Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan Bersifat Off Air Pada Radio

Kegiatan Bersifat Off Air Pada Radio

Dalam suatu kegiatan di stasiun radio ada yang bersifat On Air dan Off Air. Sebelumnya kita harus tahu istilah kata menurut KBBI, arti On Air (on the air) yang berarti mengudara (siaran) sedangkan arti Off Air yakni tak-siar (tidak atau bukan siar).

Dimana kegiatan bersifat On Air adalah acara yang dilakukan di dalam rutinitas radio seperti program sedang tayang, baik dalam bentuk siaran langsung (live) maupun hasil rekaman (taping). Bisa juga berbagai kegiatan yang diadakan di dalam radio atau berhubungan dengan siaran radio tersebut.

Sedangkan kegiatan bersifat Off Air adalah acara dilakukan di luar ruangan yang tidak terikat dengan kegiatan siaran radio, dan biasanya kegiatan tersebut diadakan di luar ruangan atau di lapangan dalam hal bertujuan untuk mempromosikan radionya. Off Air bisa juga dikatakan kegiatan sebuah event yang diadakan dari radionya sendiri atau dari hasil kerjasama dari pihak sponsor maupun kolaborasi pihak lain.

Istilah lainnya untuk kata Off Air pada radio adalah program pendukung dan/atau kegiatan diluar studio.

Baca juga: Tujuan Program Expose Untuk Siaran Radio

Acara apa saja kegiatan Off Air itu?
  1. Pertunjukan musik
  2. Pertunjukan drama
  3. Festival band
  4. Dance competition
  5. Bazar murah
  6. Donor darah
  7. Sepeda sehat atau jalan sehat
  8. Kunjungan kampus (Goes to Campus)
  9. dan lain-lain.

Ada pula kegiatan Off Air yang bisa menarik pemasukan tersendiri bagi radionya, seperti menyewakan studio musik, menyewakan peralatan sound system, menjadi event organizer dan lain-lainnya yang berkaitan dengan entertainment.

Dengan diadakannya acara kegiatan Off Air ini dapat menjadi alternatif lain bagi suatu radio untuk memperkenalkan radionya, karena dengan adanya Off Air yang membuat suatu event-event menarik secara tidak langsung dapat memikat minat masyarakat untuk mendengarkan radio.

Setiap radio punya keinginan untuk mendapatkan citra yang baik dan menjadi pilihan utama bagi para pendengarnya. Menunjukan bagaimana radio bisa mengenalkan stasiun radionya kepada khalayak banyak.

Baca juga: Karakteristik Theatre Of Mind Pada Siaran Radio

Dengan rutinnya suatu radio mengadakan Off Air, maka radio itu dapat dikenal oleh masyarakat dengan cepat.

Tim yang nantinya menangani program–program Off Air biasanya disebut Off Air Division atau bagian komersial. Bagian khusus pada stasiun radio yang menangani acara non-siaran, untuk menangani acara-acara Off Air yang berkenaan dengan promosi, membangun image, dan lain-lain. Divisi ini sering bekerjasama dengan event organizer (EO) dalam menangani sebuah acara.

Demikian artikel mengenai kegiatan bersifat Off Air pada radio. Setiap pengelola media penyiaran mempunyai strategi manajemen yang berbeda-beda, guna mencapai sasaran yang telah ditentukan. Namun tetap tunduk dan patuh pada regulasi atau peraturan yang berlaku.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Referensi:
  1. Musman, Asti dan Sugeng WA. 2011. Marketing Media Penyiaran. Bukan Sekedar Jual Kecap. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.
  2. Wibowo, Fred. 2012. Teknik Produksi Program Radio Siaran. Buku 1: Mengenal Medium Dan Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Publisher.


Post a Comment for "Kegiatan Bersifat Off Air Pada Radio"