Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Software Audio Editing Untuk Memperbagus Produksi Siaran Radio

Beberapa Software Audio Editing Untuk Memperbagus Produksi Siaran Radio


Berbagai macam software yang bisa dipakai untuk produksi radio dengan keperluan mengedit dan membuat audio, merekam suara atau memperbagus jalannya siaran. Seperti pembuatan jingle radio yang merupakan klip audio pendek digunakan untuk promosi. Lalu iklan spot radio yang diproduksi dengan teknik perekaman (recorded) dari materi mengenai produk atau jasa tertentu. 

Selain itu juga ada lagi yang namanya seperti sweeper atau smash, insert, program drama radio atau program yang berbentuk taping, dan lain sebagainya untuk keperluan produksi yang di edit audionya dahulu.

Baca juga : Jingle Station ID Juga Bagian Dari Radio Expose

Semuanya itu memerlukan software pengeditan audio untuk menghasilkan kualitas yang baik, namun sangat sulit dalam memilih software editing audio yang bagus karena begitu banyak pilihannya. Maka disini kamu dapat mengetahui beberapa software audio editing yang sesuai dengan kebutuhan produksi di radio.

Adobe Audition (Windows dan macOS)

Software perekaman dan pengeditan audio yang mencakup multitrack, bentuk tampilan waveform dan tampilan spektral untuk membuat, mencampur, mengedit, memulihkan konten audio juga mengekspor untuk podcast atau projek audio lainnya.

Software ini menawarkan alur kerja yang fleksibel melalui studio rekaman multitrack dan digunakan dalam memproduksi musik, siaran radio, atau audio untuk video. Adobe Audition juga mendukung ribuan loop musik yang dapat digunakan untuk mengkompilasi lagu dan soundtrack.
Source: Adobe Audition

Audacity (Windows, macOS, dan Linux)

Editor dan perekam audio multitrack yang mudah digunakan untuk merekam audio langsung melalui mikrofon atau mixer, atau mendigitalkan rekaman dari media lain. Impor, edit, dan gabungkan file suara. Ekspor rekaman kamu dalam berbagai format file, termasuk beberapa file sekaligus.

Pengeditan mudah dengan potong, salin, tempel, dan hapus. Mengubah frekuensi dengan efek Equalization, Bass dan Treble, High-Pass, Low-Pass dan Notch Filter. Pilihan filter pada frekuensi yang dibuat dalam tampilan Spectogram atau Spectral Selection Toolbar menggunakan spectral edit effects.
Source: Audacity

FL Studio (Windows dan macOS)

Salah satu suite Digital Audio Workstation (DAW) dengan paket lengkap untuk merekam instrumen dan vokal, memotong dan membuat lagu secara multitrack, menambahkan tempo dan efek, mixing dan masih banyak lagi. Pengeditan dan manipulasi audio termasuk koreksi nada, pergeseran nada, harmonisasi, peregangan waktu, deteksi dan beat-slicing, distorsi audio dan manipulasi audio standar (potong/tempel dan lain-lain). Berbagai efek pemrosesan suara, termasuk efek audio umum seperti chorus, compression, delay, flanger, phaser, reverb, equalization, vocoding, maximization, dan limiting.
Source: FL Studio

Reaper (Windows, macOS, dan Linux)

Produksi audio digital lengkap untuk komputer, menyediakan full multitrack audio dan perekaman MIDI, pengeditan, pemrosesan, mixing dan mastering toolset. Perekaman multitrack secara bersamaan dengan beberapa jumlah perangkat yang dimasukkan.

Berbagai efek berkualitas studio untuk memproses audio dan MIDI juga tool bawaan untuk membuat efek baru. Reaper dapat menampilkan pada monitor terpisah, mengatur tata letak, dan berbagai elemen kontrol grafis yang bisa disesuaikan untuk projek audio.
Source: Reaper

Logic Pro X (macOS)

Digital Audio Workstation (DAW) andalan Apple untuk kreator musik yang membuat, merekam, mengaransemen, mengedit, mixing dan mastering. Mencakup banyak koleksi instrumen, efek, loop dan sampel, menyediakan toolkit lengkap untuk membuat musik yang terdengar luar biasa.

Memiliki sound library bawaan dari Logic Pro X yang cukup banyak variasi seperti attern gitar, drum, piano, string, techno dan bermacam genre musik sehingga membantu proses aransemen. Mengimpor dan mengekspor suara atau musik dari berbagai format yang berbeda. Kemudian banyak instrumen dan efek virtual untuk membuat musik soundtrack sederhana.
Source: Logic Pro

SOUND FORGE Audio Studio (Windows)

Salah satu perangkat lunak yang menyediakan tool dan fitur lengkap untuk mengedit audio, juga merekam suara, instrumen atau podcast dalam kualitas resolusi tinggi. Beberapa tool untuk memproses waveform seperti fade in, fade out, reverse, flip, mute, menormalkan dan membalikkan audio, dan masih banyak lagi.

Dapat merekam suara dari mikrofon atau perangkat lain yang terhubung ke soundcard. Pengeditan projek audio ini menghasilkan kualitas yang baik dengan beberapa opsi canggih untuk segala jenis file audio di berbagai banyak channel dan menghasilkan Surround Sound yang mengesankan.

Studio One 5 Artist by PreSonus (Windows dan macOS)

Software perekaman yang disediakan oleh PreSonus dengan DAW Artist version, menyediakan tool pengeditan untuk kamu yang ingin membuat musik dan podcast sendiri. Merekam, memproduksi, mixing, dan berbagai macam lainnya dari aplikasi yang intuitif dengan fungsi drag-and-drop yang cepat dan mudah serta dukungan multi-touch untuk perintah kontrol.

Audio dan track instrumen tanpa batas, fitur otomatisasi yang canggih, konfigurasi bus untuk projek dan FX channels. Beberapa instrumen virtual yang powerful seperti Impact XT, Mai Tai, Mojito, Presence XT dan masih banyak lagi.

Baca juga : Iklan Spot Radio Siaran Terdapat Perpaduan Audio

Demikian penjelasan dari beberapa software audio editing yang cukup bagus untuk keperluan mengedit dan membuat audio, merekam suara atau memperbagus audio lainnya.

Masih banyak lagi beberapa software audio editing yang bisa kamu pilih, namun sebaiknya gunakan sesuai dengan kebutuhan yang mendukung jalannya produksi siaran radio.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:
  1. "Explore 9 of the Best Audio Editing Softwares in 2022", https://academy.wedio.com/best-audio-editing-software/
  2. "Radio Production Software", https://producer.musicradiocreative.com/radio-production-software/


Post a Comment for "Beberapa Software Audio Editing Untuk Memperbagus Produksi Siaran Radio"