Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerja Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi

Kerja Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi


Mencari kerja sampingan atau pekerjaan freelance bagi mahasiswa komunikasi atau jurusan broadcasting, banyak sekali pilihan alternatif peluang usaha yang tersedia.

Walaupun pendapatan yang diterima seorang freelance ini perbandingannya berbeda dengan pegawai kantor, namun lama kelamaan akan mendatangkan keuntungan.

Keuntungannya apa saja?

Keuntungannya adalah dari pengalaman bekerja yang dapat mengasah bakat, kemampuan, dan keahlian sehingga juga mengumpulkan beberapa uang yang cukup untuk membiayai kuliahnya atau masuk ke uang saku.

Kemudian juga sebagai alternatif yang nantinya setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja di tempat yang sebelumnya sebagai pekerja lepas, atau siapa tahu kamu dapat mendirikan usaha sendiri.

Kuliah adalah jenjang terakhir dari sistem pendidikan kita, dan disanalah kita mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja.

Ada banyak alternatif kerjaan yang bisa dilakukan seorang mahasiswa sambil kuliah, mengingat saat ini banyak bisnis usaha yang lebih memilih jasa freelance, karena lebih praktis dan biayanya tidak terlalu tinggi.

Penyiar Radio atau Announcer

Salah satu profesi yang menjadi pusat perhatian sebuah stasiun radio adalah menjadi penyiar, atau disebut announcer.

Tugas utama dari seorang penyiar adalah membawakan program acara dengan baik, mulai dari membawakan berita, mengajak pendengar berinteraktif secara langsung atau menyampaikan program musik.

Sebelum memutuskan untuk menjadi penyiar, kamu bisa memilih terlebih dahulu stasiun radio mana yang kamu suka, baik itu dari segmen pasarnya khusus anak muda, atau stasiun radio yang khusus menyiarkan berita, dan sebagainya.

Dari dasar penyiaran pastinya sudah di pelajari saat masih kuliah, namun jika kamu diterima di stasiun radio ada masa training atau latihan.

Latihan bisa seminggu atau sebulan, tergantung sudah sejauh mana kamu bisa menyerap materi dan mempraktikkannya dengan tepat.

Dalam masa training, umumnya materi yang disampaikan adalah visi dan misi, teknik siaran, pengaturan napas, menyampaikan acara siaran, latihan artikulasi, dan pengenalan peralatan siaran.

Setelah mempelajari itu semua pastinya kamu akan ditemani oleh penyiar senior saat awal melakukan siaran on air.

Memang ketika siaran tidak jarang penyiar suka lupa atau bingung harus berbicara apa.

Tapi, untuk menyiasati agar tidak dapat terjadi kekosongan, kita bisa melakukan interaksi langsung dengan pendengar/audiens.

Selain itu kita dapat mengakalinya dengan kembali pada program acara. Misalnya, ketika tidak tahu harus menyampaikan apa lagi, kita dapat langsung melihat susunan acara (rundown siaran), atau langsung memutarkan lagu.

Selain bertugas sebagai penyiar, bisa juga dijadikan reporter bila ada live event yang harus disiarkan on air atau off air. Penyiar juga sering bertugas menjadi dubber atau voice over untuk keperluan promosi juga iklan.

Penyiar yang masih status freelance biasanya dibayarkan berkisar Rp30.000 sampai Rp300.000 tergantung pembayarannya per jam atau per bulan, dan memiliki rating pendengar yang tinggi atau tidak.

Keuntungan lain menjadi penyiar adalah side job yang bisa diterima di luar pekerjaan sebagai penyiar. Misalnya menjadi MC. moderator atau presenter.

MC dan Moderator

Pastinya tugas untuk MC (Master of Ceremony) atau moderator ini membantu kelancaran dan kesuksesan acara.

Moderator bertugas menjadi penengah atau penghubung antara pembicara dengan audiens dalam suatu acara talkshow, seminar, atau launching produk.

