Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Singkat Mengenai Siaran Acara Talk Show Radio

Singkat Mengenai Siaran Acara Talk Show Radio


Program radio merupakan format penyajian dari acara-acara yang disiarkan oleh stasiun radio. Kegiatan penyiaran radio ditentukan dari formatnya dimulai dari visi dan misi, mengetahui kebutuhan pendengar, perilaku sosial, serta aspek demografis audiens.

Format menjadi sangat tepat untuk menentukan program yang disajikan. Sebuah program acara siaran harus berdasarkan pendekatan isi materinya, bagaimana suatu materi hendak diangkat ke dalam program acara siaran radio.

Jenis program radio memang banyak format acara siarannya, mulai dari kategori informasi, edukasi dan hiburan.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai format acara talk show pada siaran radio. Saya jadi rindu ingin siaran lagi, berbincang dengan pendengar, wawancara artis atau talent, dan berdiskusi bersama narasumber tokoh lainnya.

Sampai sekarang saya mendengar radio, ternyata masih ada penyajian format acara talk show, baik pada siaran berita, siaran edukasi, siaran kebudayaan, siaran hiburan, dan siaran lainnya.

Jadi secara singkat apa itu acara talk show radio?

Talk Show Radio

Program Talk show atau chat show, bisa juga disebut gelar wicara (tayang bincang). Ada juga penyebutannya dengan istilah radio interview.

Jenis format acara ini berupa perbincangan (perundingan dan musyawarah), seperti wawancara (interview) dan diskusi (discussion) dengan beberapa tokoh narasumber dilakukan secara on air, baik di dalam studio atau di luar studio.

Pada siaran radio memang dapat dijadikan unggulan karena menghadirkan perbincangan langsung dengan narasumber. Memilih narasumber sesuai dengan kebutuhan pendengar dan juga berkompeten terhadap topik yang dibahas.

Materi Talk Show Radio

Materi ini pada siaran radio sangat banyak pembahasan apa saja yang bisa dijadikan topik. Topiknya ini disajikan dengan karya artistik dan karya jurnalistik. Topik dengan peristiwa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan saat ini, mengenai pengetahuan umum, dan pada informasi lainnya yang berkaitan dengan target pendengar.
  1. Mengenai berita/informasi (news and information);
  2. Mengenai pendidikan (education);
  3. Mengenai kebudayaan (culture);
  4. Mengenai hiburan (entertainment);
  5. Mengenai pengumuman (public service);
  6. dan lain-lain.

Sifat Materi Talk Show Radio

Hiburan Ringan

Mengutamakan unsur hiburan yang menghadirkan selebritis/talent dengan segala kelebihan, permasalahan atau kontroversinya. Bisa juga menghadirkan orang-orang yang memiliki kehidupan unik atau perjalanan hidup dengan penuh dramatisasi.

Diskusi Serius

Konten yang berkonsentrasi pada topik-topik khusus misalnya bidang politik, ekonomi, sosial atau pada seseorang yang menjadi pembicaraan berita.

Program siaran talk show mempertengahkan pembicaraan seseorang atau lebih, mengenai sesuatu yang menarik, sedang hangat dibicarakan masyarakat atau polemik dari suatu kebijakan.

Sehingga sebagai penyiar radio (presenter/reporter/host) harus dapat menyusun kata-kata, pandai dalam seni berbicara dan seni wawancara.

Bentuk Konsep Talk Show Radio

Ada tiga bentuk konsep pada program talk show radio yang biasa digunakan, yaitu:
  1. One-on-one-show, merupakan bentuk perbincangan saat penyiar dan narasumber mendiskusikan suatu topik dengan dua posisi mikrofon terpisah di ruang studio yang sama.
  2. Panel discussion (diskusi panel), pewawancara sebagai moderator hadir bersama sejumlah narasumber.
  3. Call in show, program perbincangan yang hanya melibatkan telepon dari pendengar. Topik ditentukan lebih dahulu oleh penyiar di studio, diberikan contoh berdasarkan pengalaman penyiar. Kemudian pendengar diminta untuk memberikan respons berdasarkan pengalaman masing-masing. Tidak semua respon audiens layak disiarkan sehingga perlu petugas penyeleksi telepon masuk sebelum diudarakan.

Dalam penulisan naskah radio, kita harus berusaha sebaik-baiknya membuat pendengar berpikir atau untuk memeriksa pengetahuan sasaran, agar informasi disampaikan dengan jelas dan tidak membingungkan.

Pembukaan yang berisi perkenalan topik, latar belakang, dan narasumber.

Lalu selanjutnya adalah diskusi utama, berisi pertanyaan awal penyiar, tanggapan narasumber dan interaksi dengan pendengar. Kemudian terakhir yaitu penutup, yang berisi kesimpulan dan ucapan terima kasih.

