Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Acara Variety Show Merupakan Konsep Tayangan Yang Bervariasi

Acara Variety Show Merupakan Konsep Tayangan Yang Bervariasi

Acara Variety Show (acara ragam atau acara varietas) di televisi merupakan rancangan program siaran kreatif yang memadukan antara berbagai macam jenis hiburan dari serangkaian pertunjukan atau aksi, seperti musik, tarian, komedi sketsa, sulap, bincang-bincang atau talkshow, dan lain-lain. 

Program yang penuh dengan ide-ide menarik dimana terdapat berbagai macam konsep acara dan mengundang bintang tamu (selebriti) setiap penyajiannya, biasanya dipandu oleh pembawa acara (presenter) atau host. Umumnya, tayangan ini identik dengan musik dan pertunjukan-pertunjukan lainnya sebagai acara pendukung.

Acara yang menampilkan berbagai jenis hiburan ini mampu memikat selera penonton karena materi apa saja dapat disajikan dalam variety show. Keberhasilan program variety show, salah satunya dapat diketahui bila penonton merasakan tayangannya bervariasi dan tidak monoton.

Beberapa acara variety show yang pernah tayang di televisi seperti, Dahsyat (2006) ditayangkan oleh RCTI. Awalnya merupakan program musik dan seiring berjalannya waktu terdapat progres di dalam konsep yang dimana kreativitas ini menambahkan beberapa materi, sehingga terbentuk variety show. Namun unsur musik tetap dipertahankan.

Baca juga : Bentuk Penyajian Program Musik Pernah Tayang Di Televisi

Lalu Yuk Keep Smile (2013) yang tayang di Trans TV.  Awalnya dengan nama Yuk Kita Sahur, lalu Best YKS, dan selanjutnya Yuk Keep Smile. Acara televisi dengan pertunjukan musik langsung, jogetan, lawak/komedi, kuis, gelar wicara, dan game show, menghadirkan sederet bintang tamu artis papan atas dan lainnya. Dekorasi di dalam studio terdapat set berbeda, dari satu panggung utama dan panggung tambahan sesuai kebutuhan segmen program dan sponsorship yang dipersiapkan untuk built-in iklan.

Selanjutnya The Comment (2013) ditayangkan oleh NET TV. Acara variety show ini mengomentari berbagai macam hal, mulai dari video, footage, gambar, foto, hingga capture socmed, dengan gaya yang lucu dan menghibur. Pada dasarnya acara ini menyajikan komentar dan lawakan pada sajian utama, kemudian berkembang menjadi berbagai format acara. Berbagai format penyajian yang terdapat pada program ini lebih dari satu diantaranya adalah format video comment, permainan, music performance, talkshow, dan format pertunjukan lainnya.

Kemudian The New Eat Bulaga! Indonesia (2014) ditayangkan secara langsung oleh ANTV. Terbagi dalam beberapa segmen permainan atau games, gelar wicara, musik, jogetan, kuis, namun juga ada segmen ajang pencarian bakat yang pemenangnya berbeda setiap harinya. Lokasi syuting untuk acara ini berlangsung di dalam studio maupun di luar studio sebab banyak beberapa segmen yang mengunjungi ke berbagai tempat.

Baca juga : Bentuk Program Acara Permainan Pernah Tayang Di Televisi

Masih banyak lagi acara variety show yang pernah tayang di televisi. Mungkin Sobat ingin menambahkan contoh lainnya, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah yah.

Program acara variety show dahulu memang banyak menampilkan berbagai jenis hiburan, sehingga acara seperti ini menjadi program yang populer. Dengan mengkombinasikan berbagai konsep didalamnya, acara variety selalu mendapatkan perhatian banyak penonton.

Unsur hiburan tetap menjadi keutamaan pada variety show, hanya saja memadukan berbagai format dalam konsep acara yang akan disajikan tidak membuat penonton jenuh atau merasa bosan. Oleh karena itu kreativitas di uji untuk meningkatkan share dan rating pada program acaranya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Acara_ragam. Diakses tanggal 21/06/2021.
  2. Latief, Rusman. 2020. Panduan Produksi Acara Televisi NonDrama: Ide, Format, Sistem Kerja, Kerabat Kerja, Naskah, Tata Rias, dan Acuan Dasar Kamera. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.


Post a Comment for "Acara Variety Show Merupakan Konsep Tayangan Yang Bervariasi"