Sementara MC bertugas dari awal hingga akhir acara. MC dapat dilakukan di segala bidang acara, baik itu ulang tahun, pesta perkawinan, launching produk, kegiatan musik, seminar, talkshow, atau kegiatan hiburan lainnya.

Seorang MC dapat bertindak juga sebagai moderator jika antara pengisi acara atau pembicara dengan audiens tidak ada penengahnya.

Modal utama menjadi seorang MC atau moderator adalah rasa percaya diri yang tinggi, mengingat pastinya akan tampil di depan publik.

Untuk menambah rasa percaya diri, bisa dibekali dengan pengetahuan yang luas.

Artinya beberapa hari sebelum acara berlangsung lakukan dialog atau briefing dengan penyelenggara acara, membaca beberapa buku yang dapat menjadi bahan acuan, dan lain sebagainya.

Sebagai permulaan untuk menjadi MC atau moderator adalah,
  1. Mulai dari lingkungan terkecil. misalnya kampus atau dalam organisasi lainnya.
  2. Lebih sering menjain hubungan baik dengan berbagai EO (Event Organizer) atau penyelenggara berbagai acara.
  3. Cobalah mengikuti casting buat yang ingin menjadi presenter di TV.
Kompensasi yang diberikan pihak penyelenggara untuk MC/Moderator pemula bisa beragam seusai dari jam terbangnya.

Semua itu tergantung pada jenis kegiatan acara yang diselenggarakan, misalnya acara seminar, acara pesta pernikahan, atau event-event lainnya.

Ada juga event yang berhari-hari sehingga MC atau moderator ini di kontrak penuh dengan nilai kompensasi yang diakumulatifkan.

Seringnya menjadi MC/moderator di berbagai acara, kamu bisa menjadi presenter acara televisi, sehingga tarifnya semakin meningkat dari pengalaman dan kualitasnya membawakan banyak acara.

Model

Dari hari ke hari dunia hiburan semakin semarak dengan munculnya wajah-wajah baru, baik di sinetron, film, ataupun iklan.

Ada juga di setiap lembar majalah, dan media cetak lainnya yang kita lihat wajahnya masih muda, terlihat fresh.

Sebenarnya mereka siapa? Mereka adalah model atau artis yang namanya semakin melambung setelah menjadi model.

Sebuah iklan tanpa model pasti akan terasa kurang bergairah, oleh karena itu para model inilah yang justru menjadi ikon produk iklan.

Begitu juga dengan sinetron atau film. Acting pemeran utama akan terasa kurang seru tanpa adanya peran dari model-model figuran.

Bila kamu memang suka acting atau dipotret maka sebagai model bisa dijadikan pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan.

Sebelum terjun ke dunia modeling, ada satu hal yang perlu diketahui, menjadi model tidak perlu berwajah cantik/cakep.

Ada banyak kerjaan di bidang modeling yang bisa kamu pilih tanpa harus mengandalkan wajah cantik dan tubuh proporsional. Kriteria tubuh proposional bisa terjun ke dunia catwalk.

Sebagai model catwalk harus dapat memperagakan berbagai produk, baik baju, sepatu, ataupun aksesoris. Saat diperagakan, semua produk itu harus terlihat pas dan menarik di badan. Makanya dibutuhkan tubuh yang proposional.

Agar dunia modeling bisa dijadikan kerjaan yang menguntungkan, kamu harus pintar-pintar memilih bidangnya yang cocok.

Misalnya, kalau kamu merasa pintar acting dan tidak bisa berlenggak-lenggok di atas catwalk, lebih baik menjadi model video klip dan figuran di film.

Beberapa rumah produksi (production house) ada yang membuka proses casting secara terbuka, artinya memungkinkan semua orang untuk bisa mencoba.

Atau sebagai pemodel pemula, sebaiknya bergabung dengan sebuah agensi model karena akan mempermudah untuk mendapatkan job yang sesuai.

