Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Spot Radio Siaran Terdapat Perpaduan Audio

Iklan Spot Radio Siaran Terdapat Perpaduan Audio

Media yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa berupa audio, hanya mengandalkan kemampuan suara saja lalu disiarkan kepada khalayak pendengar ialah iklan radio. Jenis media komunikasi yang sampai saat ini masih memiliki waktu siaran (air time) digunakan untuk dijual kepada para pengiklan atau pemasang iklan. Pemasang iklan dapat menggunakan stasiun radio dalam kegiatan promosi guna memberitahukan produk atau jasa kepada khalayak (audience) yang sedang mendengarkan radio tersebut.

Iklan di radio mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah iklan spot (ada juga yang mengatakan loose spot). Iklan spot yang disiarkan oleh radio diproduksi dengan teknik perekaman (recorded) dari materi tertentu sebelum disiarkan. Berisi informasi mengenai produk atau jasa yang dipromosikan dalam bentuk audio.

Baca juga : Jingle Station ID Juga Bagian Dari Radio Expose

Audio dari materi iklan spot, terdapat beberapa perpaduan dari teknik perekaman yang nantinya akan disiarkan. Isi perpaduan dari perekaman tersebut yaitu voice over, musik (music) dan sound effect (efek suara).

Voice Over

Bagian teknik produksi ini di mana suara akan terpisah dari musik dan sound effect. Suara tersebut yang nantinya akan membacakan teks berbentuk narasi kemudian di rekam melalui software tertentu. Untuk pengisi suara yang akan membacakan naskah atau teks ini bisa dari penyiar sendiri atau dari talent lain.

Pesan materi bisa berupa monolog atau dialog, bisa juga menyampaikan dengan cara bernyayi lalu dijadikan jingle. Seorang voice over harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dari materi yang sudah di tulis di dalam naskah.

Musik

Dalam iklan spot ada juga yang menggunakan musik sebagai backsound (musik latar belakang) atau untuk pengisi transisi (smash). Musik pada iklan spot dapat menciptakan suasana yang tepat sesuai narasi yang dibacakan voice over, berdasarkan naskah iklan tersebut. Pemilihan jenis musik harus dapat menghidupkan dan mewarnai suasana untuk membantu menyampaikan pesan yang akan disampaikan.

Sound Effect

Pesan materi iklan yang berupa monolog atau dialog pastinya memerlukan suara agar dapat membantu pendengar menggunakan imajinasinya, yaitu sound effect (efek suara). Menciptakan gambaran di lokasi tempat seperti di jalan raya terdapat efek kebisingan kendaraan atau klakson mobil dan sebagainya.

Membuat suatu adegan dengan memberikan efek tegang dan tenang, misalnya seperti suara petir dan hujan deras yang menghasilkan suasana tegang. Sound effect dapat membantu voice over agar tidak menghampakan audio dan juga enak di dengar.

Baca juga : Bentuk Penyajian Iklan Adlibs Saat Siaran Radio

Perpaduan voice over, musik dan sound effect dapat menghasilkan audio yang berbeda-beda. Misalkan hanya voice over dan musik saja, atau voice over dengan sound effect. Bisa juga hanya voice over saja. Sesuai dengan konsep dan materi yang diinginkan. Intinya voice over yang akan menjadi pembawa pesan iklan berupa kata-kata untuk menginformasikan produk atau jasa.

Biasanya pesan yang disampaikan berupa jadwal kegiatan/acara, jenis produk, jasa yang ditawarkan, info harga, bagaimana dan dimana produk itu bisa didapatkan, dan lain sebagainya.

Untuk membuat iklan spot radio memang membutuhkan software yang dapat merekam, mengedit, dan mixing audio. Mungkin bisa mencoba beberapa software seperti Adobe Audition, Cool Edit Pro, Audacity, FL Studio (Fruity Loops) dan lain-lain. Bagaimanapun pembuatannya, pastinya pesan yang disampaikan iklan spot dapat mudah dipahami oleh pendengar radio.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Referensi:
  1. Fachruddin, Andi. 2019. Journalism Today. Jakarta: Prenada Media Group.
  2. Triartanto, A. Ius Yudo. 2010. Broadcasting Radio: Panduan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


Post a Comment for "Iklan Spot Radio Siaran Terdapat Perpaduan Audio"