Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Penempatan Musik Dalam Drama Radio

Fungsi Penempatan Musik Dalam Drama Radio

Musik di dalam drama radio sangat berpengaruh pada alur cerita yang dibawakan karena mendukung makna yang digambarkan kata-kata atau suasana pada adegan, sehingga mampu menampilkan daya imajinasi dan penafsiran pengalaman tentang situasi yang di pertunjukan.

Menggunakan musik ke dalam drama radio dapat menghidupkan cerita dalam bayangan pendengar jika pemilihan musik itu ditempatkan sesuai dengan adegan cerita tertentu yang dibawakan dengan gaya naratif, monolog, maupun dialog.

Musik dalam produksi drama radio baik yang bersifat intrumen maupun lagu, sangat perlu menempatkan di bagian-bagian cerita agar dapat menyesuaikan adegannya. Banyak fungsi dan tujuan untuk menggunakan musik tersebut ke dalam drama radio, antara lain untuk pembuka acara, membangunkan suasana, menciptakan situasi, dan untuk penutup acara.

Musik Untuk Pembuka Acara

Musik untuk pembukaan (opening song) atau musik tema, fungsinya menjadi tanda dimulainya acara drama radio dan akan segera masuk ke dalam cerita. Musik pembuka ini haruslah mudah diingat sehingga para pendengar cepat mengenalinya.

Baca juga : Iklan Spot Radio Siaran Terdapat Perpaduan Audio

Musik Untuk Membangunkan Suasana

Musik untuk membangunkan suasana yang mengungkapkan tempat dan waktu terjadinya suatu peristiwa, seperti suasana di pagi hari dengan kicau burung dan tempatnya di pedesaan. Musik untuk menunjukan suasana dapat dijadikan perpindahan adegan atau latar/setting, agar ada kesinambungan dari keadaan tersebut.

Musik Untuk Menciptakan Situasi

Musik untuk menciptakan situasi yang menyangkut dari perasaan tokoh/watak dalam cerita pada babak atau adegan tertentu. Seperti senang atau sedih, ketakutan atau ketegangan, dan hal lainnya yang mengungkapkan isi perasaan. Menciptakan situasi tertentu haruslah memilih musik yang dapat menghidupkan cerita dari tokoh/watak tersebut.

Musik Untuk Penutup Acara

Musik untuk penutup acara atau lagu penutup menjadi tanda untuk pendengar bahwa selesainya drama radio. Biasanya musik penutup ini sama dengan musik pembuka, hanya saja berbeda pada penempatannya. Jadi untuk penutup acara bisa sama dengan yang digunakan saat pembukaan, atau menggunakan musik yang berbeda di akhir acara.

Baca juga : Beberapa Software Audio Editing Untuk Memperbagus Produksi Siaran Radio

Menempatkan musik yang tepat dan sesuai dalam sebuah program drama radio mampu memberikan suasana dan situasi yang baik dengan alur cerita tertentu. Mengatur level volume audio juga harus dipertimbangkan dengan baik agar terdengar jelas.

Itulah penjelasan mengenai fungsi penempatan musik dalam drama radio pada bagian-bagian cerita agar dapat menyesuaikan adegannya. Dengan diselingi musik pada drama radio, pendengar ikut terbawa suasana dan bisa memahami alur cerita.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:
  1. "Radio drama" https://en.wikipedia.org/wiki/Radio_drama
  2. "Radio/Audio Drama Ideas - With Examples and Resources" https://www.cloudrad.io/radio-drama
  3. Wibowo, Fred. 2012. Teknik Produksi Program Radio Siaran. Buku 1: Mengenal Medium Dan Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Publisher.


Post a Comment for "Fungsi Penempatan Musik Dalam Drama Radio"