Selain dapat membantu kamu mengatur jadwal kuliah, agensi juga bertugas mencarikan kerjaan buat kamu. Jadi, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari kerjaan.

Konsekuensi dari menggunakan jasa agensi adalah adanya pemotongan honor. Untuk setiap kerjaan yang kita peroleh dari agensi, kita harus membagi honornya.

Jika kamu tidak percaya dengan kompetensi dari agensi tersebut, memang agensi model saat ini banyak yang kurang jelas kelembagaannya. Sebaiknya kamu bekerja sendiri atau jika memang perlu, meminta bantuan dari keluarga atau teman terdekat.

Tantangan utama dan terbesar dalam dunia modeling adalah persaingan yang ketat, baik dengan sesama model junior maupun senior.

Agar bisa bersaing dengan model-model lain, kamu harus punya ciri khas yang tidak dimiliki model lain, bisa berupa ciri fisik atau kepribadian yang menarik.

Fotografer

Jepret sana jepret sini bermodalkan hobi bisa dijadikan untuk kerja freelance. Foto jepretan dapat dibeli media sesuai jenisnya, tergantung pada nilainya.

Setiap foto memiliki nilainya sendiri dan media akan menghargainya dengan berbeda.

Biasanya foto yang mengandung nilai berita, misalnya foto kebanjiran di suatu daerah, peristiwa kecelakaan, kebakaran dan lain sebagainya.

Jika hasil foto sangat bagus dan diambil langsung tepat pada lokasi kejadian, harga bisa meningkat sampai dua kali lipat.

Sementara foto-foto yang lain, misalnya untuk keperluan foto model atau foto produk, kompensasi yang diterima juga bisa beragam.

Oleh karena itu bila kamu seorang yang hobinya fotografi harus mempunyai portofolio dari hasil karyanya. Berikan judul foto atau tema misalnya foto outdoor, indoor, bertema alam, foto wedding atau acara tertentu dan lain sebagainya. 

Sehingga kamu bisa mempromosikan keahlian ini melalui mulut ke mulut, teman ke teman, klien atau orang lain, media cetak atau media online.

Bisa juga mengikuti berbagai lomba fotografi dan pameran untuk dijadikan alternatif promosi yang dilihat banyak orang.

Dengan promosi yang sering kamu lakukan, akan mendapatkan perhatian banyak orang, kemudian tertarik, maka akan ada pemesanan dari jasa foto karya kamu.

Kamera apa yang paling sesuai untuk jadi fotografer?

Kamera yang biasa dibutuhkan bertipe SLR atau DSLR, harganya bervariasi namun tak ada salahnya membeli kamera second yang kualitasnya masih bagus.

Siapkan tripod agar mengambil foto tidak goyang, berlatih dan lebih rajin memotret objek mulai dari benda mati sampai makhluk hidup, mengikuti semua kegiatan fotografi, promosikan, semakin menjual, dan banyak pemesanan.

Desain Grafis

Hobi kreativitas dari mengedit menggambar ternyata bisa menjual juga. Pekerjaan freelance untuk mahasiswa dalam bidang desain grafis cukup bermodalkan software dari adobe, seperti photoshop, illustrator, dan sebaginya, atau menggunakan corel draw juga boleh.

Pada dasarnya kita harus dapat memvisualkan bahasa tulisan dalam bentuk bahasa gambar. Baik itu ketika mendesain situs, poster, flyer, kartu nama dan apa saja untuk dijadikan uang tambahan.

Saat awal, ada beberapa cara yang ditempuh dalam kerja sampingan ini adalah dengan mencari peluang-peluang di media cetak seperti surat kabar, situs online, percetakan atau di penerbitan buku.

Hal lainnya yang bisa kamu coba membuat story board iklan. Story board ini berfungsi sebagai gambaran awal dalam iklan yang akan diproduksi.

