Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Mendengarkan Siaran Radio Dalam Menemani Aktivitas

Alasan Mendengarkan Siaran Radio Dalam Menemani Aktivitas


Berbagai aktivitas yang sering kita lakukan sehingga banyak hal-hal yang belum kita ketahui atau kurangnya mendapatkan informasi dari media, salah satunya media radio. Radio siaran merupakan salah satu jenis media massa dalam menyampaikan informasi atau pesan suara, juga didalamnya menyajikan serangkaian program acara hiburan dan sebagai sarana promosi.

Biasanya kita mendengarkan radio sambil mengerjakan pekerjaan lain, misalnya sambil mengendarai mobil, menyetrika baju, makan, menulis, bahkan ngobrol. Saat sedang ingin sendiri, merasa sedih ataupun gembira, radio bisa menjadi teman yang membuat suasana semakin akrab.

Seolah-olah berada di kamar pendengar, menemani pendengar dalam mobil, dan di tempat-tempat lainnya dimana saja pendengar berada. Oleh karena itu media radio dapat dijadikan alternatif yang dapat menemani kita dari setiap aktivitas yang dilakukan, adapun alasannya sebagai berikut.

Lebih Praktis Dan Mobile

Media radio itu praktis dan mobile bisa didengarkan melalui handphone menggunakan internet ataupun hanya perlu sambungan headset sebagai antena radio. Sudah banyak tersedia radio online atau streaming secara daring dari aplikasi dan situsnya agar pengguna dapat langsung mendengarkan kapan pun dan dimana saja.

Baca juga : Banyak Aplikasi Radio Online Yang Tersedia Di Play Store Dan App Store

Ingin Tahu Informasi Terbaru

Mendengarkan radio pastinya ingin mengetahui informasi yang up to date atau terbaru. Dengan menyajikan topik dari berbagai macam hal-hal yang baru dan sedang hangat diperbincangkan. Seperti pada program berita radio baik itu hard news atau soft news, news insert atau info lalu lintas, dan program acara radio lainnya terkait informasi yang barangkali belum banyak orang tahu.

Menemukan Lagu Baru Dan Bernostalgia 

Di radio kita dapat menikmati berbagai macam musik atau lagu yang disajikan. Banyak playlist lagu yang diputar di stasiun radio, baik itu dari dalam dan luar negeri. Ada lagu yang belum pernah didengar (new release) atau yang saat ini sedang trend, dan juga ada yang memutarkan lagu-lagu lawas sehingga kita bisa mengingat atau bernostalgia pada lagu tersebut.

Ditemani Penyiar Yang Komunikatif

Seorang penyiar radio mempunyai peran sebagai penghibur, pemberi informasi, bahkan sahabat yang memiliki pengetahuan luas. Hal yang menjadi penting bagi penyiar harus bisa berkomunikasi dengan pendengar melalui rangkaian informasi yang disampaikan. Sehingga pendengar tidak merasa bosan ditemani penyiar yang mampu membuat suasana semakin akrab. Dari penyiar pun kita juga bisa request lagu dan kirim salam sesuai program acara yang dibawakannya.

Adanya Kuis Berhadiah

Program radio tidak hanya menyajikan sebuah informasi dan hiburan, namun ada juga acara kuis yang disuguhkan kepada pendengarnya. Biasanya muncul di sela-sela playlist lagu atau di dalam program yang sedang berlangsung. Kuis tersebut berdasarkan pada pertanyaan-pertanyaan, teka-teki, permainan (games) dan lain-lain. Hal ini ditujukan kepada pendengar agar menanggapinya sebagai suatu bentuk partisipasinya atau interaktif yang dikompensasikan dengan suatu hadiah.

Baca juga : Radio Dapat Membuat Pendengar Merasa Akrab

Itulah beberapa alasan mendengarkan siaran radio dalam menemani aktivitas, yang pastinya kita dapat mengetahui informasi terkini, seperti kemacetan lalu lintas yang sangat bermanfaat bagi pengendara mobil. Saat sedang berolahraga, kita bisa jadi semangat dari mendengarkan musik yang diputarkan radio.

Apalagi ketika sedang santai di rumah, membaca buku atau ketika belajar, penyiar radio pun dapat menemani kita dengan menghidangkan acara-acara bervariasi, mulai dari acara yang informatif sampai acara-acara hiburan yang menggembirakan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:
  1. Manfaat Mendengarkan Radio yang Jarang Diketahui. https://www.kompasiana.com/afsalmuhammad6309/6180146e79b239758b066793/manfaat-mendengarkan-radio-yang-jarang-diketahui. Diakses pada 15 April 2022.
  2. Fachruddin, Andi. 2019. Journalism Today. Jakarta: Prenada Media Group.
  3. Triartanto, A. Ius Yudo. 2010. Broadcasting Radio: Panduan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


Post a Comment for "Alasan Mendengarkan Siaran Radio Dalam Menemani Aktivitas"