Contoh script pembuka talk show radio

---(Opening Music)
---(Background Music)

SERATUS TIGA SATU POINT LIMA FM CSB RADIO / STATION FOR US ALL // 

ASSALAMU'ALAIKUM WAROMATULLOHI WABARAKATUH // 
SELAMAT MALAM SOBAT CSB / GIMANA KABARNYA MALAM INI ? // SEMOGA SEHAT DAN PENUH SEMANGAT YAH...//

DI EDISI MINGGU EMPAT BELAS JANUARI DUA RIBU DUA SATU / 
MALAM  INI SEPERTI BIASA BERSAMA SAYA BRAY AKAN MENEMANI SOBAT SELAMA SATU JAM KEDEPAN/ TENTUNYA DALAM PROGRAM "INDISQUS" INI DISKUSI //

---(Smash Music)
---(Background Music)

KALI INI KITA AKAN MEMBAHAS TOPIK TENTANG KONSER MUSIK SECARA VIRTUAL / PADA SAAT INI MEMANG / TUR KONSER MUSIK SEMAKIN BANYAK PERUBAHAN // SEJUMLAH MUSISI TETAP BERKARYA MESKIPUN ADANYA LARANGAN UNTUK MENGGELAR KONSER YANG DIBERLAKUKAN // SEHINGGA PARA MUSISI SAAT INI / MENCOBA MELAKUKAN KONSERNYA KEMBALI / MELALUI PLATFORM DIGITAL//

BAGAIMANA PARA MUSISI INI MENGGELAR KONSERNYA SECARA VIRTUAL? // KONSEP ACARA APA YANG AKAN DIGELAR? // APAKAH KONSER VIRTUAL INI MEMBUTUHKAN BIAYA?//

SOBAT CSB BISA IKUT BERPARTISIPASI DALAM PERBINCANGAN KALI INI // SILAHKAN SOBAT SMS KE NOMOR 08xxxxx / DAN NANTI PADA SAAT SESI TANYA JAWAB // SAYA AKAN MEMBACAKAN SMS SOBAT CSB MENGENAI TOPIK YANG KITA BAHAS KALI INI //

DI STUDIO SUDAH HADIR NARASUMBER KITA // MAS ATEP SELAKU PENYELENGGARA KONSER MUSIK DIGITAL // APA KABAR MAS ATEP? (basa-basi dahulu tanyakan kabarnya) //

KEMUDIAN ADA MAS JOKI DAN MAS LEO / SEBAGAI MUSISI YANG AKAN TAMPIL PADA KONSER MUSIK DIGITAL DI TANGGAL DUA PULUH JANUARI NANTI YA // BAGAIMANA KABARNYA MAS....? (basa-basi dahulu tanyakan kabarnya) //

SEBELUM KITA MASUK DALAM TOPIK PEMBICARAAN INI / SAYA PUTARKAN LAGU DULU BIAR SEMAKIN RELAX DAN ENJOY // PERBINCANGAN KITA MAKIN SERU / JADI SOBAT CSB JANGAN KEMANA-MANA // STAY TUNE TERUS DI SERATUS TIGA SATU POINT LIMA FM CSB RADIO / STATION FOR US ALL //

---(lagu)

Dalam memberikan pertanyaan, saya menggunakan teknik 5W+1H. Contoh:
  • Apa alasan Anda menyelenggarakan acara ini?
  • Siapa saja yang terlibat dalam acara ini?
  • Kapan dilaksanakan acara tersebut?
  • Kenapa acaranya seperti itu?
  • Dimana Kita bisa menonton acaranya?
  • Bagaimana persiapan Anda sebelum acara ini berlangsung?
Dengarkan dan perhatikan cara narasumber berkomunikasi, ini akan membantu perencanaan wawancara. Lalu kita bisa mengganti arah pembahasan jika ada informasi yang baru muncul. Pastikan para pendengar sudah jelas dalam pembahasan topik yang dibicarakan.

Penutup

Semoga artikel ini bisa dapat dijadikan referensi untuk membuat acara talk show di radio. Talk show itu merupakan kegiatan tanya jawab untuk memperoleh informasi, perlu adanya kajian pengamatan sebelum dimulainya acara.

Talk show itu juga kegiatan diskusi saling bertukar pemikiran untuk memperoleh pemahaman mengenai penyebab suatu masalah dan solusi penyelesaiannya.

Mengingat bahwa penyiaran radio adalah media komunikasi massa dengar yang menyalurkan gagasan dan informasi dalam bentuk suara secara umum dan terbuka, berupa program yang teratur dan berkesinambungan.

Siaran radio memiliki karakteristik unik dan khas, punya cara tersendiri yang disebut dengan gaya radio meliputi kosakata lisan, musik dan sound effect, menjadi kunci utama untuk memikat pendengarnya.

Namun dalam hal itu semua produksi siaran acara radio tetap patuh pada kode moral dan kode etik yang berlaku.

Terima kasih.
Referensi:
  1. Wibowo, Fred. 2012. Teknik Produksi Program Radio Siaran. Buku 1: Mengenai Medium Dan Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Book Publisher, ISBN 978-602-97630-5-8.
  2. Fachruddin, Andi. 2019. Journalism Today. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group, ISBN 978-602-422-919-1.


2 comments for "Singkat Mengenai Siaran Acara Talk Show Radio"

Berlangganan via Email