Penggambaran awal dari story board ini seperti saat kamu melihat komik yang nantinya akan dijadikan sebuah film.

Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh rumah produksi yang membuat iklan untuk disiarkan di televisi. Sebelum melakukan shooting, mereka akan menggunakan penggambaran awal sebagai pedoman dalam pembuatan iklan.

Dalam proses pembuatan story board tak ada salahnya jika kita juga memikirkan angle apa yang akan diambil. Hal ini tidak lain untuk memudahkan membuat story board jika kita terlebih dahulu tahu sudut pandang dari mana iklan itu akan dibuat.

Bila kamu tertarik dengan pekerjaan freelance ini bisa mengirimkan hasil story board yang sudah dibuat tentang produk iklan tertentu ke rumah produksi.

Umumnya desainer grafis bekerja untuk advertising atau media cetak. Berbagai desain terkait pembuatan poster, flyer, company ID, fashion, dan lain-lain.

Begitu juga menjadi desainer situs agar lebih menarik termasuk di dalamnya keindahan permainan warna yang ditampilkan, animasi gambar, berbagai link yang ada di halaman depan situs, dan lain sebagainya akan membuat pembaca semakin betah berlama-lama.

Desainer situs harus mampu melaksanakan keinginan dari klien, seperti warna apa yang akan mendominasi situsnya, gambar apa yang diinginkan, teks apa yang digunakan, dan lain sebagainya.

Baiknya lagi jika kita sering melakukan diskusi dengan klien sehingga apa yang diinginkannya dapat dilaksanakan dengan baik. Penting juga untuk selalu minta materi tertulis sebagai bahan ide pembuatan situs.

Marketing

Mahasiswa dari berbagai jurusan dan kajian studi berbeda bisa melamar untuk posisi ini karena tidak ada syarat-syarat khusus untuk menjadi marketing.

Memutuskan untuk menjadi marketing perlu adanya kemampuan berkomunikasi dan jiwa berdagang, namun jangan mengabaikan kuliahnya.

Karena pastinya kamu akan memasarkan dan mempromosikan produk atau jasa pada klien. Mulai dari industri makanan, pakaian, kendaraan hingga alat-alat elektronik.

Seperti yang kita ketahui arti dari marketing adalah pemasaran.

Sales tugas utamanya adalah memasarkan. Prestasinya dinilai dari laku tidaknya sebuah produk di pasaran dan banyak tidaknya keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan dari hasil penjualan sebuah produk.

Kebanyakan staf marketing mendapatkan bayaran dengan sistem persentasi atau persenan.

Biasanya setiap bulan seorang sales marketing akan diberi target pemasaran. Target tersebut harus bisa dipenuhi agar bisa mendapatkan persenan.

Berbeda dengan sales marketing, tugas seorang marketing promotion lebih pada mempromosikan segala sesuatu terkait fasilitas atau produk perusahaan.

Misalnya, mencari iklan dan pelanggan tetap, dan membuat event bulanan sebagai ajang promosi produk yang ditawarkan.

Ini pun juga sangat membutuhkan kejelian dan kepintaran dalam memanfaatkan kesempatan. Kemampuan berkomunikasi juga kreativitas bisa dapat menarik seorang klien.

Satu hal yang harus kamu perhatikan sasat memilih kerja sampingan sebagai marketing promotion adalah pengaturan jam kerjanya.

Penulis

Siapa saja bisa menjadi penulis, karena menulis adalah keahlian yang dapat dipelajari dan dilatih. oleh sebab itu dengan menulis dapat dijadikan bisnis sampingan yang bisa kamu kerjakan.

Menjadi penulis banyak macam-macamnya, seperti penulis novel, pengarang buku cerita, penulis artikel, penulis prosa untuk dunia sastra puisi, komposer yang mencintai dunia musik, dan penulis naskah film atau drama panggung.

