Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi

Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi


Acara permainan di televisi merupakan rancangan program siaran kreatif yang menyajikan unsur hiburan berupa perlombaan, adu cepat menjawab pertanyaan, cepat tepat, cerdas cermat. dan sebagainya untuk mendapatkan sesuatu diselenggarakan di dalam atau di luar studio.

Dalam acara permainan, peserta di uji pengetahuannya, ketangkasan, kemampuan, kecepatan, dan sebagainya untuk melewati halangan atau rintangan dalam perhitungan waktu, skor atau poin. Peserta yang mengikuti dalam permainan baik secara individu atau pun kelompok.

Kontestan bersaing dengan pemain lain atau tim lain, sementara ada pula acara yang melibatkan peserta bermain sendiri untuk mendapat nilai tinggi atau hasil terbaik. Acara permainan sering memberi pemenang dengan hadiah seperti uang tunai, tiket perjalanan maupun barang dan jasa yang diberikan oleh sponsor acara.

Mengingat bahwa kebutuhan audiens menonton televisi adalah untuk informasi (information) dan hiburan (entertainment). Program hiburan dibagi menjadi format drama (timeless & imaginative) dan non drama (timeless & faktual).

Acara permainan merupakan kategori program format non drama dengan siaran yang bertujuan untuk menghibur audiens dalam bentuk kuis atau aksi pertunjukan lainnya. Baik produksi langsung (live) atau rekaman (tapping), dan kontestan atau peserta dari kalangan mana saja bisa ikut mengisi acaranya.

Penyajian program acara TV dengan tema permainan biasanya menekankan pada kemampuan intelektualitas, kemampuan fisik atau ketangkasannya untuk melewati suatu halangan dan rintangan. 

Berikut bentuk penyajian acara permainan yang pernah tayang di televisi.

Quiz Show

Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi
Program Super Family 100. Sumber foto: inilah.com
Acara kuis merupakan program acara gabungan antara edukasi dan hiburan yang dikemas dalam satu program, menyuguhkan tayangan yang mendidik dimana pembawa acara memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan umum atau informasi yang terjadi saat ini dan menampilkan bintang tamu artis maupun orang biasa yang beruntung dipilih oleh tim produksi program acara kuis.

Pembawa acara memberikan pertanyaan dan para peserta harus menjawab pertanyaan yang sudah diberikan. Untuk format kuis ini memerlukan kemampuan serta keberanian dalam memberikan jawaban. Oleh karena itu, peserta atau kontestan diharapkan memiliki wawasan luas dan pengetahuan yang beragam untuk memenangkan acara kuis tersebut.

Contoh program kuis yang pernah ditayangkan adalah Super Family 100, Who Wants to Be a Millionaire?, Siapa Berani?, dan lain sebagainya.

Game Show

Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi
Program Benteng Takeshi. sumber foto: KapanLagi.com
Sebuah acara permainan yang mengadu kemampuan, keterampilan, keuletan, dan kesabaran setiap peserta. Demi kemenangan mereka harus di uji setiap langkah melalui jebakan-jebakan dan halang rintang. Setiap lolos dari jebakan maka peserta akan mendapatkan nilai tambahan.

Game show lebih mengandalkan trik-trik jebakan dalam bentuk permainan. Kalaupun ditambahkan unsur kuis di dalamnya, hanyalah sebagai bumbu penyedap dan menahan emosi penonton yang selalu tegang selama permainan.

Salah satu jenis program acara non drama atau non fiksi dengan sejumlah kontestan atau peserta yang direkam secara intensif dalam sebuah area (stage) khusus guna bersaing memperebutkan hadiah. 

Kontestan atau peserta yang ikut dalam acara ini bisa dari kalangan mana saja sesuai dari kebutuhan acara yang diselenggarakan, baik di produksi dalam studio (indoor) atau pun di luar (outdoor).

Contoh program game show yang pernah ditayangkan adalah Takeshi Castle (benteng takeshi), Sasuke Ninja Warrior Indonesia, The Biggest Game Show In The World, dan lain-lain.

Penutup

Acara permainan bisa di gabungkan dengan beberapa materi seperti pada konten musik, misalnya pada program "Berpacu Dalam Melodi", dan juga dapat digabungkan dengan acara komedi seperti "WIB (Waktu Indonesia Bercanda)".

Jika program menampilkan materi acara permainan, maka tampilannya dengan segala isi konten berupa sesuatu menjawab pertanyaan atau saling bersaing untuk memenangkan suatu bentuk permainan.

Manfaat dari Televisi itu sendiri adalah sebagai salah satu media komunikasi, wadah penyaluran ekspresi, menyajikan informasi dan hiburan serta meningkatkan daya imajinasi kerena televisi dapat memvisualisasikan.

Maka jenis format memiliki banyak kategori lalu bisa diklasifikasikan lebih spesifik lagi. Kategori dalam beberapa materi yang disajikan tidaklah mutlak atau baku.

Sehingga tayangan program acara TV selayaknya memiliki moral tanggung jawab yang melekat sesuai aturan dan ketentuan berlaku dalam perilaku pedoman penyiaran.

Kunjungi artikel sebelumnya mengenai bentuk penyajian program musik pernah tanyang di televisi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Referensi:
  1. Fachruddin, Andi. 2019. Journalism Today. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group, ISBN 978-602-422-919-1.
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Acara_permainan. Diakses pada tanggal 09/03/2021.


Post a comment for "Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi"

Berlangganan via Email