Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Penyajian Program Musik Pernah Tayang Di Televisi

Bentuk Penyajian Program Musik Pernah Tayang Di Televisi


Program musik televisi merupakan rancangan acara siaran yang menyajikan unsur nada atau suara disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Dalam proses produksi program musik di televisi mencakup dalam bentuk prinsip-prinsip dasar tentang apa, untuk siapa, dan bagaimana proses pengolahan suatu siaran hingga dapat diterima khalayak luas.

Mengingat bahwa kebutuhan audiens menonton televisi adalah untuk informasi (information) dan hiburan (entertainment). Program hiburan dibagi menjadi format drama dan non drama. Kategori program musik masuk dalam format non drama.

Program musik yang pernah kita lihat di televisi, banyak ragam jenisnya, seperti video musik (video clip), pertunjukan musik (music show), konser musik (live music) dan masih banyak lagi.

Baik secara langsung (live) atau rekaman (tapping), dan ditampilkan di dalam studio (indoor) atau di luar (outdoor). Program musik televisi ditentukan dengan kemampuan musisi dan artis/talent yang memiliki daya tarik audiens.

Kategori musik:
  1. Musik seni
  2. Musik Populer
  3. Musik Tradisional

Fungsi musik:
  1. Mengungkapkan emosi
  2. Sarana hiburan
  3. Sarana pendidikan
  4. Pengiring pertunjukan
  5. Menenangkan jiwa
  6. Sarana bisnis
  7. Sarana komunikasi
  8. Pengiring tarian

Jenis-jenis musik:
  1. Klasik
  2. Jazz
  3. Country
  4. Rock
  5. Pop
  6. Balada
  7. Blues
  8. Reggae
  9. Hip Hop
  10. Dangdut
  11. Dan lain-lain

Penyajian musik:
  1. Penyajian musik tunggal
  2. Penyajian kelompok musik terbatas
  3. Penyajian musik orkestra
  4. Penyajian musik elektrik

Penyajian Program Musik Di Televisi

Program televisi merupakan media siaran yang disusun dan di desain secara kratif mengandung unsur informasi, edukasi dan hiburan. Untuk meningkatkan dan mempertahankan jumlah audiens, maka perencanaan siaran dikemas sedemikian rupa, seperti program musik.

Sesuai konsep dan kreativitas pembuatan programnya, apakah membahas tangga lagu, berbincang dengan bintang tamu, atau bernyanyi bersama penonton. Penampilan juga dapat di padukan secara musikal seperti tarian, dialog, maupun pertunjukan yang mempunyai kesan musik.

Bentuk penyajian program musik televisi terus mengalami perkembangan dari jaman ke jaman. Berikut beberapa bentuk program musik yang pernah di tayangkan pada televisi.

Video Musik

Video Musik atau video klip merupakan sebuah hasil rekaman film pendek yang berirama lagu, nada, lirik, instrumennya dan penampilan penyanyinya, baik secara solo, grup atau gabungan.

Kehadiran video musik atau video klip bisa dijadikan daya tarik sendiri untuk kekuatan lagu. Sebab video klip bukan hanya sebagai materi promosi semata tapi juga menambahkan estetika secara visual untuk sebuah lagu.

Di era tahun 1980-an istilah video musik sudah populer semenjak kehadiran MTV (music television) menayangkan konsep musik secara visual di layar kaca.

Biasanya materi yang menyajikan video musik untuk dijadikan program TV, pembawa acara (host) menjelaskan tentang lagunya, penyanyinya, dan proses pembuatan klip tersebut. Lalu klipnya ditayangkan.

Bisa juga dengan menghadirkan musisi-musisi sebagai quest star, memperbincangkan seputar musiknya dan juga karirnya dengan selingan video klip rekamannya. Seperti pada tayangan program "Breakout" di NET TV.

Terkadang video musik atau video klip dapat dijadikan selingan dari beberapa program untuk menggantikan commercial break.

Pertunjukan Musik

Konsep yang materi keseluruhannya menampilkan aksi dari penyanyinya, grup atau gabungan dengan membawakan karya musiknya secara live, baik di dalam studio (indoor) maupun di luar studio (outdoor).

Menunjukan kreativitas para musisi dengan pembawaan aksi yang memukau di depan penonton. Bisa di lapangan terbuka menggunakan panggung, atau di dalam studio dengan stage yang sudah dirancang floor plan dari tim produksi. 

Pertunjukan musik ini menyajikan beberapa genre yang berbeda sesuai pilihan bintang tamu yang diundang. Mungkin juga bisa disesuaikan dengan tema pada episode-episode yang berbeda agar tidak monoton juga.

Musisi yang di undang merupakan orang yang berprestasi dan dapat menginspirasi, sehingga bisa menambah wawasan bagi penontonnya. Misalnya pada tayangan program "Music Everywhere" di NET TV. Acara musik ini dikemas secara menarik dengan lokasi syuting di berbagai lokasi yang unik.

Dalam penayangan pada program televisi, bentuk pertunjukan musik ini berbeda-beda, bisa berbentuk konser musik tunggal, orkestra, paduan suara, grup musik dan sebagainya. Ada pun juga berbentuk festival musik tahunan yang ditayangkan secara eksklusif.

Bila pertunjukan musik di luar studio atau event outdoor, produksi siaran menggunakan unit OB-van (Outside Broadcast-van). Sebuah mobil yang digunakan untuk siaran di luar studio dengan adanya pemancar STL (Studio Transmitter Link) UHF untuk menghubungkan studio mini ke studio utama.

Penutup

Program musik ini bisa di gabungkan dengan beberapa materi seperti kompetisi ajang pencarian bakat, misalnya pada program "Indonesian Idol", dan juga dapat berupa acara kuis seperti "Berpacu Dalam Melodi". Jika program menampilkan materi musik, maka tampilannya dengan segala isi konten berupa penyanyi, pemusik, alat musik, backing vocal serta tambahan pendukung lainnya seperti penari dan sebagainya.

Manfaat dari Televisi itu sendiri adalah sebagai salah satu media komunikasi, wadah penyaluran ekspresi, menyajikan informasi dan hiburan serta meningkatkan daya imajinasi kerena televisi dapat memvisualisasikan.

Maka jenis format memiliki banyak kategori lalu bisa diklasifikasikan lebih spesifik lagi. Kategori dalam beberapa materi yang disajikan tidaklah mutlak atau baku.

Sehingga tayangan program acara TV selayaknya memiliki moral tanggung jawab yang melekat sesuai aturan dan ketentuan berlaku dalam perilaku pedoman penyiaran.

Kunjungi artikel sebelumnya mengenai perbedaan siaran karya artistik dan karya jurnalistik.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Referensi:
  1. https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/09/110000369/pertunjukan-musik--pengertian-dan-bentuk-penyajian-musik. Diakses pada tanggal 02/03/2021.
  2. Latief, Rusman. 2020. Panduan Produksi Acara Televisi NonDrama: Ide, Format, Sistem Kerja, Kerabat Kerja, Naskah, Tata Rias, dan Acuan Dasar Kamera. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group, ISBN 978-623-218-318-6.


Post a comment for "Bentuk Penyajian Program Musik Pernah Tayang Di Televisi"

Berlangganan via Email