Sebagai penulis, banyak sekali yang kamu peroleh manfaatnya. Selain dapat mengasah kreativitas, penghasilan yang diperoleh seorang penulis tidak bisa dibilang sedikit.

Di luar sejumlah uang, yang kisarannya antara 1jt sampai 3jt, sebagai tanda jadi terbit, penulis juga akan mendapatkan royalti dari hasil penjualan bukunya.

Menjadi penulis novel bukan satu-satunya profesi penulis yang dapat menghasilkan uang. Jika menulis novel dianggap terlalu berat, kamu bisa memulainya dengan menulis artikel.

Artikel yang dimaksud bisa berupa resensi film dan buku, atau artikel mengenai momen-momen tertentu yang memang tengah menjadi sorotan terkini.

Ide atau bahan tulisannya dapat kamu peroleh dari surat kabar, internet, berita televisi, radio, buku. atau majalah.

Salah satu penulis terkenal yaitu Raditya Dika menjadi penulis justru karena rajin menulis di blog. Catatan kesehariannya di blog akhirnya dibukukan oleh Gagasmedia menjadi buku kambing jantan, Kemudian dari pengalaman pribadinya yang ditulis dengan kelucuannya juga telah melahirkan buku berikutnya, cinta brontosaurus dan radikus makan kakus.

Memang tidak semua tulisan akan dipublikasikan di media cetak. Semua tergantung pada sejauh mana kebutuhan dari media itu sendiri. Tapi ini bukan berarti kita harus berhenti menulis, atau menyerah.

Jika ditolak oleh satu media, tak ada salahnya kita mencoba dengan media yang lain. Mengingat setiap media memiliki karakter yang berbeda maka tulisan kita bisa saja ditolak oleh media A tapi diterima oleh media B.

Yang penting adalah kita jangan sampai berhenti untuk terus mengasah kemampuan menulis.

Penerjemah

Untuk kamu mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, pastinya mampu berbahasa asing secara aktif ataupun pasif, maka kerja freelance ini hanya membutuhkan kemampuan menerjemahkan secara tertulis.

Tugas seorang penerjemah adalah menerjemahkan teks atau naskah bahasa asing mau itu bahasa Inggris, Jepang, Jerman, Cina dan lain-lain ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam pekerjaannya, seorang penerjemah tidak sekedar mengalihkan arti kata per kata tapi juga mengambil inti-inti dari naskah berbahasa asing dan mengolahnya ke dalam bentuk bahasa Indonesia yang baik.

Saat menerjemahkan, seorang penerjemah harus memperhatikan tata bahasa yang digunakan dan struktur kalimatnya yang sesuai dengan EYD.

Dengan begitu, hasil terjemahnya bisa dicerna dan dipahami setiap pembaca.

Sebuah novel berbahasa Inggris untuk kompensasinya juga kumayan bagi pekerja freelance apa lagi jika menerjemah bahasa asing non-inggris, bayaran yang akan diperoleh bisa jauh lebih besar. Itu karena jumlah sumber manusianya yang lebih sedikit dibanding penerjemah bahasa Inggris.

Kita dapat menjadikan penerjemahan sebagai profesi sampingan selain kuliah. Apalagi dengan keahlian yang dimiliki, kita bisa memperoleh untung besar dari penerjemahan.

Kerja Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa Komunikasi

Dengan ilmu yang kita pelajari saat kuliah bisa dihasilkan sambil bekerja lepas atau freelance.

Kita bisa cepat menyesuaikan diri dengan dunia kerja jika sebelumnya kita sudah terbiasa bekerja. 

Walaupun menjadi freelance, kita harus tetap disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan dan juga kamu harus memiliki jaringan yang luas.

Atau ingin menjadi seorang YouTuber? Ads? Program Afiliasi? atau Reseller? Dropshipper?
Bebas, sesuai kemampuan dan alat yang dimiliki.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi atau jurusan broadcasting dan terima kasih.

Post a comment for "Kerja Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi"

Berlangganan via Email