Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Program Sitkom Yang Pernah Tayang Di Televisi

Beberapa Program Sitkom Yang Pernah Tayang Di Televisi


Program komedi situasi (sitkom) di televisi merupakan rancangan acara siaran yang menyajikan sebuah drama humor (sesuatu yang lucu) berdasarkan pada alur cerita dan melibatkan sekelompok karakter (pelawak) untuk mampu membangkitkan tawa para penonton dari setiap episode. Sitkom awalnya dirancang untuk radio, tetapi sekarang juga ditemukan di televisi.

Istilah komedi situasi selalu menjadi istilah yang cukup luas, ini bisa merujuk pada komedi TV apa pun, dimana beberapa karakter pemeran tiap episode tidak melulu menonjolkan peran yang itu-itu saja. Tapi tetap, pemeran utama biasanya memiliki episode paling dominan.

Biasanya setiap episode memiliki satu atau lebih lokasi tetap, yang biasanya merupakan setting di studio televisi, alias bukan lokasi yang sesungguhnya (dan penonton umumnya juga bisa mengidentifikasikannya dengan mudah). Namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk shooting di lokasi lain, misalnya di jalanan atau gedung sungguhan, tergantung ide cerita dari kreativitas sang kreator.

Beragam tema yang berubah-ubah dengan plot atau alur cerita didasarkan pada situasi humor atau komedi situasi tertentu. Tema tersebut berdasarkan pada situasi yang mungkin timbul dalam kehidupan sehari-hari. Situasi yang tidak biasa, seperti kesalahpahaman atau kebetulan yang memalukan dan rangkaian situasi lainnya.

Shooting menggunakan beberapa kamera (multi camera) untuk menampilkan segala bentuk angle humor dari beberapa posisi. Semua scene di set menjadi sebuah cerita lucu yang justru dibawakan dengan sangat baik oleh pemerannya (talent).

Baca juga : Unsur Genre Drama Televisi

Berikut beberapa program sitkom yang pernah tayang di televisi.

Bajaj Bajuri (2002)

Bajaj Bajuri adalah serial sinetron komedi situasi ditayangkan di Trans TV sejak awal 2002. Sinetron ini menceritakan tentang kisah sebuah keluarga sederhana Betawi, yaitu keluarga Bajuri dan Oneng, yang berpenghasilan pas-pasan karena sang suami hanyalah seorang sopir bajaj sedangkan sang istri membuka salon kecil-kecilan. Mereka tinggal serumah dengan Eti, ibunda Oneng, yang biasa dipanggil Emak. Kehidupan mereka yang sederhana beserta lingkungan sekitarnya ditampilkan untuk menggambarkan situasi kondisi masyarakat daerah pinggiran di Jakarta.

OB (2006)

OB (Office Boy) adalah serial situasi komedi Indonesia yang ditayangkan oleh RCTI kemudian disiarkan lagi oleh Global TV dengan format yang berbeda. Acara ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2006. Satu ciri khas dari serial ini adalah adanya penampilan bintang tamu di setiap episodenya.

Awas Ada Sule (2008)

Awas Ada Sule adalah komedi situasi yang ditayangkan oleh stasiun televisi GTV. Awas Ada Sule mulai tayang tahun 2008. Dalam sitkom ini Sule akan berperan sebagai pembantu di sebuah keluarga. Interaksinya bersama Makmur akan membuat kejadian-kejadian yang membuat pusing Kanjeng Mami, Pak Tiyo, dan Bu Tiyo beserta pemain pendukung lainnya.

Kejar Tayang (2009)

Kejar Tayang adalah komedi situasi yang ditayangkan Trans TV mulai tayang tahun 2009. Kejar Tayang mengangkat kehidupan para kru dan artis dalam proses pembuatan sinetron striping. Adanya perbedaan karakter serta tuntutan pekerjaan, akan membuat konflik-konflik dan situasi yang lucu dalam kegiatan kantor maupun shooting di lapangan.

Tetangga Masa Gitu? (2014)

Tetangga Masa Gitu? adalah sitkom yang menampilkan kehidupan sehari-hari 2 pasangan suami istri, dimana kedua pasangan ini tinggal dalam satu kompleks dan hidup bertetangga. Ditayangkan NET sejak tahun 2014. Disini akan selalu dibahas masalah-masalah sederhana kehidupan sehari-hari baik di internal rumah tangga mereka, maupun dengan tetangga dan lingkungan sekitar yang menarik untuk diangkat.

Kelas Internasional (2015)

Kelas Internasional adalah komedi situasi yang ditayangkan di stasiun televisi NET sejak tahun 2015. Acara ini mengambil situasi di sebuah sekolah dengan pemeran utama Pak Budi dengan warga negara asing. Ceritanya terinspirasi dari seri komedi situasi Inggris tahun 1970-an berjudul Mind Your Language.

OK-JEK (2015)

OK-JEK adalah sebuah acara televisi bergenre sinetron komedi yang ditayangkan oleh stasiun televisi NET, tayang asli pada tahun 2015. Sitkom ini bercerita tentang kehidupan para tukang ojek online dan seluruh staf di kantor OK-JEK. Nama dan cerita sitkom ini terinspirasi dari aplikasi ojek online populer. Cerita OK-JEK berfokus kepada para driver OK-JEK dan orang-orang disekitar mereka, juga masalah-masalah yang sering dialami para driver dan manajemennya.

Itulah beberapa program sitkom yang pernah tayang di televisi, dan masih banyak lagi acara komedi situasi lainnya. Bila Sobat ingin menambahkan program sitkom lainnya, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Baca juga : Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi

Memproduksikan sebuah acara sitkom memang cukup sulit. Situasi berperan penting dalam menentukan adegan humor yang representatif. Seluruh dialog di tata secara serius dan diucapkan untuk menimbulkan kejutan humor. Bukan sebuah wacana yang dibuat-buat seolah lucu, tetapi suasanalah yang membangun sebuah kelucuan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Referensi:
  1. Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_komedi_situasi_Indonesia. Diakses pada 24/05/2021.


Post a Comment for "Beberapa Program Sitkom Yang Pernah Tayang Di Televisi"