Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Point Of View Shot Apa Yang Dilihat Oleh Pemeran Film

Point Of View Shot Apa Yang Dilihat Oleh Pemeran Film

Point of view (POV) shot merupakan arah pandang kamera persis seperti apa yang dilihat oleh mata pemeran (tokoh) dalam sebuah adegan film. Adegan yang menunjukkan apa yang dilihat oleh pemeran tersebut. Biasanya ditetapkan dengan posisi antara shot pemeran yang melihat sesuatu, dan shot yang menunjukkan reaksi pemeran.

POV shot juga dikenal sebagai bidikan sudut pandang atau kamera subjektif, adegan film yang menunjukkan apa yang dilihat oleh pemeran (subjek) diwakili melalui kamera. Sudut pandang kamera ini untuk membidik objek yang akan menjadi pusat perhatian dalam suatu adegan (point of interest).

Contoh pada film 'The Amazing Spider-Man' (2012). Pada saat scene dimana Peter Parker berlari melompati dari gedung ke gedung lain dan mengeluarkan jaringnya sampai berhenti di kaca gedung.

Lalu film 'Enter the Void' (2009). Scene pemeran utama bernama Oscar sedang mencuci muka lalu berkaca pada dirinya sendiri. Mungkin adegan ini menyertakan computer generated imagery (CGI). Selanjutnya Sobat bisa membacanya di https://en.wikipedia.org/wiki/Enter_the_Void.

Kemudian film 'Terminator 2: Judgment Day' (1991). Film ini berkisah tentang seorang cyborg, dimana scene pemeran utama (Terminator T-800) datang berkunjung ke suatu tempat bernama The Corral Open, dan melihat dengan bantuan system komputer yang dimilikinya.

Baca juga : Pemilihan Karakter Film Cerita Protagonis atau Antagonis

Apa yang dilihat oleh pemeran tertentu dalam sebuah adegan film ditunjukkan oleh representasi kamera. Menempatkan penonton langsung dari mata pemeran, dan melihat gambar yang tampil seolah menggunakkan mata pemain yang bersangkutan.

Point Of View Shot Apa Yang Dilihat Oleh Pemeran Film

Sebagai urutan (sequence) yang memperlihatkan seseorang memandang sebuah objek di luar frame dan diikuti dengan frame yang memperlihatkan objek tersebut persis dari arah pandang (mata) orang itu. Disebut point of view cutting.

Tipe-tipe dalam shot sangat banyak dan dapat digunakan untuk memproduksi sebuah film. Biasanya tipe-tipe dalam shot disebut dengan Type of Shot. Sebuah teknik pengambilan gambar yang bertujuan untuk memilih luas area frame, diberlakukan kepada subjek/objek utama baik frame yang lebar maupun sempit.

POV shot dalam film mendefinisikan bagaimana pemeran menerima sesuatu yang dilihat oleh matanya. Pengambilan gambar sinematik didorong dari kesan dan pandangan yang sangat pribadi oleh pemeran dalam film tersebut.

Bidikan POV menyiratkan bahwa apa yang dilihat kamera adalah apa yang dilihat pemeran, biasanya diambil setinggi mata orang tersebut, apakah mereka sedang duduk, tergeletak di tanah, atau berdiri. Bisa juga dengan kamera mengikuti pandangannya, dengan handheld atau menggunaan dolly dan sebagainya.

Menetapkan sudut kamera tertentu untuk mengungkapkan perspektif pemeran adalah cara yang ampuh mengontrol bagaimana penonton mungkin bereaksi atau menempatkannya dalam situasi yang tidak terduga.

Banyak film yang menggunakan teknik pengambilan POV shot dengan maksud untuk menciptakan suasana hati, nada, dan emosional yang berbeda. Apalagi dengan cerita yang berbau dengan ketegangan (suspense), penonton dibawa pada perasaan menunggu adegan atau aksi yang akan terjadi. Bisa juga disebut dengan harap-harap cemas, bahkan diusahakan untuk membuat penonton gergetan.

Point of view shot mungkin merupakan satu-satunya cara untuk memvisualisasikan dan memperlihatkan melalui sudut pandang pemeran yang memberikan timbal balik pada situasi adegan di film.

Baca juga : Arti Continuity Dalam Produksi Film Drama

Sudut pengambilan gambar oleh penata kamera akan memberikan kekuatan dari sebuah shot itu sendiri. POV shot ini akan menempatkan arah pandangan mata dari penonton sehingga apabila arah ini salah, penonton juga akan mempunyai pandangan yang salah dari sebuah shot.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:
  1. https://www.filmtheory.org/pov-or-point-of-view. Diakses pada tanggal 07/06/2021.
  2. Mengenal Type Of Shot atau tipe-tipe shot pada film | Filmmaker Learn. Kanal Youtube: Filmmaker Indonesia. Di upload 5 Februari 2020.
  3. Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film Edisi Kedua. Sleman: Montase Press


Post a Comment for "Point Of View Shot Apa Yang Dilihat Oleh Pemeran Film"