengalaman Saya mengikuti ajang kompetisi film pendek.

Tahun 2012 pernah menjuarai festival film pendek BSI Broadcasting Award dengan judul "Happen" genre thriller, bisa kalian search di YouTube "HAPPEN OFFICIAL MOVIE 1ST".

Terima kasih.
Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Film_pendek. Diakses pada 27 Desember 2020.
  2. Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film Edisi Kedua. Sleman: Montase Press, ISBN 978-602-61314-0-9.

Post a Comment for "Saran Inspirasi Membuat Film Pendek"